Thursday, July 21, 2016

Tips Praktis Menjadi Penulis Profesional yang Hebat

tips menjadi penulis profesional yang hebat
Penulis Profesional, Image by huffingtonpost.com
Tips Menjadi Penulis Profesional Hebat - Menjadi seorang penulis profesional tidaklah mudah, namun disaat bersamaan juga bukan suatu hal mustahil jika Anda mampu mencapainya. Dengan berbekal keahlian dalam suatu bidang tertentu kemudian dituangkan kedalam sebuah tulisan yang akan menghantarkan pada tujuan sebagai penulis hebat

Sebuah pribahasa klasik bahkan mungkin tidak asing lagi mendengarnya, harimau mati meninggalkan belang dan manusia mati meninggalkan nama. Seperti sudah disinggung di awal, untuk menjadi penulis profesional yang hebat kemudian populer dikalangan masyarakat tentu harus memiliki karya.

Menjadi penulis adalah salah satu cara agar dikenal banyak orang. Namun, menuju kearah sana akan sedikit berat apalagi jika tidak memiliki basic sebagai penulis. Maksud saya, Anda bukan lulusan sekolah kepenulisan yang hanya mengandalkan intuisi dan bakat alami secara otodidak menyukai dunia tulis menulis ya.

Meski demikian tidak menjadi alasan untuk belajar dasar-dasar menulis, tips kepenulisan. Maka hadirlah artikel tentang Bagaimana Cara Menjadi Penulis Profesional yang Hebat berikut ini;

10 Tips Praktis Menjadi Penulis Profesional


1. Miliki Niat


Ya.. Niat adalah pondasi awal ketika akan melakukan segala bentuk aktifitas. Begitu juga ketika ingin menjadi seorang penulis profesional dan hebat harus didasari oleh kemauan serta niat kokoh agar dalam prosesnya semakin mantap. Perkuat niat sebagai penulis hebat sejak dini sebelum melangkah ke proses berikutnya. Ketika niat sudah ada maka semakin mudah menindaklanjuti proses belajarnya.

2. Semangat Belajar


DIbelahan dunia manapun, orang sukses sejatinya adalah seorang pembelajar hebat. Dia mau menginvestasikan waktunya untuk belajar sesuatu halbaru sesuai minatnya. Belajar menjadi salah satu faktor penting sebagai seorang penulis. Kemampuan mengolah kata, menarik kesimpulan pada tulisan akan semakin terasah seiring berjalannya proses belajar tersebut.

3. Sesuaikan Passion


Jangan sampai aktivitas menulis menjadi beban bagi penulisnya. Dalam artian, tuliskan segala sesuatu selama menyenangi topik yang hendak ditulis. Menulis akan lebih lepas tanpa khawatir terbebani karena memang Anda sudah nyaman dengan objeknya.  Sebab, tidak jarang ditemukan penulis pemula kehilangan gairah menulisnya hanya gara-gara bosan pada topik pilihannya. 

Ketika Anda memiliki keahlian dan pengalaman yang berkaitan dengan topik tulisan, orang akan lebih yakin ketika membacanya. Terutama jika menulis topik  berupa tips, trik, dan tutorial.  Sebagai contoh karya tulis tentang tips berlibur ke tempat tertentu, atau tips menggunakan produk tertentu.

4. Konsisten Menulis


Tidak sedikit penulis memutuskan berhenti menulis sebelum cita-cita awalnya tercapai dengan alasan hasil karya tulisnya tidak ada yang mengapresiasi sehingga timbul frustasi.  Jika tidak kuat mental ya seperti itulah akibatnya, berhenti ditengah jalan. Tengok kembali kepada niat awal Anda untuk menjadi penulis profesional agar senantiasa menjaga konsistensi membuat karya tulis lebih baik dari sebelumnya. Penting perlu diingat, bahwa segala sesuatu di dunia ini memerlukan proses, maka NIKMATI PROSESNYA!



5. Proses Kreatif dan Inovatif


Kreatifitas mengantarkan banyak penulis hebat diluar sana mencapai tujuannya, kemudian merasakan sendiri sebagai penulis terkenal. Itu berawal dari proses kreativitas dan inovasi pada setiap karya tulisnya. Untuk itu hasil karya tulis juga diperngaruhi oleh sejauh mana kemampuan Anda ketika berinovasi sekaligus kreatif pada saat menciptakan tulisan.

Cobalah untuk membuat tulisan dengan menggunakan imajinasi Anda.Tengoklah topik utama dari sudut pandang berbeda, sehingga para pembaca nantinya akan mendapatkan sudut pandang yang kreatif.  



Kreativitas memiliki peran yang sangat penting dalam proses menjadi penulis andal.  Hal ini membuat tulisan Anda terasa berbeda ketika dibaca, dan tentu saja para pembaca akan penasaran dan semakin tertarik pada karya-karya sang penulis.  Bacalah kolom-kolom yang ditulis Cak Nun atau Butet Kertaradjasa di berbagai surat kabar untuk menemukan definisi tepat dari kata "kreatif".

6. Anggap Anda Sebagai Pembaca

Sebagai seorang penulis hebat terlahir dari sikap memposisikan dirinya sebagai pembaca, sehingga mengetahui seperti apa hasilnya saat itu juga. Apakah enak dibaca atau malah sebaliknya? Jikapun belum sempurna itu bukan masalah karena sedang belajar.

7. Menjajal Kemampuan Menulis dalam Berbagai Lomba


Mengikuti lomba menulis akan menjadi barometer sejauh mana kemampuan menulis, juga sejauh mana keberhasilah Anda mengikuti proses belajar menulis. Semakin tinggi peringkat di ajang perlombaan tersebut menjadi indikator seberapa hebat hasil tulisan. Lomba menulis juga bisa dijadikan sebagai ajang evaluasi ketika ada kelemahan-kelemahan pada tulisan Anda.

8. Memberi Solusi dan Manfaat


Sebagian besar menjadi penulis sukses karena hasil karya tulisnya memberikan manfaat kepada orang lain. Tidak hanya sebatas tulisan saja melainkan menjadi solusi bagi setiap permasalahan yang dihadapi oleh pembacanya. Kata kuncinya terletak pada sebarapa besar MANFAAT dan SOLUSI dari karya tulis.

Tulisan yang bermanfaat tidak hanya membuat pembaca menyukai gaya menulis Anda. Lebih jauh dari itu kemungkinan besar akan ada penulis-penulis lain yang menjadikan tulisan tersebut sebagai sumber referensi. Pada akhirnya tulisan Anda menjadi semakin populer dan menjaring lebih banyak audiens.

9. Ikuti Komunitas Penulis


Mengikuti kegiatan bersama komunitas penulis tentu akan memberikan nilai tambah pada proses belajar menjadi penulis profesional.  Sebab komunikasi dua arah antar sesama anggota komunitas otomatis tercipta. Hal demikian memungkinkan saling bertukar informasi, studi kasus, kemudian mendiskusikan berbagai persoalan dalam kepenulisan.

10. Berdo'alah


Sebenarnya poin terakhir ini juga sebagai poin pertama. Ya.. Berdo'a diawal ketika hendak memulai aktifitas membuat hati menjadi tenang. Begitu pula mengiringi proses belajar dengan do'a membuat kita ingat atas anugerah Tuhan. Sejatina kemauan belajar, kemampuan menulis, itu semua adalah karunia Tuhan untuk di sukuri.


Kesimpulan

Menjadi penulis profesional adalah hak Anda. Ketika memiliki keinginan lalu bersungguh-sungguh menekuninya pada akhirnya akan berbuah manis. Nikmati prosesnya, hadapi rintangan dengan ikhlas dan penuh harap. Yakin. Suatu saat Anda akan menjadi penulis hebat, penulis profesional, penulis terkenal yang mengguncang dunia. Aamiin...
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner