Sunday, January 10, 2016

Suka Duka Blogger Pemula Menjadi Profesional Blogger

pengalaman blogger sukses
Gambar via Pexels.com
ANWARIZ.com - Suka Duka Pengalaman Blogging ini saya tuliskan disela-sela rasa malas ngeblog yg kian mendera. Saat itu saya sedang blogwalking menyambangi blog-blog tetangga, hingga akhirnya terinspirasi menuliskan pengalaman ngeblog saya ini dari sebuah blog besar-saya anggap guru dalam beraktivitas blogging yakni blognya Mas Sugeng (Sugeng.id).Berangkat dari sanalah tulisan sederhana ini muncul ke permukaan Search Engine Result Page walau belum bisa bercokol dihalaman pertama tidak apalah namanya juga Belajar Menulis Blog.



Memulai blogging sekitar akhir 2010 silam kurang lebih 6 tahun lalu. Lama juga yaa?? Pasti teman-teman menggangap sudah pandai ngeblog, kenyataannya tidak demikian. Sempat vacum selama 3 tahun lebih sejak blog pertama saya CepiThea.blogspot[dot]co[dot]id selesai dibuat dan hanya berisikan beberapa artikel tentang puisi, kuliah, otomotif saja kala itu.

Pertama sekali mengenal blog itu saya hanya iseng saja nyoba-nyoba sebuah artikel tentang blogging (saya lupa blog siapa itu) yang pasti sangat berterimakasih kepada pemilik blog tersebut, sebab dari sana saya belajar membuat blog kecil pertama kali. Sejak saat itu blog terbengkalai karena bersamaan dengan kesibukan kuliah tingkat pertama semakin padat sehingga waktu menulis menjadi sangat berkurang bahkan hanya 1 tulisan saja per bulan itupun jika sedang ingin saja.

Memulai kembali membangkitkan blog lama pada pertengahan 2014 dengan bermodalkan kemauan dan menyalurkan hobi lama menulis, akhirnya blog saya ini (cepithea.blogspot.com) kembali bangkit dengan segala kesederhanaannya. Namun, tidak hanya sampai disitu karena disaat bersamaan saya membuat 32 blog lainnya dengan berbeda topik bahasan. Ya, hingga saat ini saya mengelola 33 blog seorang diri diantaranya ada www.pemasaranjaringan.com. Kenapa bisa membuat banyak blog dalam waktu singkat?? Oh tidak, saya membuatnya bertahap disela-sela vacum menulis tadi sambil belajar memperdalam dunia blogging dibelakang layar secara otodidak. Namun, blognya belum saya publish sebab tidak mau kejadian hal serupa seperti pada blog pertama tadi yang isinya hanya coretan tidak jelas.

Meski belum merasakan hasil materi dari aktivitas blogging tapi memang dasarnya suka menulis ya pada akhirnya dibawa happy saja. Ada kepuasan tersendiri saja ketika tulisan kita dibaca oleh banyak orang walau tidak sebanyak para pemilik blog besar yg sudah mencapai ribuan pembaca setiap harinya namun tetap saja bangga rasanya. 




Tulisan diatas hanya sebatas pembukaan sebelum membahas topik utama kita kali ini tentang Suka Duka Blogger Pemula Menuju Profesional Blogger:

Suka-suka Blogging:

1.  Blogging Tidak Terikat Waktu
Hal menyenangkan ketika ngeblog adalah karena blogger tidak terikat oleh waktu. Kapanpun dan dimanapun asal bisa terkoneksi internet maka aktivitas blogging bisa dilakukan. Merasakan senang sekali ketika memulai mengetikan sebuah ide tulisan kedalam blog, sebab tidak ada tekanan.

2. Punya Teman Baru
Saat menjalani aktivitas ngeblog saya dituntut oleh diri sendiri untuk tetap berhubungan baik dengan sesama blogger baik itu blogwalking ataupun singgak ke fanpage facebook miliknya para blogger master sekedar bertukar pikiran, berbagi informasi, intinya silaturahim sesama penulis. Dari sana banyaklah terhubung dengan penulis hebat pemilik blog-blog besar seperti Mas Sugeng, Bang Max pemilik Maxmanore.com, Mbak Indri punggawa Juragancipir.com dan masih banyak blogger hebat lainnya.

3. Menghasilkan Sesuatu
Apa sih sesuatu itu? Apa saja, ntah itu materi, popularitas, dan lainnya. Dalam hal ini sesuatu yg saya maksudkan adalah uang. Siapapun pasti suka uang, ya kaan?? Walau tidak besar pendapatan saya dari blog tetap saya berucap syukur alhamdulillah. Uang tersebut saya dapatkan dari hasil penjualan produk pribadi, karna saya juga jualan kaos distro bertemakan Islamic Clothing via tawheed-distro.blogspot.com









Duka-duka Blogger:

1. Ngeblog via Warnet
Yaa, tidak seperti pada umumnya blogger menggunakan fasilitas pribadi. Saya menyempatkan menulis artikel melalui warung internet disela-sela waktu senggang. Sebenarnya besar pasak daripada tiang, karena biaya warnet lebih besar daripada hasil dari blogging. It's OK! This is me!

2. Dianggap Pemalas
Walau aslinya memang iya..hehe. Begitulah citra blogger amatiran, selalu dianggap pemalas belum lagi kena damprat orang tua. Kerjaannya hanya menulis, nongkrong depan warnet, menghabiskan waktu, blablabla. Dasarnya memang bandel saya teruskan saja rutinitas menulis dengan fasilitas seadanya dalam kondisi serba terbatas. Saya punya tujuan!

3. Bersaing dengan Kelelawar
Menjadi blogger itu mendekali sifat kelelawar, meminjam istilahnya Mas Sugeng. Malamnya kelayapan lalu siangnya tidur. Mungkin hal seperti ini tidak hanya saya rasakan melainkan mayoritas blogger mengalami hal demikian. Dampaknya, badan kurang terurus, waktu berkumpul bareng teman-teman menjadi minim. 

Sampai disini dulu tulisan saya mengenai Suka Duka Ngeblog Blogger Pemula. Lain kali kita sambung lagi dengan berbagai cerita menarik selama mengelola banyak blog sendiran. Semoga tulisan diatas memberikan banyak manfaat kepada kita semua khususnya bagi penulis sendiri umumnya bagi pembaca setia ANWARI MEDIA. Sampai jumpa ditulisan saya beikutnya! Jangan lupa sertakan komentar Anda agar blog ini lebih baik dimasa mendatang.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner