Suka Duka Blogger Pemula Menjadi Profesional Blogger - Anwariz.com

Suka Duka Blogger Pemula Menjadi Profesional Blogger

pengalaman blogger sukses
Gambar via Pexels.com
ANWARIZ.com - Suka Duka Pengalaman Blogging ini saya tuliskan disela-sela rasa malas ngeblog yg kian mendera. Saat itu saya sedang blogwalking menyambangi blog-blog tetangga, hingga akhirnya terinspirasi menuliskan pengalaman ngeblog saya ini dari sebuah blog besar-saya anggap guru dalam beraktivitas blogging yakni blognya Mas Sugeng (Sugeng.id).Berangkat dari sanalah tulisan sederhana ini muncul ke permukaan Search Engine Result Page walau belum bisa bercokol dihalaman pertama tidak apalah namanya juga Belajar Menulis Blog.



Memulai blogging sekitar akhir 2010 silam kurang lebih 6 tahun lalu. Lama juga yaa?? Pasti teman-teman menggangap sudah pandai ngeblog, kenyataannya tidak demikian. Sempat vacum selama 3 tahun lebih sejak blog pertama saya CepiThea.blogspot[dot]co[dot]id selesai dibuat dan hanya berisikan beberapa artikel tentang puisi, kuliah, otomotif saja kala itu.

Pertama sekali mengenal blog itu saya hanya iseng saja nyoba-nyoba sebuah artikel tentang blogging (saya lupa blog siapa itu) yang pasti sangat berterimakasih kepada pemilik blog tersebut, sebab dari sana saya belajar membuat blog kecil pertama kali. Sejak saat itu blog terbengkalai karena bersamaan dengan kesibukan kuliah tingkat pertama semakin padat sehingga waktu menulis menjadi sangat berkurang bahkan hanya 1 tulisan saja per bulan itupun jika sedang ingin saja.

Memulai kembali membangkitkan blog lama pada pertengahan 2014 dengan bermodalkan kemauan dan menyalurkan hobi lama menulis, akhirnya blog saya ini (cepithea.blogspot.com) kembali bangkit dengan segala kesederhanaannya. Namun, tidak hanya sampai disitu karena disaat bersamaan saya membuat 32 blog lainnya dengan berbeda topik bahasan. Ya, hingga saat ini saya mengelola 33 blog seorang diri diantaranya ada www.pemasaranjaringan.com. Kenapa bisa membuat banyak blog dalam waktu singkat?? Oh tidak, saya membuatnya bertahap disela-sela vacum menulis tadi sambil belajar memperdalam dunia blogging dibelakang layar secara otodidak. Namun, blognya belum saya publish sebab tidak mau kejadian hal serupa seperti pada blog pertama tadi yang isinya hanya coretan tidak jelas.

Meski belum merasakan hasil materi dari aktivitas blogging tapi memang dasarnya suka menulis ya pada akhirnya dibawa happy saja. Ada kepuasan tersendiri saja ketika tulisan kita dibaca oleh banyak orang walau tidak sebanyak para pemilik blog besar yg sudah mencapai ribuan pembaca setiap harinya namun tetap saja bangga rasanya. 




Tulisan diatas hanya sebatas pembukaan sebelum membahas topik utama kita kali ini tentang Suka Duka Blogger Pemula Menuju Profesional Blogger:

Suka-suka Blogging:

1.  Blogging Tidak Terikat Waktu
Hal menyenangkan ketika ngeblog adalah karena blogger tidak terikat oleh waktu. Kapanpun dan dimanapun asal bisa terkoneksi internet maka aktivitas blogging bisa dilakukan. Merasakan senang sekali ketika memulai mengetikan sebuah ide tulisan kedalam blog, sebab tidak ada tekanan.

2. Punya Teman Baru
Saat menjalani aktivitas ngeblog saya dituntut oleh diri sendiri untuk tetap berhubungan baik dengan sesama blogger baik itu blogwalking ataupun singgak ke fanpage facebook miliknya para blogger master sekedar bertukar pikiran, berbagi informasi, intinya silaturahim sesama penulis. Dari sana banyaklah terhubung dengan penulis hebat pemilik blog-blog besar seperti Mas Sugeng, Bang Max pemilik Maxmanore.com, Mbak Indri punggawa Juragancipir.com dan masih banyak blogger hebat lainnya.

3. Menghasilkan Sesuatu
Apa sih sesuatu itu? Apa saja, ntah itu materi, popularitas, dan lainnya. Dalam hal ini sesuatu yg saya maksudkan adalah uang. Siapapun pasti suka uang, ya kaan?? Walau tidak besar pendapatan saya dari blog tetap saya berucap syukur alhamdulillah. Uang tersebut saya dapatkan dari hasil penjualan produk pribadi, karna saya juga jualan kaos distro bertemakan Islamic Clothing via tawheed-distro.blogspot.com









Duka-duka Blogger:

1. Ngeblog via Warnet
Yaa, tidak seperti pada umumnya blogger menggunakan fasilitas pribadi. Saya menyempatkan menulis artikel melalui warung internet disela-sela waktu senggang. Sebenarnya besar pasak daripada tiang, karena biaya warnet lebih besar daripada hasil dari blogging. It's OK! This is me!

2. Dianggap Pemalas
Walau aslinya memang iya..hehe. Begitulah citra blogger amatiran, selalu dianggap pemalas belum lagi kena damprat orang tua. Kerjaannya hanya menulis, nongkrong depan warnet, menghabiskan waktu, blablabla. Dasarnya memang bandel saya teruskan saja rutinitas menulis dengan fasilitas seadanya dalam kondisi serba terbatas. Saya punya tujuan!

3. Bersaing dengan Kelelawar
Menjadi blogger itu mendekali sifat kelelawar, meminjam istilahnya Mas Sugeng. Malamnya kelayapan lalu siangnya tidur. Mungkin hal seperti ini tidak hanya saya rasakan melainkan mayoritas blogger mengalami hal demikian. Dampaknya, badan kurang terurus, waktu berkumpul bareng teman-teman menjadi minim. 

Sampai disini dulu tulisan saya mengenai Suka Duka Ngeblog Blogger Pemula. Lain kali kita sambung lagi dengan berbagai cerita menarik selama mengelola banyak blog sendiran. Semoga tulisan diatas memberikan banyak manfaat kepada kita semua khususnya bagi penulis sendiri umumnya bagi pembaca setia ANWARI MEDIA. Sampai jumpa ditulisan saya beikutnya! Jangan lupa sertakan komentar Anda agar blog ini lebih baik dimasa mendatang.


21 komentar:

  1. Bener juga sih, api menurutku kalo sudah menghasilkan sih pasti dukanya tidak terasa :)

    BalasHapus
  2. Mantap mas. Oh ya biar blog kita lebih dikenal oleh sesama blogger khususnya, sebaiknya kalau komentar jangan menanamkan link karena mayoritas blogger ga mau mempublikasikan komentar yang mengandung link. Maaf ya mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar yang mengandung liNk ky gmn mas samsudin, maklum baru tau blog

      Hapus
  3. Semoga saja demikian mbak.. Menjadi senyuman seiring dengan keberhasilan menebar karya terbaik. Saya sedang berjalan kearah kesuksesan itu yg semakin dekat. Thanks uda kembali mampir :)

    BalasHapus
  4. Santai saja mas Samsudin, memang benar adanya. Pengalaman dan ilmu baru untuk saya. Terimakasih atas masukannya

    BalasHapus
  5. Yang penting jangan menyerah dengan keadaan aja mas. Selalu semangat aja buat menyambung hidup hehe

    BalasHapus
  6. Sepakat, semoga tetap semangat Mas Hussein. Seiring berjalannya waktu akan terus bertambah pengalaman serta manfaat. Terimakasih atas kunjungan dan motivasinya

    BalasHapus
  7. Wah... bener... bener...

    BalasHapus
  8. @Lintang Sunu, thanks sudah mampir diblog amat sederhana ini mas..

    BalasHapus
  9. Yang penting kita harus tetep semangat dan niatkan untuk berbagi manfaat, slm knal mas.... maaf nie saya baru berkunjung :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepakat mas Iman, semangat dan tetap konsisten menulis aja.. Salam

      Hapus
  10. Semoga walaupun dengan suka dan duka yang begitu mendalam gan asal nantinya menghasilkan kayanya akan terbayar tuntas gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin... Itu harapannya mas Anyaran.. Semua bakal indah pada waktunya..hehe

      Hapus
  11. ane suka banget gan sama artikel ente hahaha. bersaing dengan kelelawar. ane banget tuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas Ahmad, itu keseharian saya ketika asyik menulis... Kaki dikepala, kepala dikaki.. begitu kata peterpan..hehe

      Hapus
  12. Waw blog ini udah banyak yang komentnya berarti blog ini udah sukses, terima kasih berbagi pengalaman melaui artiketl ini, semoga kita bisa saling bersilaturahmi /blogwalking.
    http://glasswoolblanket.blogspot.co.id/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap gan... Salam kenal... Terimakasih sudah menyambangi gubug kecil saya.

      Hapus
  13. saya jarang sampai bergadang nulis mas..
    soalnya kerja juga sih siangnya.

    jadi malamnya sudah tepar duluan.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya.. Sebaiknya tidak terlalu memaksakan diri. Sesuai kemampuan saja mas. Saya sendiri tak jarang rehat sejenak ketika badan tidak lagi mendukung. Terimakasih sudah mampir..

      Hapus
  14. @Bang Ali. catatan yang inspiratif. Ngeblog atau menjadi BLOGGER memang menyenangkan. Salah satu tujuannya adalah untuk mendokumentasikan gagasan dan inspirasi kita terutama lewat tulisan. Catatan kisah inspiratif seorang Blogger suka dukanya bagus juga dibikin catatan bersambung. pembaca dapat mengambil manfaat pelajaran dari suatu pengalaman yang telah dilakukan seorang blogger. menurut saya, tidak ada blogger pemula, amatir, atau blogger profesional. Yang ada adalah Blogger yang rajin menulis dan malas menulis. Itu seperti seorang Penulis. Tidak ada penulis pemula dan penulis kawak, yang ada penulis yang rajin menulis dan penulis yang malas menulis. Kalo pengalaman saya sebagai seorang Blogger antaranya kesulitan nyeting tampilan dan memasang ADSENSE. Sampai sekarang tiga blog saya belum saya pasang ADSENSE.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih @Siwi Sang atas tambahan pandangannya tentang pengalaman ngeblog.. Berguna sekali untuk menambah wawasan kepada pembaca saya di sini. Wahh, sayang sekali tuhh koleksi blognya belum di monetisasi. Tidak mudah memang, tapi tidak ada yang lebih sulit ketimbang tidak mencobanya terus. Semoga secepatnya mendapatkan solusi ya.. Salam Blogger

      Hapus

Terimakasih atas kunjungannya:

1. Silakan berikan komentar terbaik Anda.
2. Saran & Kritik akan saya terima dengan lapang dada (bukan lapang bola, yaa) sebagai bentuk evaluasi konten blog ini.
3. Dilarang menyertakan LINK hidup atau mati.
4. Jika Anda tidak terima, silakan mengajukan 'banding'!!