Cara Mendapatkan Uang dari Blog Terbaru 2019, Make Money Blogging - Anwariz.com

Cara Mendapatkan Uang dari Blog Terbaru 2019, Make Money Blogging

Cara Mendapatkan Uang dari Blog Terbaru 2019

Make Money Blogging

Cara Mendapatkan Uang dari Blog, Sahabat Inspirasi Indonesia | Mendapatkan uang dari blog rasa-rasanya semakin mudah dilakukan di jaman serba canggih seperti saat ini. Kita hanya dituntut untuk lebih jeli melihat peluang serta kreatif dan tidak segan menyalurkan hobi apapun. Pasalnya, dengan sentuhan kreatifitas sedikit saja kita sudah bisa membuat karya untuk dibagikan kepada publik.

cara mendapatkan uang dari blog 2019

Jaringan internet dan ponsel pintar seolah-olah menjadi barang wajib dimiliki setiap orang sekarang. Mulai dari jual-beli barang secara online, belajar atau kuliah secara online, bahkan mencari pengalaman pun bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja.

Perubahan jaman semacam ini sebenarnya sangat bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan banyak uang. Jika Anda suka dengan tulis menulis, kemudian membahasanya guna mendapatkan solusi bagi orang lain, maka tidak ada salahnya mulai membuat karya lewat blog pribadi.

Bagi sebagian orang memang kesulitan membuat tulisan terutama pada proses awal pembuatan gagasan, ide, serta mengumpulkan inpirasi tulisan. Tak heran jika itu pula menjadi alasan utama orang enggan menggeluti dunia satu ini.

Apakah Anda memiliki ketertarikan pada dunia ngeblog, blogging, blogger walaupun belum begitu banyak pengetahuan soal blog? Belum pengalaman serta minim wawasan tentang tulis-menulis?  Masih belum bisa menghasilkan dari blog pertama Anda? 

Oke, baiklah.. Pada postingan kali ini anwariz.com ingin sekali berbagi sedikit demi sedikit pengalaman selama beberapa tahun menekuni dunia blog. Berikut ini rangkuman tips, trik, cara menghasilkan uang dari blog secara mudah.

Tapi, sebelumnya bagi Anda yang belum membaca postingan saya tentang tips menjadi penulis profesional yang hebat bisa dibaca di sini; tips menjadi penulis profesional

Mari kita lanjut ke pembahasan utama dari postingan kali ini yaa…

Bagaimana cara menghasilkan uang dari blog?

cara mendapatkan uang dari blog terbaru 2019
Credit image by digital cash kings
Ini jadi pertanyaan bagi kebanyakan orang khususnya blogger pemula, “Bagaimana cara mendapatkan uang dari blog?”, maka berikut ini beberapa tahapan yang ditempuh  oleh sebagian besar blogger di Indonesia yang mengandalkan blog sebagai sumber penghasilan mereka

1. Membuat blog

Hal yang pertama yang harus dilakukan adalah memulainya terlebih dahulu apa yang ingin dilakukan. Kewajiban utama menjadi seorang blogger tentunya memiliki platform blog untuk dapat menghasilkan konten-konten yang bermanfaat.

Sering kali hal ini membuat sebagian orang terkendala lantaran tidak memiliki kemampuan teknis dalam menggunakan platform blog. Padahal, ada banyak sekali tutorial membuat blog di internet, dari yang gratis hingga berbayar.

2. Pilih Platform Blog yang Sesuai

Pilihlah platform blog yang hendak Anda gunakan untuk mengunggah konten yang Anda miliki. Beberapa platform tersebut diantaranya adalah Wordpress, Blogspot, dan sebagainya. Setiap platform memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Untuk Anda yang gemar mengotak-atik kode HTML, Anda bisa menggunakan blogspot lantaran menawarkan kustomisasi layout secara bebas. Sedangkan sebagai blogger pemula, Anda bisa menggunakan platform Wordpress.


Beberapa kelebihan Wordpress diantaranya adalah menawarkan akses gratis, mudah digunakan, aktivitas yang dijalankan aman, dan Anda pun bebas memilih tema blog sesuai kebutuhan Anda.

Setelah Anda memilih platform blog yang hendak digunakan, langkah selanjutnya adalah menentukan nama domain atau alamat blog, agar blog yang Anda miliki mempunyai rumah secara online. Tips dalam membuat domain blog adalah pastikan kejelasan domain name blog Anda serta memiliki kesesuaian dengan konten blog yang sedang Anda rancang.

Selanjutnya, setelah Anda menentukan nama domain blog yang Anda miliki, Anda bisa melakukan konfigurasi blog. Secara umum wordpress menampilkan menu yang memang lebih kompleks dibandingkan blogspot. Namun dengan menu yang kompeks tersebut pula Anda dapat menambahkan Search Engine Optimization (SEO) serta konfigurasi SEO setiap artikel yang Anda buat menggunakan kata kunci tertentu.

3. Buat Tampilan Blog Semenarik Mungkin

Setelah Anda mengkonfigurasi blog yang Anda miliki, selanjutnya Anda bisa mengubah desain blog agar lebih menarik pembaca. Pilihlah desain yang sesuai dengan konten blog yang Anda miliki. Untuk mengubah tema blog, Anda bisa memanfaatkan tutorial yang banyak tersedia di internet.

Sedangkan pilihan tema, Anda bisa menggunakan tema gratis hingga yang berbayar. Satu tips yang perlu Anda perhatikan, jangan ragu untuk menggunakan tema berbayar karena lebih ramah terhadap mesin pencarian seperti google, serta ramah untuk mobile browser hingga desktop.

4. Membuat Konten Berkualitas

Selanjutnya adalah Anda bisa mulai menulis konten blog yang bermanfaat dan juga menarik. Sehingga mudah ditemukan dan berguna bagi banyak orang. Prinsipnya, konten sebuah blog yang menarik adalah blog yang menginspirasi, menghibur, penyelesaian masalah, serta mampu mengubah gaya hidup yang lebih baik bagi pembaca.

Bukan blog jika tanpa konten, jadi setelah memiliki blog, Anda perlu fokuskan perhatian untuk menciptakan konten yang bermanfaat. Pilihan Anda akan bergantung pada topik yang Anda pilih untuk ditulis. Informasi kami tentang menulis di blog bisa bermanfaat untuk Anda.

Kunci keberhasilan adalah menciptakan konten yang bermanfaat bagi pembaca. Konten yang bisa menginspirasi, menghibur, menyelesaikan masalah dan mengubah kehidupan orang lain, dan ini akan membantu pembaca merasa mengenal, suka, dan mempercayai Anda. Semua ini  sangat penting bila Anda nantinya ingin menghasilkan uang dari blog.

Satu hal yang harus Anda hindari adalah hindari adalah menggunakan konten jiplakan, atau menyebarkan informasi palsu. Tak ada salahnya pula Anda melakukan penelitian atau pengumpulan bahan yang bisa Anda jadikan tema tulisan atau ulasan artikel blog.

5. Bangun Pembaca Sebanyak Mungkin

Sebagai seorang blogger pemula, sering kali terlalu fokus untuk membangun blog secara teknis. Jika Anda ingin menghasilkan uang dari blog yang Anda miliki, hindari hanya terfokus pada satu hal, seperti hanya membangun blog saja. Namun mulailah untuk memikirkan target pembaca blog Anda.

Untuk menjalin komunikasi, Anda bisa melakukan penelitian kecil dengan menanyakan pada pembaca, dari mana mereka berasal dan di mana mereka berkumpul. Sehingga blog Anda sesuai dengan sasaran pembaca.

6. Temukan Pembaca Setia Anda

Ketika Anda menciptakan konten bermanfaat, kadang Anda hanya fokus dan menghabiskan banyak waktu untuk membangun blog. Bila Anda ingin menghasilkan uang dari blog, Anda tidak hanya perlu fokus pada membangun blog yang baik, tapi juga mulai mempromosikannya.

Dengan dasar yang tepat Anda kini sudah siap untuk mulai mendapatkan pengasilan dari blog. Tapi satu hal yang perlu Anda ingat, setelah membuat blog, memiliki konten, dan mendekati pembaca, bukan berarti uang akan mengalir secara otomatis. Karena diperlukan kerja terus-menerus dan pengalaman untuk menghasilkan uang dari blog.

8 Cara Mendapatkan Uang dari Blog


Tak sedikit blogger beranggapan untuk mendapatkan pundi-pundi rupiah dari blog itu cukup dengan mengandalkan satu atau dua metode saja. Padahal itu merupakan kesalahan terbesar dalam dunia blogging, karena pada kenyataannya ada banyak cara mendapatkan uang dari blog.

make money blogging 2019Menurut beberapa sumber terpercaya, mengacu kepada pengalaman blogger yang telah malang melintang di dunia maya selama bertahun-tahun, setidaknya tak kurang dari 10 cara mendapatkan uang dari blog yang bisa dicoba, berikut ini penjelasannya;

Pertama, Pasang Iklan PPC

Pay per click (PPC) adalah model periklanan yang tengah popular di era digital seperti sekarang ini.  Dan itu bisa menjadi salah satu sumber penghasilan blogger dengan cara mengikuti program promosi berbayar dari situs penyedia PPC tersebut. Saat ini mayoritas blogger tanah air menggantungkan sumber pendapatan blog mereka dari Google Adsense dan satu lagi penyedia layanan PPC local yakni KlikSaya. Sehingga tak heran jiga semakin banyak blogger bermunculan karena tertarik oleh penghasilan yang lumayan dari kedua situs ini.

Para pengiklan menyedia banyak sekali iklan untuk disematkan ke situs bkog Anda, sehingga tak perlu lagi repot-repot mencari calon pengiklan. Hal ini tentu saja membuat kerja seorang blogger sedikit lebih ringan ketimbang harus mencari pengiklan secara mandiri. Hanya saja ada hal penting yang wajib dilakukan setelah mengikuti program PPC, yakni mendatangkan pengunjung sabanyak-banyaknya dan menampilkan unit iklan pada tempat yang tepat di blog Anda. Dengan demikian blog akan berkesempatan mendapat penghasilan lebih besar jika dilakukan dengan teliti langkah demi langkahnya.

Besaran penghasilan PPC ini tidak bisa dipatok, karena tergantung jumlah klik dan jumlah klik itupun masih akan diihitung lagi berdasarkan klik yang sah saja menurut penyedia layanan PPC terkait. 

Namun, metode mendapatkan penghasilan blog dari model ini terletak pada batas minimum penarikan jika pendapatan itu akan dicairkan. Sebagai contoh, Google Adsense memiliki kebijakan bahwa jumlah minimum penghasilan yang bisa dicairkan adalah $100 (setara 1,45 J untuk kurs saat ini), sehingga diharuskan ekstra bersabar demi mendapatkan pundi-pundi rupiah terlebih jika Anda baru memulai model bisnis PPC.

Kedua, Penghasilan Blog dari Program Afiliasi

Afiliasi adalah model periklanan online guna mendapatkan uang dengan cara mempromosikan produk/jasa milik orang lain. Kebanyakan perusahaan affiliasi tidak mengharuskan blogger membeli produk mereka terlebih dahulu, melainkan bisa langsung mengikuti program affiliasinya. Besaran penghasilan blog dari affiliasi juga tergantung jumlah penjualan yang berhasil dilakukan melalui link affiliasi Anda. Contoh program affiliasi; mataharimall, Lazada, Hostinger, Amazon, dan lain-lain.

Keuntungan dari program affiliasi ini adalah Anda tidak direpotkan dengan produk, karena tugasnya hanya membuat materi artikel (review) mengenai produk tertentu kemudian menjualnya di blog. Setelah itu letakan link affiliasi tersebut pada artikel atau banner.

Tak jauh beda dengan model PPC, affiliasi juga mengharuskan publishernya menunggu jangka waktu tertentu untuk dapat mencairkan penghasilan daripada program promosi iklan di blognya.


Ketiga, Menjual Karya Tulis Buku (e-Book)

Jika memang hobi atau profesi Anda sebagai penulis prodesional dengan membuat buku misalnya. Anda bisa menjual buku tersebut via blog sendiri entah itu buku fisik maupun berbentuk e-Book. 

Jika  membuat buku dalam bentuk e-Book rasanya akan lebih efisein dari segi waktu, karena dengan begitu proses penerbitan buku akan cepat dilakukan. Berbeda halnya jika harus menunggu pihak penerbit untuk mencetak buku Anda sebelum akhirnya bisa dijual melalui media blog. 

Adapun cara transaksi jual buku bisa dilakukan melalui transfer antar bank, maupun via akun paypal jika melakukan transaksi beda negara akan lebih mudah.


Bentuk bukan masalah serius dalam menciptakan suatu karya tulis (buku) karena yang paling penting adalah isinya. Sejauh mana kualitas buku tersebut bisa memberikan solusi bagi permasalahan yang tengah dihadapi orang lain, seberapa baik persiapan pembuatan buku tersebut, hal itu akan ada hubungannya dengan omset penjualan buku Anda.

Keempat, Menjual Layanan Jasa

Apakah Anda punya keahlian tertentu? Jika punya, maka jangan buang kesempatan memanfaatkan keahlian tersebut untuk mendapatkan penghasilan dari blog. Sebagai permisalan, Anda sangat pandai menggambar atau mendesain. Maka, tidak ada salahnya jika menerima layanan jasa pembuatan desain tertentu. Atau bahkan beberapa keahlian lain seperti menulis artikel, melayani jasa SEO, jasa translate dan masih banyak lagi yang bisa dimanfaatkan sebagai sumber penghasilan dari blog.

Untuk dapat menjangkau banyak pelanggan, pengguna jasa Anda. Maka harus banyak mempromosikan keahlian tersebut di berbagai media seperti sosial media, layanan chatting, email agar semakin banyak orang tau bahwa Anda memiliki keahlian di bidang A, B, dan C. Dengan semakin banyak orang tau, semakin besar pula kemungkinan orang menggunakan jasa Anda.

Kelima, Slot Iklan Mandiri

Iklan mandiri adalah cara mendapatkan uang dengan menyediakan tempat (slot) iklan pada blog pribadi Anda. Bentuknya beragam, mulai dari banner, link text, bahkan artikel review.

Cara ini juah mengungguli cara-cara sebelumnya karena pendapatan akan langsung ketahuan ketika ada orang yang minat beriklan di blog Anda. Biasanya tarif iklan sudah ditentukan oleh pemilik blog.

Syarat utama dari metode pengasil uang model ini adalah jumlah pengunjung harian blog harus sudah sangat banyak. Pasalnya para pemasang iklan akan meninjau dahulu performa blog sebelum akhirnya mereka membeli slot iklan di blog kita.

Keenam, Jual Desain Web (Template)

Desain Tema Web atau lebih dikenal template biasanya dibuat oleh orang-orang programmer, yang memang memiliki kemampuan mumpuni di bidangnya. Nah, jika Anda memiliki keahlian ini bisa mendapatkan uang dari #blog dengan menjual templare hasil karya Anda sendiri. Harga pasaran untuk sebuah template web/blog relatif dibandrol dengan harga tinggi tergantung tingkat kesulitan desainnya. 

Dengan menjual template maka bisa dipastikan Anda akan memiliki penghasilan tambahan ketika banyak orang membeli hasil karya Anda melalui blog.

Ketujuh,  Bisnis Sistem Dropship

Dropship adalah sebuah model bisnis untuk menjualkan produk orang lain. Berbeda dengan afiliasi, para pembeli membeli produk orang lain di tempat Anda. Selanjutnya, Anda mengirimkan uang tersebut ke pemilik produk dan meminta mereka untuk mengirimkan barang ke alamat pembeli menyesuaikan dengan alamat pada saat membeli ke Anda.

Keuntungan dari bisnis dropship ini adalah selisih harga antara harga jual anda dengan harga jual pemilik produk (supplier) anda. Sebagai contoh; Jualan produk kaos distro dengan harga dari suppier 100.000 kemudian Anda menjualnya dengan sistem dropship seharga 125.000, maka keuntungannya 25.000 dari setiap produk yang berhasil dijual.

Pada umumnya produk yang bayak dijual dengan sistem dropship ini diantaranya; kosmetik, pakaian, makanan ringan, perlengkapan rumah tangga. Walaupun sebenarnya hampir semua produk dipasaran bisa dijual menggunakan sistem ini, tinggal bagaimana ada kemauan atau tidaknya saja.


Kedelapan, Sumber Pendapatan Lain

Tentu ada pemasukan dalam bentuk lain yang diperoleh blogger. Beberapa berupa permintaan donasi atau mengajar privat jarak jauh, bahkan menjadi seorang pembicara seminar pun sangat mungkin dilakukan.

Kebanyakan blogger profesional atau fulltime blogger menghasilkan uang dengan  lebih dari satu jalur penghasilan. Semakin banyak variasi sumber pendapatan maka otomatis semakin memperbesar peluang keberhasilan menghasilkan banyak uang dari blog..

Bagaimana, sudah ada gambaran tentang cara mendapatkan uang dari blog?  Jika ya, selamat. Atau bahkan memiliki banyak cara lain sebagai sumber penghasilan dari blog? Jangan sungkan menambahkan sumber penghasilan blog lainnya di kolom komentar ya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua yang sama-sama sedang mendalami cara mendapatkan uang dari blog.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas kunjungannya:

1. Silakan berikan komentar terbaik Anda.
2. Saran & Kritik akan saya terima dengan lapang dada (bukan lapang bola, yaa) sebagai bentuk evaluasi konten blog ini.
3. Dilarang menyertakan LINK hidup atau mati.
4. Jika Anda tidak terima, silakan mengajukan 'banding'!!