Blogger vs Tumblr Platform Manakah yang Terbaik?

kelebihan blogger dan tumblr platform
Blogger vs Tumblr 
Blogger vs Tumblr - Mungkin saat ini anda sedang bingun mencari platform untuk sebuah blog baru yang ingin Anda buat. Banyak sekali pilihan platform blog bisa menjadi dasar blog Anda, diantara pilihan yang paling populer adalah Blogger (dulu blogspot) dan Tumblr.  Kedua platform ini tidak berbayar alias GRATIS, memungkinkan Anda untuk membuat URL custom domain Anda sendiri dan menawarkan pilihan iklan yang dapat membantu Anda menghasilkan uang dari blog hosting. Diantara kedua platform Blogger dan Tumblr memiliki perbedaan seperti pada inti bahasan dibawah ini Blogger vs Tumblr.

perbedaan blogspot dan tumblr

Sudut Pandang Posting Antarmuka

Jika Anda baru memulai dunia blogging, Anda akan menginginkan sebuah platform yang berfungsi tujuan Anda dan memungkinkan Anda untuk mengirim dan berbagi konten dengan mudah. Sedangkan untuk kedua platform ini (Tumblr dan Blogger) memungkinkan untuk posting semua jenis konten, antarmuka Tumblr itu membuatnya sedikit lebih sederhana dari segi navigasi. 

Dari dashboard Tumblr, pengguna dapat mengklik tombol yang sesuai dengan jenis konten yang mereka ingin berbagi - video, foto, teks dan lebih banyak lagi. Sedangkan untuk Blogger kita diperbolehkan memilih apakah mau posting teks saja, atau video saja, pengguna diberi kebebasan menambahkan video, foto, teks atau jenis lain dari tulisan kita. Kedua platform mencapai tujuan akhir posting konten - Tumblr hanya membuat sedikit lebih mudah dalam bernavigasi.

Sudut Pandang Kemudahan Berbagi

Tujuan Anda untuk berbagi konten mungkin menjadi faktor penentu dalam ketika akan memilih Blogger atau Tumblr. Tumblr itu "Tentang" halaman mendefinisikan struktur platform: ". Tumblr memungkinkan Anda dengan mudah berbagi apa saja" Setelah Anda posting sesuatu, ada "seperti" dan "Reblog" pilihan untuk setiap posting, sehingga mudah bagi pengguna lain untuk berbagi posting Anda di Facebook, di blog Tumblr mereka sendiri dan pada sejumlah situs jejaring sosial lainnya. Demikian juga, tulisan orang lain ketika Anda "Reblog" secara otomatis akan memposting ke blog Tumblr Anda sendiri.  Sementara platform Blogger, hanya difokuskan pada berbagi konten Anda sendiri. 

Pada "Tentang Kami" halaman Blogger, tujuan dari platform didefinisikan sebagai "membantu orang memiliki suara mereka sendiri di web" - perhatikan bahwa tidak mengatakan apa-apa tentang berbagi konten orang lain. Untuk berbagi konten di Blogger, pengguna harus menyiapkan tombol "Like" Facebook atau tombol "share" agar bisa dibagikan ke situs media sosial lainnya - dengan mengedit kode HTML pada halaman blog yang Anda buat, atau membuat kustomisasi lain untuk memungkinkan berbagi di situs media sosial lain. 

Baca juga: 
Tips Membuat Artikel Blog Shareable

Sudut Pandung Kustomisasi

Blogger memungkinkan pengguna untuk memilih dari sejumlah template, memungkinkan pengguna pemula untuk dengan cepat mendapatkan mengatur dan ke blogging. Sementara platform memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan fitur seperti header, gambar latar belakang dan font, tidak memungkinkan pengguna untuk bermain-main dengan "back end" dari situs web untuk membuat perubahan drastis untuk template. Tumblr juga memiliki tema untuk memilih dari, tetapi untuk pengguna yang lebih maju juga memungkinkan kustomisasi penuh dari CSS dan HTML kode. Ini menyediakan sejumlah hampir tak terbatas pilihan untuk memanipulasi tampilan blog.

Sudut Pandang Analisis

Jika Anda sedang mencari situs yang memungkinkan Anda untuk memonitor lalu lintas tanpa menggunakan layanan dari luar, penulis menyarankan Blogger daripada menggunakan Tumblr. Blogger memiliki fitur analisis untuk blog yang tengah Anda bangun, memungkinkan pengguna untuk melacak pengunjung, demografi, link masuk dan lalu lintas lainnya. Sedangkan jika ingin mendapatkan fasilitas seperti ini di Tumblr, pengguna harus menyisipkan kode Google Analytics atau layanan pihak ketiga lain ke laman blog. 

Demikian ulasan mengenai beberapa perbedaan antara Blogger vs Tumblr yang bisa menjadi acuan Anda sebelum memilih platform mana yang pas untuk digunakan dalam mengembangkan sebuah blog. Semoga bermanfaat untuk pembaca anwariz.com sekalian. Salam senyum!

9 komentar:

  1. Yang pasti blogger..main2 k blogku kawan

    ReplyDelete
  2. Oia mas Dio, komentar spam diatas silakan dihapus saja daripada nanti saya yg hapus dan lapor ke pihak Google. Terimakasih telah berkomentar sesuai topik.

    Oke mas Rico, nanti mampir ke blognya sambil mencari ilmu baru juga. Maklum blogger dari desa jadi masih harus banya belajar. Thanks

    ReplyDelete
  3. Mamang menurut saya lebih baik menggunakan blogger mas, karena jika kita buat gmail pasti sudah langsung terhubung dengan akun google termasuk blogger. Selanjutnya blogger juga mudah dalam pemakaian, batas limit pun besar,
    Salam.

    ReplyDelete
  4. Oke mas, menentukan pilihan diawal itu penting untuk menyamankan diri dalam beraktivitas ngeblog. Sy jg suka blogger. Salam thanks uda mampir..

    ReplyDelete
  5. blogger tentunya mas :D

    ReplyDelete
  6. Sepakat mas.. Tapi mungkin saja menurut rekan2 yang sudah terbiasa dengan tumblr akan mengatakan sebaliknya. Apapun pilihannya, Indonesia belum kunjung berubah. :D

    ReplyDelete
  7. Iya bang setuju banget ma artikelnya. Tapi ane sejak dulu uda keseringan pake blogger jadi ya susah mo pake tumblr.
    oiya bang, kalo menurut abang penataan seonya itu lebih ciamik yang mana bang?
    blog gue

    ReplyDelete