Tips Praktis Belajar Blog Pemula Sampai Mahir

Tips Praktis Belajar Blog Pemula Sampai Mahir

Anwariz.com - Semangat pagi, kembali jumpa sama Bang Ali di sini. Kali ini, Ali ingin kembali berbagi info dan tips praktis seputar dunia blog. Pasalnya sudah lama tidak membahas tema tentang blogging, jadi kepikiran buat menuliskannya hari ini.

Tips Praktis Belajar Blog Pemula Sampai Mahir
Ilustrasi Blogger by Yoast.com
Ya, mungkin ada beberapa pembaca penulisan mobil ini yang ingin membuat blog, tetapi mereka masih bingung harus berbuat apa dulu. Kali ini Anda tidak perlu khawatir, Bang Ali akan membagikan tips praktis blogging untuk pemula yang harus Anda pahami sebelum memilih untuk benar-benar menjadi blogger.

Jadi, kali ini Bang Ali akan membagikan Tips Praktis Belajar Blog Pemula Sampai Mahir. Berikut ini adalah poin-poinnya:

  1. Tentukan tujuan dan nama blog.
  2. Tentukan topiknya
  3. Platform yang dipilih
  4. Mulai menulis
  5. Bagikan di jejaring sosial.
  6. Blogwalking
  7. Motivasi dan inspirasi.
  8. Desain dan SEO
  9. Jangan memikirkan uang
Mari kita bahas satu demi satu pelan-pelan.


1. Tentukan tujuan dan nama blog.


Seberapa penting itu, apa tujuan dari blog? Sangat penting. Mengapa? Karena ketika Anda membuat blog tanpa tujuan, kemungkinan usia blog Anda tidak akan bertahan lama. Belum lagi harus menemukan banyak hal baru yang benar-benar akan menguras energi Anda, waktu Anda dan, tentu saja, pikiran Anda.

Tips Praktis Belajar Blog Pemula Sampai Mahir

Setelah menemukan untuk apa blogging? Tentukan nama blog Anda. Sekedar saran, jangan gunakan nama yang sulit diucapkan, sulit dibaca dan sulit diingat. Buatlah nama sesingkat dan sesederhana mungkin. Itu akan membantu memudahkan pembaca untuk mengingat nama blog Anda.

Baca: Tips Memilih Tema Blog Potensial


2. Tentukan temanya

Tips Praktis Belajar Blog Pemula Sampai Mahir

Tentukan topik apa dari blog Anda yang akan dibahas? Uji topik yang benar-benar Anda ketahui (mengerti). Jangan terlalu memaksakan dengan topik yang bukan hal yang Anda sukai, karena di masa depan Anda akan kesulitan mengembangkan ide dari subjek itu sendiri.


3. Pilih platform (layanan) untuk blogging.

tips memilih platform blog

Memilih platform sama dengan ketika memilih penyedia jaringan. Ada banyak platform yang tersedia di Internet yang dapat Anda gunakan secara gratis, seperti: Blogger.com, WordPress.com, Tumblr.com dan lainnya. Tetapi, bagi Anda yang benar-benar pemula, saran Bang Ali pilihlah Blogger.com karena fitur yang mudah digunakan dan diterapkan akan membuatnya lebih mudah untuk membuat blog Anda terlihat menarik. Baca: Platform Blog Mana yang Terbaik?


4. Mulai menulis

mulai menulis artikel di blog

Untuk mulai menulis artikel di blog Anda, jangan takut bagaimana pembaca Anda akan merespon blog Anda nanti. Jangan memikirkan bagian itu terlebih dahulu. Fokus saja untuk mendiskusikan apa yang Anda pahami tentang topik yang akan Anda diskusikan. Kemudian, seiring berjalannya waktu, Pangeran yakin bahwa metode tulisannya akan berlanjut dan terus tumbuh dan mencapai titik di mana akan selalu menyenangkan untuk membaca tulisannya.

Baca: Tips Praktis Menjadi Penulis Profesional


5. Bagikan di jejaring sosial

bagikan blog ke sosial media

Berbagi di jejaring sosial (Facebook, Twitter, Instagram, Pinterest, dll.) Adalah cara tercepat untuk mempromosikan blog Anda. Untuk mendapatkan saran dan kritik tentang blog Anda. Harapan, ketika Anda telah membagikannya dengan jejaring sosial, Anda juga harus siap dengan konsekuensi untuk menerima saran dan kritik. Ambil sisi positif sehingga semangat blogger Anda meningkat.


6. Blogwalking (Kunjungi blog lain dan tinggalkan komentar)

tips blogwalking

Istilah Blogwalking (BW) memang menjadi bagian terpenting yang sering dilakukan oleh semua blogger. Baik pemula atau bahkan master. Blogwalking ini memiliki keuntungan besar untuk pengembangan blog Anda. Dengan mengunjungi blog lain, Anda tentu saja akan mendapatkan banyak hal, seperti: teman blogger baru, inspirasi untuk menulis selanjutnya, motivasi untuk menjadi blogger reguler dan kabar baik. hal-hal luar biasa lainnya.

Baca: 6 Tips Jitu Blogwalking Optimalkan Website

Secara umum, blogwalking adalah hal yang sangat baik untuk dilakukan jika Anda baru memulai blog dan ingat, ketika Anda melakukannya, jangan lupa untuk memberikan komentar Anda pada posting blog yang Anda kunjungi.


7. Motivasi dan inspirasi


Motivasi yang kuat dan dukungan Blogger dapat menginspirasi Anda, tentu saja, Anda juga harus melakukannya. Mengapa Karena, sebagai seorang blogger, Anda kadang-kadang akan mengalami semangat yang turun, ide-ide yang tidak berkembang dan hal-hal lain yang akan mencegah karier Anda menjadi blogger sejati.

motivasi ngeblog biar semangat

Jadi, dengan motivasi Anda dan orang-orang yang menginspirasi Anda, dalam hal apa pun, Anda dan diri Anda sendiri akan berusaha melakukan yang terbaik.

Namun, ketika Anda masih melihat penurunan kualitas blog Anda, coba kembali ke tip pertama. Ingat! Mengapa Anda ingin blog dulu? Saya harap Anda bisa bersemangat lagi.


8. Desain dan SEO


Saat membuat blog, Prince tidak berusaha membuat desainnya sebaik mungkin. Namun prioritas sang Pangeran adalah kebersihan blog itu sendiri. Memang, pembaca tidak terlalu membutuhkan kualitas desain blog Anda. Tetapi berapa banyak konten / artikel yang Anda buat.

tips seo blog

SEO (Search Engine Optimization) adalah cara mesin pencari menampilkan konten terbaik dalam kata kunci. Jadi, faktanya adalah SEO adalah teknik untuk menunjukkan artikel Anda sebagai yang terbaik di halaman pertama. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa baca di bawah ini.

Baca: 8 Cara SEO Blog Terbaru 2019 Agar Juara 1 Laman Google

Tapi, menurut Bang Ali, ada banyak kesalahpahaman di sini. Sejujurnya, ketika saya mulai menulis blog tentang apapun di Anwariz Blog, saya tidak pernah memikirkan SEO. Mengapa Karena yang terpenting adalah membuat konten yang bagus. Saya sadar tidak sedang membuat artikel untuk robot yang ada di Google atau Yahoo, tetapi justru menulis untuk manusia. Jadi, untuk pemula, cukup gunakan teknik SEO dasar, seperti mengirimkan URL Anda di Google. Itu saja sudah cukup, dan ingat bahwa kekuatan konten adalah paling PENTING!


9. Jangan memikirkan uang


Lho kenapa jangan mikirin uang, Bang?

ngeblog jangan mikir uang

Tidak, jangan pikirkan tentang uang. Tetapi untuk blog Anda menghasilkan uang, itu tidak mudah. Membingungkan! Sulit mencari uang, kawan, butuh proses yang sangat panjang. Berdasarkan pengalaman dan pengamatan Pangeran, blogger yang awalnya terlalu fokus menghasilkan uang dari blog akan kehilangan waktu. Jangan sampai berhenti ngeblog yang telah sekian lama dibangun hanya karena tidak menghasilkan uang. Butuh proses panjang dan dengan tidak memikirkan uang di awal membuat blog lebih fokus yang pada akhirnya uang datang dengan sendirinya.

Baca: Cara Mendapatkan Uang dari Blog Terbaru 2019

Nah, untuk mendapatkan uang, Anda jelas akan membutuhkan waktu, tenaga dan semua itu tidak bisa diproduksi secara instan. Ingat, blog ini bukan Mie Instan. Blog seperti pohon yang berbuah. Untuk menghasilkan, Anda harus berhati-hati dengan hati yang tulus, percaya diri, optimis, dan konsisten.


Dari poin-poin di atas tentang Tips Praktis Belajar Blog Pemula Sampai Mahir bagian mana saja yang jadi kendala buat kalian memulai ngeblog? Yuk diskusikan di kolom komentar. Kita saling berbagi pengalaman seputar blogging.

Jangan lupa share postingan ini ke sosial media favorit kamu jika dirasa bermanfaat buat teman-teman. Terimakasih dan sampai jumpa di kumpulan artikel bermanfaat lainnya.

0 komentar

Post a Comment