6 Tips Jitu Blogwalking/Blog Commenting Maksimalkan Website

Blog Walking atau Blog Commenting sebenarnya bukan cara baru, melainkan sudah banyak digunakan oleh para blogger senior sejak dulu hingga sekarang karena memang berdampak positif bagi perkembangan blog. 

tips blogwalking dan blog commenting jitu
Tips Blogwalking

6 Tips Jitu Blogwalking untuk Optimasi Website - Istilah Blog Walking atau Blog Commenting bukan sesuatu hal baru bagi Blogger. Bahkan dalam dunia Blogging, ini merupakan dasar-dasar ngeblog yg disarankan oleh mereka pendahulu di dunia tulis-menulis. 

Blog Walking atau Blog Commenting sebenarnya bukan cara baru, melainkan sudah banyak digunakan oleh para blogger senior sejak dulu hingga sekarang karena memang berdampak positif bagi perkembangan blog. 

Caranya cukup mudah, yakni Anda menulis komentar pada blog satu topik dengan niche blog Anda kemudian membuat keyword untuk diberi link dan mengarahkannya kepada blog atau situs web Anda sendiri. 

Beberapa tips Blog Walking dan Blog Commenting guna optimasi blog lebih baik dimata mesin pencari


1. Interaksi dengan pembaca

Tetaplah terhubung dengan orang-orang saat memberi tanggapan pada komentar Anda. Jawablah secara profesional dan bijak setiap pertanyaan atau kritik pada blog. Hindari sikapangkuh, merasa paling hebat dan sebagainya. Tetaplah bersahaja dalam berbagi komentar kepada sesama blogger.

2. Bersosial via kotak komentar

Fitur komentar sudah menjadi hal biasa pada berbagai media sosial besar seperti Facebook, Twitter, Instagram dll. Bahkan Google+ telah melakukan riset lebih jauh, mereka mencatat kehadiran sosial media salah satu faktor penentu peringkat posisi blog di search engine. Oleh sebab itu maka tak heran jika saat ini banyak Blogger menggunakan media sosial sebagai laman pendukung untuk mengenalkan konten terbaru di blognya kepada pengguna medsos.

Berinteraksi antara pemilik Fanpage dan pemirsanya akan sangat meningkatkan hubungan baik antara keduanya. Hal demikian akan berdampak pada kemudahan proses sharing posting terbaru.

3. Pahami setiap blogger sebelum berkomentar

Setidaknya cari tahu terlebih dahulu siapa admin blog tersebut, seperti apa sikapnya terhadap para komentator, apakah ramah?

Blogger profesional sudah barang tentu mengenalkan siapa dirinya kepada pembacanya. Hal itu bisa dilihat dibagian "About" pada blognya. Bacalah sejenak dengan teliti sebelum Anda memutuskan dimana Anda akan meninggalkan komentar. Berkomentar pada artikel berkualitas akan sangat membantu meningkatkan posisi blog Anda dimata mesin pencari. Anda akan mendapatkan backlink berkualitas yang dapat membantu Anda selangkah lebih maju dibanding Blogger lain.

4. Mengenal gaya berkomentar

Sebelum Anda memutuskan untuk berkomentar pada blog pilihan, sangat penting  untuk melihat postingan bloggers tersebut lebih dulu. Lihatlah komentar orang lain pada blog tersebut, dan tirulah gaya mereka dalam berkomentar. Dengan demikian komentar Anda pun dapat memiliki peluang besar di acc oleh pemilik/admin blog. Sehingga komentar tidak sia-sia karena benar-benar diposting.

Hal ini juga dapat membantu Anda untuk memahami lebih jauh tentang trending topic pada blog tersebut. Tidak hanya meningkatkan kemampuan membaca Anda, tapi Anda juga bisa mendapatkan teman-teman baru yang mungkin saja bisa membawa keuntungan lebih banyak untuk blog Anda.

5. Kenalkan siapa Anda

Mengenalkan jatidiri Anda bukanlah suatu hal buruk malah dianjurkan. Setelah Anda mendapatkan rangkuman blog mana saja yang Anda akan berikan komentar langkah selanjutnya adalah kenalkan siapa Anda kepada para pembaca. Gunakanlah gambaran nyata tentang diri Anda sesungguhnya, seperti nama lengkap, akun media sosial, alamat email Anda. Hal ini adalah strategi jitu meningkatkan kedekatan emosional sehingga pembaca lebih tahu siapa diri Anda.

6.  Berkomentar menjadi lebih populer

Sebagai penulis blog selalu ingin meningkatkan daya jangkau, Anda harus sering komentar di blog lain. Popularitas blog semakin meningkat disamping bertambahnya wawasan ketika mengomentari blog. Admin blog yang Anda komentari cenderung mencari tahu blog Anda sebagai kunjungan balik, dan mereka akan mencari artikel menarik pada blog Anda untuk dikomentari juga untuk meninggalkan jejak.

Itulah beberapa tips Blog Walking dan Blog Commenting agar meningkatkan kualitas blog. Strategi ini bisa dilakukan secara konsisten disetiap kesempatan aktivitas online Anda. Semoga 6 Tips Jitu Blogwalking ini bermanfaat bagi kesuksesan Blog Anda.

6 komentar:

  1. Keren gan tips blog walkingnya, terimakasih infonya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kembali kasih bang Dimas, semoga bermanfaat juga bagi yang lain yaa..

      Delete
  2. saya setuju dengan judul artikel ini dengan kita banyak blogwalking dan meninggalkan komentar di sebuah situs baik situs dofollow maupun nofollow maka akan meningkatkan performa blog kita dari segi SEO dan meningkatkan popularitas blog kita ...salam blogger

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Kang El, semoga dengan begitu interaksi antar penggiat blog dan pembacanya kian intim. Salam blogger

      Delete
  3. Nah ini nih yang saya masih belum pahami sekali. Bagaimana cara memberikan komentar yang baik agar si pemilik blog juga senang dan kitapun mendapat tambahan pengetahuan.

    Apalagi kalu cuma sekedar nyepam dan pasang link banyak2 di kolom komentar. Haduuh jadi kesannya kurang menghargai si penulis blog tersebut.

    Btw thanks atas informasi bermanfaatnya kang semoga bisa saya coba praktekkan lebih baik lagi. Salam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya rasa komentar yang diberikan Mas Teguh diatas sudah baik. Secara otomatis menambah pengetahuan dan pengalaman juga kepada pembaca blog ini. Kembali kasih mas... Salam sukses selalu

      Delete