Cara Meningkatkan Pengunjung Blog Cepat dan Mudah

meningkatan pengunjung blog mudah via media sosial
meningkatkan traffic blog
Memiliki sebuah website atau blog merupakan kepuasan tersendiri bagi pemiliknya, dalam hal ini bisa jadi sebagai Admin saja ataupun merangkap sebagai kontributornya. Apalagi jika blog/web tersebut dibanjiri ratusan bahkan ribuan pengunjung perhari sudah barang tentu itulah dambaan para Bloggers sesungguhnya.

Pada artikel berikut ini penulis mencoba mengulas dan memaparkan beberapa cara untuk meningkatkan visitor potensial untuk blog kita, baik itu secara gratis maupun menggunakan jasa bayaran. Walaupun ada banyak cara yang bisa kita lakukan, tapi tidak semua cara bisa cocok dengan jenis blog/ website yang kita miliki. Kita harus bijak dalam memilih sumber trafik agar hasilnya lebih maksimal.

Meningkatkan Pengunjung Blog/Website Secara Gratis!


Seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya, kita bisa mendapatkan trafik menuju situs bisnis atau blog kita secara gratis. Tapi dibutuhkan upaya yang terus menerus dan dengan cara yang benar agar trafik yang didapatkan sesuai dengan yang kita harapkan. Berikut ini adalah beberapa cara meningkatkan pengunjung traffic pengunjung blog/ website secara gratis:
 
1. Meningkatkan Pengunjung Blog Melalui Situs Social Bookmarking

Anda bisa menyimpan URL blog/ website atau URL postingan artikel blog milik kita ke situs-situs social bookmarking, dengan harapan pengguna yang lain akan tertarik dengan URL yang kita submit dan mengunjungi situs kita dengan media social bookmarking tersebut. Selain itu, situs social bookmarking juga sering mendapatkan trafik dari mesin pencari. Jadi, menurut saya kemungkinan untuk mendapatkan trafik dari situs social bookmarking cukup potensial dan harus dimanfaatkan dengan baik.

2. Meningkatkan Visitor Blog Melalui Situs Social Media

Saat ini pengguna internet hampir setiap hari menggunakan media sosial dalam kegiatan sehari-hari mereka. Menjadi salah satu faktor kenapa para pelaku bisnis mengalami peningkatan profit setelah mereka mengoptimalkan media sosial untuk bisnis mereka. Beberapa media sosial yang sering digunakan untuk mendapatkan trafik adalah Facebook, Twitter, Google plus, YouTube, LinkedIn, dan Pinterest. Tentunya tak hanya 6 situs media sosial itu saja yang dapat digunakan sebagai pendongkrak popularitas suatu bisnis via blog yang diitegrasikan langsung ke media sosial. Namun menurut pengalaman penulis ke-6 media sosia itu sangat sirekomendasikan untuk meningkatkan pengunjung blog agar maksimal.

a. Meningkatkan Trafik Blog via Fanpage
Cara menggunakan Facebook Page ini caranya mudah saja, cukup membuat satu buah halaman (page) di Facebook yang isinya mendeskripsikan isi konten blog Anda. Setelah itu kemudian mulailah berbagi postingan via Fanpage tersebut guna menyebarkan informasi disertai link-link yang mengarah ke posting blog Anda. Tips ini sudah banyak digunakan oleh blogger senior yang sudah malah melintang di dunia blogging dan akan tetap jitu selama pengguna Facebook masih ada.

b. Menaikan Jumlah Pengunjung Blog Menggunakan G+
Cara berikutnya masih pada prinsipnya sama saja , kali ini kita gunakan G+ Rubah nama sesuai Keyword yang ingin kita Tembak dan setelah itu semua Artikel kita yang berhubungan dengan Trafik pengunjung dimasukan dalam Post (usahakan di postkan hanya artikel yang berkaitan saja) dan sebagai bahan tambahan ketika kita ingin melakukan post di G+ usahakan muat juga 'Via G+'

c. Meningkatkan Pengunjung Blog Menggunakan Pinterest.com;
Cara berikutnya gunakan media sosial Pinterest.com Prinsipnya sama dengan menggunakan Facebook.com



3. Meningkatkan Traffic Blog Melalui Situs Forum


Tips Meningkatkan Visitor Blog Menggunakan Kaskus;
Cara mendatangkan pengunjung menggunakan Media Sosial sebagai teknik menghimpun Trafik Pengunjung Blog , gunakan Media Sosial Forum kaskus dan buat sebuah topik diskusi dan perlu diingat sebisanya disemua Media Sosial tersebut masukan Link Blog Kita, baik itu didalam deskripsi atau dimana saja sesuai selera Anda kemudian edit dan buat semaksimal mungkin

Satu hal yang harus kita perhatikan adalah tetap menjaga nama baik di dalam forum tersebut, bacalah rules dalam forum tersebut sebelum bertindak lebih jauh. Jangan membuat thread yang tidak berguna atau thread yang bisa membuat reputasi Anda tercoreng. Manfaatkan fasilitas link signature forum dengan sebaik-baiknya, manfaatkan fasilitas link di dalam thread forum dengan wajar. Ada beberapa forum yang tidak memperbolehkan link di dalam thread, jangan melanggar aturan tersebut.

Beberapa forum yang saya rekomendasikan untuk mendapatkan trafik dan backlinks adalah pengusaha.co, bersosial.com, forum.kompas.com, forum.detik.com, kaskus.co.id, dan lain-lain. Masih ada banyak forum yang bisa kita manfaatkan untuk mendapatkan referral trafik, tapi saya sarankan untuk fokus pada beberap forum yang paling potensial untuk bisnis Anda.

4.  Meningkatkan Penjunjung Situs dengan Blog Walking

Blog walking adalah kegiatan mengunjungi blog/ website orang lain yang masih berhubungan dengan blog kita, lalu meninggalkan komentar di blog/ website tersebut. Ada banyak blog yang menyediakan kolom untuk meninggalkan URL website bagi orang yang memberikan komentar di situs mereka, inilah yang harus kita manfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Jangan coba-coba meninggalkan komentar SPAM didalam blog yang Anda komentari karena tidak ada gunanya. Hanya memerburuk citra Anda sebagai Blogger saja tidak lebih. Sebaiknya berkomentar dengan meninggalkan URL blog kita di kolom yang telah disediakan, maka Anda akan mendapatkan backlink menuju situs Anda. Selain itu, kemungkinan besar pengunjung lain di blog tersebut juga akan mengunjungi situs Anda ketika mereka melihat komentar yang Anda berikan. Dari proses blog walking ini kita bisa mendapatkan cukup banyak trafik, namun demikian membutuhkan usaha lebih untuk konsisten mengunjungi blog-blog lain kemudian meninggalkan jejak dengan cara berkomentar disana.

5. Meningkatkan Traffic Blog dengan Guest Posting di Blog Orang Lain
Banyak blogger senior yang memberikan kesempatan kepada siapa saja untuk menulis postingan/artikel di blog mereka dengan menyertakan link blog pribadi kita. Sudah barang tentu penulisan artikel/postingan yang kita posting di blog tersebut harus sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan oleh memilik blog tersebut. Kita bisa memasang link situs bisnis kita di bagian author, beberapa blog memperbolehkan penulis mereka untuk memasang link di dalam artikel. Selain memberikan efek SEO, referral trafik dari blog-blog tersebut tentu cukup banyak, apalagi bila kita menulis artikel di blog yang sudah terkenal.

Sebenarnya masih ada banyak cara gratis lainnya untuk mendapatkan pengunjung menuju situs kita. Tapi lima cara yang sudah saya sebutkan di atas sebenarnya sudah sangat baik bila kita bisa mengoptimalkannya. Saya sendiri fokus pada empat cara tersebut karena selain memberikan trafik langsung, keempat cara yang sudah saya sebutkan di atas terbukti memberikan dampak SEO yang baik pada blog saya. SEO yang baik tentunya akan memungkinkan situs kita akan mendapatkan trafik gratis dari mesin pencari, misalnya Google.

Meningkatkan Pengunjung Blog/ Website Berbayar


Cara berbayar bisa dilakukan untuk mendapatkan trafik menuju blog/ website bisnis Anda dengan waktu relatif singkat. Cara ini direkomendasikan bagi Anda yang tidak ingin menunggun terlalu lama optimasi blog secara gratis diatas. Memasang iklan di media berbayar ini memang sangatlah bagus buat perkembangan Blog/Website Anda terutama pada efek SEO-nya. Namun dikarenakan cara ini akan menguras kocek Anda lebih dalam, maka disarankan untuk memilih media-media yang potensial saja sebagai sarana beriklan. Berikut ini adalah cara meningkatkan traffic pengunjung blog/ website dengan cara berbayar dibeberapa media:

1. Memasang Iklan Di Situs Media Sosial

Facebook adalah media sosial yang paling efektif untuk memasang iklan karena konversi iklan di media sosial yang satu ini terbukti sangat baik. Di Facebook Ads kita bisa memilih target audiens yang paling sesuai dengan kategori yang kita butuhkan, inilah yang akan mempengaruhi efektivitas iklan yang kita pasang.

Berdasarkan pengalaman saya, memasang iklan di Facebook Ads sangat mudah dilakukan. Kita bisa mengatur berapa budget yang ingin kita keluarkan untuk sebuah klik iklan, dan kita juga bisa mengatur target audiens yang sesuai dengan bisnis kita.

2. Memasang Iklan PPC

Google adalah perusahaan raksasa hampir menguasai seluruh pencarian di mesin pencari mereka. Google juga menyelenggarakan program periklanan PPC dengan nama Google Adwords. Perusahaan milik Google ini sudah memiliki jaringan pengiklan dan publisher dengan jumlah yang sangat banyak di seluruh dunia, tak terkecuali di Indonesia. Keunggulan dari Google Adwords adalah kesesuaian iklan dengan kriteria konten dalam blog yang Anda iklankan.



Baca juga: 

Keuntungan Bisnis Affiliate Amazon

Penulis sendiri belum pernah memasang iklan di Google Adwords, selain belum begitu memahami lebig dalam juga terkendala biaya..hehe.. Namun sudah banyak testimoni dari pengiklan mereka yang mengatakan puas dengan layanan Google Adwords dan memberikan dampak positive bagi bisnis mereka. Jika Anda tertaring memasang iklan di Google Adwors kenapa tidak Anda coba?!

3. Memasang Iklan di Situs Penyedia Jasa Iklan Baris
Alternatif lain untuk mendapatkan pengunjung baru ke blog/ website adalah dengan memanfaatkan situs iklan yang bertebaran di internet. Banyak sekali situs iklan baris yang memberikan ruang iklan baris secara gratis, namun penulis menyarankan lebih memilih yang berbayar karena biasanya hasilnya jauh lebih baik dari yang gratisan. Walau demikian situs gratisanpun tidak ada salahnya digunakan bersamaan dengan situs berbayar sebagai pelengkap agar powerful.


Mungkin itu saja dulu artikel mengenai Cara Meningkatkan Pengunjung Blog Mudah dan Cepat melalui situ gratisan dan berbayar. Semoga berdampak positif bagi perkembangan situs Anda. Simak juga artikel menarik dari ANWARIZ selanjutnya tentang Meningkatkan Royalty Media Sosial Tsu. Salam senyum

28 komentar:

  1. Kayaknya untuk blog baru cocok menggunakan blogwalking lebih dahulu yah, karena lebih baik berkenalan dengan sesama blogger terlebih dahulu sebelum memakai cara yang berbayar, apalagi kalau hanya blog pribadi yang tujuannya hanya sekedar mengisi waktu luang

    ReplyDelete
  2. Terimakasih mas, tambahan masukannya berguna sekali terutama buat yg benar2 baru mengenal dunia blogger. Setidaknya topik diatas menjadi penengah bagi blogger dngn waktu terbatas dikarenakan kesibukan pekerjaan dan lain sebagainya. Sekali lagi terimakasih telah menambahkan, tentunya akan sangat bermanfaat. Jangan sungkan baca juga kiat kiat menarik lainnya! :)

    ReplyDelete
  3. Sangat bermanfaaat gan.. boleh di coba kiat-kiatnya.. :)

    ReplyDelete
  4. Thanks uda membaca artikel di situs ini gan,,, Semoga kedepan lebih baik lagi dan jangan lupa simak artikel menarik lainnya. Salam senyum!

    ReplyDelete
  5. Hanya berkomentar dan tanpa meninggalkan link pada kolom komentar, apakah akan dianggap link oleh google? apakah termasuk backlink, namun meninggalkan link aktif di kolom komentar dianggap sebagai spam... untuk Blog baru sangat susah juga ya.

    ReplyDelete
  6. Wah, komplit penjelasannya, keren dear..

    Saya lom pernah nyoba cara berbayar (baik untuk nambah trafik maupun seo).. Saya pakai cara manual n otodidak seperti penjelasan awal di artikel ini yaitu > Meningkatkan Pengunjung Blog/Website Secara Gratis.

    Sejauh ini yg saya lakukan hanya poin 1, 2 dan 4.. Dan media sosial paling ok utk promo artikel2 blog saya: fb dan g+ .. Selebihnya dari seo (search engine)..

    Blog ini cool lho, Keep the good work ya ^.^

    ReplyDelete
  7. Sebenarnya admin sendiri masih melakukan optimasi alakadarnya, mengandalkan SEO OnPage, hanya sekali2 saja melakukan SEO OffPage. Thanks lho Mbak Eva uda ngunjungi balik blog amat sederhana ini. Suatu kebanggaan tersendiri buat admin. Semoga bermanfaat buat kita semua.
    :) Salam senyum

    ReplyDelete
  8. terimakasih banyak mas, info nya, sangat bermanfaat

    supplier kosmetik murah

    ReplyDelete
  9. Saya masih pemula di blogging, jadi masih harus banyak mencari informasi kesana-kesini agar blog saya cepat bagus seperti blog agan ini. Terimakasih atas informasinya.

    ReplyDelete
  10. blog saya masi sepi pengunjung ni mas ... mudah2an dgn saya terapkan cara diatas dapat meningkatkan pengunjung blog saya ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga saja mas... Kita hanya bisa berusaha, bukan? Usahakan semaksimal mungkin. Salam

      Delete
  11. Tips nomer 4 favorite ane, artikelnya sangat lengkap dan cukup membantu saya yang baru merintis website baru...Terima kasih min..

    ReplyDelete
  12. Thanks ilmunya mas, moga barokah,
    saya coba dulu cara-cara diatas buat naikin DA blog saya. Blog saya DA-nya bener-bener mengharukan, sudah 3 bulan umur domainnya tapi DA masih aja 1, hehe

    ReplyDelete
  13. Salam Sukses bos , terimakasih atas Tips - Tips nya, sangat bagus dan harus di coba ni.

    == Mohon Solusi ===
    pak bos terkadang saya bingung, ada yang bilang untuk mencari visitor harus berkomentar yang baik dengan menyertakan Link,
    dan diskusi,dan ada juga yang bilang lebih bagus pakai aplikasi,pertanyaan saya....?

    1.Perbedaan Mencari Backlink Dengan komentar Dll
    Dengan perbedaan mencari Backlink Menggunakan Aplikasi Itu dengan tingkat keamanannya bagus yang mana,
    2.dan untuk efeknya bagus yang mana ,
    3.dan satu lagi bos backlink yang berkualitas itu sepertiapa, dan kapan backlink menunjukan Kinerjanya

    ( maaf ya pak bos, soalnya agax bingung ,dan saya masih pemula terimakasih.salam sukses.)

    By.Google Apk Center

    ReplyDelete
  14. Baik mas Anang, saya mencoba menjawab pertanyaannya semampu saya krn masih belajar. Menurut saya mendatangkan backlink lewat blogwalking lebih efektif dan lebih aman ketimbang menggunakan aplikasi/robot (rawan melanggar TOS webmaster), walaupun tidak selalu demikian. Soal kualitas backlink, sejauh pengetahuan saya ialah yg berasal dari sumber berkualitas juga, bisa blog otoritas, blog reputasi bagus. Demikian mas Anang, Mohon maaf jika ada kekurangan, dan jika ada yg mau menambahkan saya akan sangat senang.

    ReplyDelete
  15. apakah saya perlu ikutan menjawab :D

    ReplyDelete
  16. Silakan... Sangat ditunggu masukan dan koreksinya gan.. Saya juga masih belajar dan masih sangat haus akan ilmu.

    ReplyDelete
  17. makasih infonya sangat membantu

    ReplyDelete
  18. Kembali kasih. Selamat menikmati sajian informasi, tips, dan trik dari situs sederhana ini.

    ReplyDelete
  19. Terimakasih informasinya.
    Ada penjelasan yang lebih spesifik nggak bang? yang dengkap dengan cara-cara konkritnya. hehe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sejauh ini kemapuan saya menulis masih dalam tahap pemula bang.. Kedepan akan saya perbaiki dengan artikel lebih detail. Terimakasih

      Delete
  20. Saya ada cara yang oke... cuma gak tahu bakalan "dimarahi" Google apa nggak, yang jelas lumayan secara logika Google pun sebenarnya alamiah. paradok..??

    gak tahu lah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seperti apa caranya mas Prabowo?.. Bolehlah dibuatkan artikelnya kemudian link-kan ke posting saya ini. Biar nanti saya link balik. Sebagai sharing wawasan saja kepada pembaca blog saya juga. Salam

      Delete
  21. terimaksh mas...
    sngat membantu dan mudh di pahami.semoga blog@ makin maju......
    mampir ke almertekno.com ea mas....silahturrahmi gtu..hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kembali kasih Mas Hamzah... Keep Blogging!

      Delete
  22. Thanks untuk tips-tipsnya gan, mudah dipahami dan saya akan coba praktekkan...semoga sukses

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kembali kasih gan... Selamat mencoba.
      Sukses untuk Anda!!

      Delete