Jangan Lewatkan 3 Rahasia Merawat Mesin Mobil Ini!

Merawat Mesin Mobil Anda Sendiri - Mesin mobil merupakan perangkat yang sangat penting. Didalamnya terdapat beberapa alat komponen mobil yang sangat penting. jika dianalogikan, mesin mobil ibarat nyawa bagi mobil. Jika mesin mobil rusak, maka mobil Anda tidak akan berjalan. Lalu, bagaimana mobil Anda bisa berfungsi dengan baik jika mesin Anda rusak? 

Dengan demikian, pastikan mobil Anda selalu dalam kondisi baik agar mobil Anda tetap bisa mengantarkan kemanapun Anda ingin berpergian. Terkadang hanya faktor yang terlihat sepele dikemudian hari hal tersebut bisa menjadi masalah besar, oleh karena itu Anda sendirilah yang harus memperhatikan keadaan mobil Anda.

Nah kalau sudah tahu bahwa kondisi mesin mobil itu juga perlu diperhatikan, saatnya kita masuk ke dalam rahasia bagaimana cara merawat mesin mobil yang tepat. Berikut caranya: 

1. Rutin Melakukan Pergantian Oli

cara merawat mesin mobil
Gambar dari Electroschematics.com

Jika mesin adalah nyawanya mobil, maka oli mobil bisa diibaratkan sebagai darahnya. Dengan demikian salah satu cara yang bisa dilakukan untuk merawat mesin mobil Anda adalah dengan rutin melakukan pergantian oli. Seringlah mengecek jarak tempuh mobil Anda. Jarak tempuh merupakan cara Anda untuk mengetahui kapan Anda harus segera mengganti oli mobil Anda.  Hal ini berguna agar mesin mobil Anda lebih awet dan terhindar dari berbagai kendala.

2. Sering Bersihkan Kaburasi dan Rutin Mengecek Radiator Mobil Anda

Gambar daei Pulsk.com

Tips selanjutnya yang bisa dilakukan untuk merawat mesin mobil Anda adalah dengan sering membersihkan karburasi mobil Anda. Pastikan karburasi Anda dalam keadaan bersih dan tidak ada debu atau kotoran yang membuatnya mudah berkarat atau rusak. 

Selain sering memperhatikan kaburasi, pastikan pula Anda sering melakukan pengecekan pada radiator mobil Anda. Pengecekan yang dimaksud adalah dengan sering membersihkan bagian radiator mobil dari kotoran, serta memastikan radiator dalam kondisi optimal tanpa kebocoran, atau jenis gangguan lainnya. Jika hal ini sudah dilakukan, bisa dipastikan Anda bisa terhindar dari masalah serius terhadap mobil Anda. 

3. Rawat Pula Tangki Bensin Mobil Anda

cara merawat tangki bensin mobil
Gambar dari Google Plus
Bagian tangki mobil acap kali diabaikan oleh pengguna mobil. Padahal bagian ini juga merupakan bagian yang tak kalah pentingnya bagian lain pada mobil Anda. Dengan merawat tangki bensin mobil Anda, itu juga berarti Anda merawat mesin mobil Anda. Hal ini akan sangat berpengaruh pada kualitas bensin. Jika tangki Anda kotor, secara otomatis mesin kendaraan Anda akan terisi oleh bahan bakar yang sudah terkontaminasi oleh debu dan kotoran dan itu bisa menyebabkan masalah baru.


Oleh karena itu rawatlah tangki bensin mobil Anda, yakni dengan selalu memperhatikan kebersihannya. Anda bisa melakukannya sendiri dengan melihat panduan service tangki melalui situs ini ataupun jika ragu cobalah minta bantuan pada teman yang mengerti cara membersihkan tangki bensin.  

Sebagai kebutuhan khususnya bagi masyarakat tertentu yang memang membutuhkan mobil untuk melancarkan kegiatannya, salah satu kendaraan ini tentu saja perlu perawatan. Namun perawatan yang dimaksud tidak hanya perawatan bagian dalam saja, namun perawatan bagian dalam yakni bagian mesin mobil yang justru lebih penting bagi keawetan mobil. 

Menurut temuan ulasan berikut ini, “menghindari suku cadang yang tidak asli bisa menjadi faktor yang membuat kondisi mobil Anda lebih terawat dengan baik karena terjamin kualitasnya”. Yah, semua tentu ada harganya, namun apabila Anda merawatnya dengan benar, maka Anda tidak perlu mengeluarkan biaya ekstra mahal untuk permasalahan yang terjadi. 

Demikian ulasan tentang tips perawatan mesin mobil sederhana dan bisa dilakukan oleh siapapun. Semoga membawa manfaat bagi Anda pecinta otomotif. 
Selamat mencoba!! (adm-)

Oleh Penulis Tamu: Alfonsus Filius

Afirmasi Positif Meningkatkan Kualitas Hidup Anda, Coba Sekarang!

AFIRMASI MEMBANGUN POTENSI DIRI
Pengertian Afrimasi

Menurut kamus (KBBI) kata Afirmasi mengandung arti sebagai penetapan yang positif; penegasan; peneguhan; pernyataan atau pengakuan yang sungguh-sungguh (di bawah ancaman hukum) oleh orang yang menolak melakukan sumpah; pengakuan tersebut kemudian disebut sebagai definisi dari Afirmasi. Hampir sama seperti pengertian menurut wikipedia.

pengertian dan manfaat afirmasi positif
Afirmasi, Gambar dari Beverageinstitute.org
Afirmasi adalah pernyataan dari dalam diri sendiri untuk menerima kebebasan, kemakmuran dan kedamaian yang berlimpah. Afirmasi bisa merupakan rangkaian kalimat-kalimat positif sebagai pemicu tercapainya suatu harapan. Harus juga menyelaraskannya dengan alam semesta, karena memang hukum ketetapannya sudah demikian. Nyatakan setiap kalimat positif tersebut dengan penuh keyakinan serta dilandasi kepercayaan akan terwujudnya penegasan itu.

Mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan pepatah berikut ini “Anda adalah apa yang Anda pikirkan” kemudian itulah sebagai penegas dari afirmasi itu sendiri.  Afirmasi tesebut berguna untuk memprogram ulang pikiran dan membuang daya yang tidak seharusnya ada dalam pikiran Alam bawah sadar Anda. Sebab alam bawah sadar tidak memperdulikan daya/kepercayaan di pikiran, entah itu positif atau negatif maka itulah kenyataan lalu kemudian hadir menjadi suatu ide atau gagasan.

Apakah Afirmasi bekerja mengubah hidup manusia?


Ya.. Berguna. Jika saja dilakukan dan diaplikasikan secara baik. Sebaliknya, tidak akan terlalu berdampak kalau hanya melakukan pengulangan semata tanpa penghayatan dari dalam diri Anda sebagai manusianya.
Tak ubahnya seperti rapalan do’a dan hipnotis, ia akan bekerja ketika berada pada keadaan rileks dan tetap fokus. Dalam istilah ilmiah keadaan dimana ketika gelombang otak berada pada kondisi alfa-theta. Kondisi itu dinamakan “khusyuk” menurut istilah spiritualnya.


Bentuk dan Jenis-jenis Afirmasi


Afirmasi Lisan

Perkataan adalah ekspresi pikiran yang diutarakan lewat mulut. Kata-kata akan membawa energi disertai pesan afirmasinya. Ada 3 bentuk perkataan; netral, positif, dan negatif kemudian dikukuhkan oleh emosi penghayatan diri Anda. Penggunaan afirmasi lisan tentu saja dengan cara mengucapkannya lewat suara. Setiap kata yang diucapkan dipengaruhi harapan positif dan penuh emosi keyakinan, lahir dan batin. Kekuatan kata-kata afirmasi tetap akan memiliki kekuatan bagaimanapun caranya diucapkan,teriak atau hanya berupa bisikan saja.

Afirmasi Tulisan

Saat menuliskan kata-kata postitif dalam arifmasi, maka ketika itu pula Anda berbicara kepada diri Anda sendiri menungkan isi pikiran kedalam (tulisan) kertas. Proses pengukuhan terbentuk oleh afirmasi tertulis. Tulisan akan menghadirkan suatu bentuk, sebuah kesan atau gambaran nyata pada kertas atau media menulis lain. Ketika menulis sebuah afirmasi, saat itu pula pesan afirmasi itu sedang dalam berjalan mengarah pada kenyataan, hingga terwujud. Ya.. Melalui kata tertulis membuat afirmasi Anda semakin dekat kepada keterwujudan afirmasi.

Afirmasi Keyakinan

Keyakinan adalah tindakan yang berkaitan dengan sebuah gagasan, keinginan atau afirmasi yang diterima sebagai kebenaran dan bekerja berdasarkan keinginan yang bersumber dari akal budi. Jika hidup dipenuhi ketetapan hati, penuh keyakinan sudah dapat dipastikan Anda berada pada tingkat emosi serta mental yang akan mendekatkan suatu harapan pada kenyataan. Tinggi rendahnya unsur keyakinan pada afirmasi Anda sangat akan sangat berpengaruh berhasil tidaknya proses tersebut. Nimati serta syukuri atas afirmasi sebagai kenyataan saat ini dimanapun berada.
.
Afirmasi Hati

Proses berpikir dalam hati juga bisa dimanfaatkan untuk melakukan afirmasi tak kasat mata. Bebaskan seolah-olah hati sedang memikirkan apa yang ingin terwujud dalam kehidupan nyata Anda. Dengan memusatkan perhatian dan fokus pada keinginan,harapan, sebagai sesuatu bentuk nyata dikehidupan sekarang! Berawal dari memikirkan impian, idaman, terpancar dari dalam hati sanubari.
.
Afirmasi Aksi

Beraksilah dengan menuliskan kalimat afirmasi lewat secarik kertas, mengandalkan potensi ragawi milik Anda. Tindakan tersebut secara perlahan namun pasti mengantarkan pada kesempatan, lalu membawanya pada alam kenyataan seiring waktu berjalan. Kemudian hadirkan “ruh” pada setiap afirmasi Anda untuk melakukan aksi-aksi selanjutnya sampai terwujudnya pengharapan.
.

Manfaat dan Fungsi Afirmasi

manfaat kekuatan afirmasi
Manfaat Afirmasi, Gambar dari Hipnotis.net

1. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Afirmasi positif adalah kalimat positif yang ditujukan kepada diri sendiri untuk berbagai keperluan. Afirmasi ini bisa menumbuhkan rasa percaya diri lebih cepat dan hebat. Setiap orang juga dapat melakukannya karena aktivitas ini sangat sederhana dilakukan dimanapun, kapanpun mau. Dengan mengucapkan pada diri Anda sendiri bahwa Anda merupakan pribadi yang cerdas dan penuh dengan kreativitas positif atau Anda meyakinkan diri Anda bahwa Anda adalah pribadi menarik, berkelas, cerdas maka dengan sendirinya membuat semakin percaya diri.

2. Meningkatkan Kesehatan Tubuh

Rasa senang merupakan penyembuh paling mujarab. Melakukan afirmasi diri sendiri akan sangat berguna ketika Anda dilanda kesakitan berkepanjangan tanpa adanya semangat dari orang-orang terdekat. Beri tahu diri Anda bahwa sudah memiliki karunia sehat dan senang dari sang pencipta kapanpun, dimanapun, maka Anda akan otomatis merasa suasana hati menjadi ringan dan senang. Kesembuhan dirasa akan lebih cepat menjalan keseluruh tubuh dengan melakukannya.

3. Meningkatkan Kenyamanan Diri

Ketika Anda merasa ada yang salah dari diri Anda dan Anda tidak pernah puas terhadap diri sendiri, apapun yang Anda lakukan, berafirmasi positif akan sangat baik. Dengan membayangkan apa yang ingin Anda lakukan atau raih, lalu mengatakan pada diri Anda bahwa Anda akan mencapainya atau Anda akan sukses akan membawa ketenangan dan kenyamanan dalam diri Anda. Setidaknya, katakan bahwa diri Anda sudah melakukan yang terbaik dan bagi orang yang selalu berusaha tidak akan ada kata gagal.

4. Meminimalisir Tekanan Hidup (Stres)

Seperti ketika orang lain menyemangati diri Anda, ada rasa puas dan semangat yang kemudian muncul dari dalam diri. Namun ketika Anda sedang stres tanpa ada orang sekitar yang menyemangati, cobalah untuk berafirmasi positif dengan menyatakan bahwa Anda sudah dan selalu mendapatkan kemudahan dalam setiap apapun proses yang dijalani. Atau, katakan pada diri Anda juga bahwa apapun kebutuhan Anda sudah dan selalu terpenuhi dengan cara yang mudah sehingga Anda tidak perlu lagi merasa stres akan satu pekerjaan atau kondisi yang menyulitkan.


5. Menjadi Pribadi Bahagia

Berafirmasi mengatakan jika diri Anda berhak atas segala kelimpahan, kemakmuran, atau menyatakan bahwa segala usahanya akan terwujud dalam aktivitas sehari-hari akan sangat membawa dampak positif. Percaya atau tidak, kalimat tersebut bukan hanya sekedar isapan jempol belaka melainkan didasari oleh rasa percaya, keyakinan yang besar. Itu akan menjadikan Anda nyama sebagai pribadi yang bahagia sepanjang waktu.


Contoh Afirmasi Positif


Contoh Afirmasi Kesuksesan dan Kaya Raya

“Saya bercita-cita untuk menjadi sukses dan kaya”.
“Pemikiran kreatif saya membukakan pintu menuju keberlimpahan”.
“Yang sekarang saya mimpikan sama dengan kenyataan yang saya raih”.
“Saya tangguh mengemban amanah, optimis, dan cerdas berkarya”.
“Saya yakin sukses seribu kalilipat dari sebelumnya ”.

Contoh Afirmasi Menumbuhkan Sikap Positif

“Saya percaya akan kemampuan saya, mampu mengendalikan diri sendiri, penuh dengan kemandirian dan tekad yang kuat”. 
“Saya memiliki citra diri positif dan memiliki jiwa pendamai”. 
“Saya percaya diri, optimis, dan antusias menatap ke depan untuk menghadapi tantangan-tantangan baru dan muncul sebagai pemenang.”

Contoh Afirmasi Kesehatan Jasmani & Rohani

“Saya adalah penentu nasib saya sendiri, pemimpin jiwa saya”.
“Apapun yang terjadi, kesabaran saya tidak terbatas”.
“Saya lebih percaya diri dan terbebas dari ketakutan”.
“Saya berprilaku bermartabat untuk menghargai diri sendiri dan orang lan”.
“Saya mejalani diet berkala dan berat badan kembali ideal”.
“Segala rasa sakit mulai hilang dan lenyap seketika”.

Contoh Afirmasi Meningkatkan Keerdasan Otak

“Seiring waktu saya semakin cerdas dan cemerlang”.
“Prestasi belajar terus meningkat setiap harinya”.
“Saya berpikir lebih kreatif dan inovatif”.

Contoh Afirmasi Membangun Kewibawaan

“Saya memancarkan aura batin positif serta energi persahabatan yang sempurna bagi semuaorang”.
“Saya mampu bangkit  dengan sendirinya, saya tegar, dan mandiri”.
“Saya berwawasan luas dan kecerdasan”.
“Saya seorang manusia berwibawa tinggi dan karismatik”.
“Saya adalah pemberi solusi disaat tepat”.

Contoh Afirmasi Menghilangkan Stress

“.Saya merasa tenang
“Saya merasa tenang dengan diri sendiri, dengan dunia dan dengan setiap orang yang ada di sekeliling saya jiwa dan  raga”.
“Saya begitu tenang, rileks dan damai dalam harmoni juga memiliki keseimbangan mantap”.
“Relaksasi sesungguhnya adalah milik saya”.
“Saya rileks, saya sungguh rileks”.

langkah mudah melakukan afirmasi positif
Gambar dari Ninchanese.com

Tips:
Pilih salah satu dari cara berikut untuk menggunakan afirmasi dalam setiap aktivitas dalam hidup Anda. 

Pilih satu kata afirmas.Tuliskan pada kertas lalu baca dengan keras menjalang waktu tidur.
Ucapkan dengan lantang untuk diri sendiri di kamar mandi, ditaman, dilapangan.
Ucapkan afirmasi secara bisik-bisik untuk diri sendiri jika berada dalam situasi mendesak
Tulis pada secarik kertas kemudian simpat ditempat yang sering terlihat, seperti pada dinding di samping tempat tidur, lemari pakaian, dekat cermin kamar mandi, atau pada dashboard mobil.
Tulis kalimat afirmasi tersebut dalam buku catatan harian atau menulisnya lewat blog pribadi Anda.

Terapkan dan nikmati proses tersebut pada setiap kesempatan lalu rasakan perubahan demi perubahan positif kehidupan Anda! Sampai juga dipenghujung artikel kali ini terkait berbagai jenis afirmasi lengkap dengan manfaatnya untuk mengembangkan potensi mewujudkan segala harapan, impian terbesar dari diri Anda. Selamat mencoba!

Menikmati Keeksotisan Hotel Kamandalu Ubud Gianyar Bali

Menikmati Keeksotisan Hotel Kamandalu UbudAda satu Hotel di Bali yang buat aku jatuh cinta, yaitu Hotel Kamandalu Ubud. Hotel ini merupakan hotel berbintang lima yang cukup populer di kalangan wisatawan. Saat aku berencana ke Bali aja, aku sudah mengantisipasi untuk mem-booking kamar hotel ini lewat situs Traveloka, karena aku yakin banget kalau udah waktu liburan, nggak menutup kemungkinan aku bakal kehabisan kamar, penuh dengan pengunjung.

Kemewahan dan keeksotisan hotel Kamandalu Ubud inilah yang membuat aku jatuh hati. Bayangkan saja, tatanannya yang begitu elegan dengan perabotannya yang cukup mewah akan memanjakan diri kita saat berlibur di sini. Nggak akan nyesel deh kalau memilih hotel yang satu ini.

kamandalu hotel bali
Sumber gambar: Traveloka.com
Saat pertama kali memasuki hotel ini, terlihat sekali bahwa hotel Kamandalu Ubud adalah hotel yang sangat berkelas. Desain bangunannya pun sangat unik namun tertata rapi dan elegan. Jika dilihat dari atas, ternyata hotel ini seolah terdapat dua kapal pesiar yang ada di bangunan paling atas. Dengan kolam renang yang cukup luas menambah kesan unik yang menjadi daya tarik tersendiri.

Saat memasuki kamar, aku sunggu terkesan dengan perabotannya yang cukup unik namun elegan. Terdapat juga beberapa hiasan meja berupa bunga yang menmbah kesan cantik pada setiap kmaarnya. yang paling aku sukai ialah pencahayaannya yang begitu bagus. Dari jendela pun kita dapat melihat pemandangan yang luar biasa.

kamandalu hotel bali
Sumber gambar: Traveloka.com
Adapun semacam ruang tamu yang dapat digunakan untuk ngobrol santai bersama keluarga. Aku suka banget sama desain interiornya. Simple, tapi nuansa elegan tetap dominan. Perabotan yang diunakan pun sangat unik dan pas banget buat tatanan yang begitu rapi di sini.

Aku dan keluargaku saat itu menjadikan tempat ini arisan keluarga. Pas banget. Ruangannya yang cukup luas dapat menampung seluruh anggota keluarga. Sambil bersantai dan menikmati suasana hangat keluarga.

kamandalu bali
Sumber : Traveloka.com
Lokasi yang paling aku sukai dari hotel Kamandalu Ubud ini ialah kolam renang. Tentu aku nggak akan melewatkan kesempatan untuk berenang di sini. Bahkan aku inget banget saat berlibur di sini, aku berenang di malam hari, meskipun sebenarnya dilarang untuk berenang malam-malam.

Kolam renangnya cukup luas dengan suasana yang begitu asri. Banyak pepohonan rindang yang mengelilingi kolam, sehingga suasana lebih indah dan juga menenangkan.

 
fasulitas kamandalu ubud bali
Sumber : Traveloka.com
Aku pun juga betah banget berjam-jam di area kolam renang. Kita dapat duduk di kursi santai yang tersedia di sini. Jejeran kursi santai yang cukup nyaman dengan payung yang melindungi kita dari sinar matahari. Ada juga semajam joglo yang bisa digunakan untuk ngobrol bareng keluarga.

Habis renang aku menyempatkan diri untuk relaks dengan mencoba fasilitas pijat yang disediakan. Ruangan pijat dan spa yang ada di hotel ini begitu nyaman, karena berada di lantai atas, kita yang berada di sini dapat menikmati pemandangan hijau yang ada di luar.

Suasana Kamar Hotel Kamandalu  via Traveloka.com
Hotel ini juga bener-bener recommended banget buat yang ingin berbulan madu, karena apa? Di sini terdapat tempat-tempat yang indah dan romantis. Salah satunya restorannya yang elegan dengan nuansa romantis, sangat pas untuk sepasang kekasih yang dinner berdua. Tapi bisa juga untuk dinner keluarga.

Sumber Gambar: Traveloka.com
Untuk hidangannya, jangan di tanya. Yang pasti sangat berkelas. Setiap hidangan makanan yang disajikan memiliki cita rasa yang lezat, dengan pelayanannya yang cukup ramah dan cepat. Tapi kalau sudah ramai, mungkin harus sabar menunggu sedikit lebih lama. Dengan iringan live music, kita bisa sambil mengobrol santai bersama keluarga maupun kekasih, jadi nggak begitu bosan menunggu hidangan datang.

Selain menikmati hidangan kita juga bisa menikmati keeksotisan suasana malam di sekitar restoran hotel. Banyak sekali lampu hias yang menjadi penerang saat berjalan-jalan sekitar hotel di malam hari. Yang intinya, hotel ini sangat nyaman dan memuaskan.
Mungkin kalau aku liburan lagi ke Bali, tepatnya Ubud, aku nggak akan pernah bosan untuk menjadikan hotel Kamandalu Ubud ini sebagai pilihan utamaku. 

Artikel dari Sponsor

10 Cara Dahsyat Mencari Inspirasi Menulis yang Perlu Anda Ketahui

Mencari Ide Menulis - Tidak adanya ide atau inspirasi menulis kerap kali menjadi alasan bagi sebagian blogger ketika hendak menulis artikel pada blognya. Hal tersebut sering saya temui saat sedang melakukan Blogwalking ke beberapa blog-blog yang memang sudah lama tidak melakukan update artikel. Padahal inspirasi menulis sudah tersedia disekitar kita, dilingkungan tempat tinggal, dijalanan, sebenarnya bisa menjadi sumber terciptanya suatu tulisan menarik. Hanya dibutuhkan sedikit sentuhan kreatifitas dan inovasi dari sang penulisnya saja dengan begitu tidak mustahil menjadi penulis hebat.

cara mencari ide dan inspirasi menulis blog
Cara Mencari Inspirasi Menulis

Tips Mencari Inspirasi Menulis


Untuk  itu, berikut  10 cara mencari ide menulis artikel blog. Sebagian besar hasil pengalaman selama ngeblog, sebagian lain hasil pengamatan dari blogger senior yang kemudian dikemas dengan bahasa lugas, ringan serta mudah dilakukan oleh Anda. Harapannya tentu saja jangan sampai blog Anda mati suri akibat terbengkalai tanpa adanya pembaruan artikel.

1. Googling atau Browsing

Menari informasi lewat internet sudah menjadi gaya hidup orang kebanyakan. Hampir semua handphone telah memiliki fitur canggih untuk memudahkan penggunanya melakukan browsing. Jadikan aktivitas Anda di dunia maya sebagai suatu hal yang produktif, jangan hanya sekedar untuk update status "tak mutu" bukannya mengumbar aib. Banyak inspirasi dan ide yang bisa diformulasikan menjadi sebuah tulisan ketika Anda browsing internet.

2. Sambil Jalan-jalan (Traveling)

Setiap kali Anda bepergian bahkan kalau itu hanya sekedar jalan-jalan di akhir pekan, buatkan jurnal tentang berbagai peristiwa dalam perjalanan Anda tersebut. Buka mata Anda dan perhatikan hal-hal baru yang selama ini luput dari perhatian Anda. Buat catatan singkat tentang hal-hal yang baru dan berkesan tersebut.

3. Diskusi atau Obrolan Ringan

Mendengarkan di sini bukan berarti Anda "kepo" dengan permasalahan orang lain. Tetapi ketika berada di keramaian, di atas kendaraan umum, atau ketika mengunjungi taman-taman kota. Pelajari dan amati cara orang berbicara dan bagaimana mereka memandang suatu permasalahan hidup. Mengolah hasil pengamatan tersebut bisa Anda jadikan bahan untuk tulisan baru dengan melihat dari sudut pandang Anda sendiri.

4. Membaca Tanda Alam Sekitar

Bersantai di pematang sawah sambil menikmati riuhnya angina sore biasa saya lakukan disela-sela istirahat menulis. Atau hanya sekedar duduk dipinggir jalan sembari ngopi-ngopi bersama kawan bisa menjadi jalan terciptanya ide menulis. Alam semesta selalu menghadirkan keindahan untuk kita nikmati dari berbagai sisi. Syukuri apa yang sudah Anda dapari dari kebaikan semesta, kemudian biarkan nurani menelusuri milyaran inspirasi secara alami.

5. Rajin Membaca Buku

Banyak membaca adalah modal penting menjadi penulis hebat. Sebab ada pepatah mengatakan “Buku adalah Jendela Dunia. Semakin rajin membaca semakin banyak pula wawasan tentang sesuatu sehingga akan muncul ide-ide baru untuk ditulis kembali menjadi informasi yang relevan dengan kondisi sekarang. Perbendaharaan kata akan bertambah banyak dan semakin baik melalui kebiasaan membaca. Hal tersebut menjadi nilai tambah kepada kualitas tulisan Anda kedepannya.

6. Mulai Membuka Kamus

Ketika kehabisan ide, mulailah membuka kamus kemudian pilih beberapa kata secara acak. Cobalah meracik suatu formula baru dari kata-kata hasil pilihan tersebut. Bermula dari konsep dasar sederhana namun selalu benar: Tidak ada batasan dalam berkreatifitas. Juga tidak ada aturan baku soal cara berpikir. Setelah itu Anda akan terkagum-kagum melihat bagaimanca cara ini berhasil.

7. Nonton Film Inspiratif

Film tidak hanya sebatas tontonan semata, melainkan banyak tuntunan berharga didalamnya. Selalu terdapat kisah-kisah inspiratif yang melatarbelakangi terciptanya sebuah film. Bagaimana sang pembuat film ketika mengangkat alur ceritanya ke layar lebar itu kemudian bisa Anda pelajari untuk bahan tulisan. 

8. Mendengarkan Musik

Musik membuat suasana hati menjadi lebih rileks, terlebih jika mendengarkan lagu dari penyanyi favorit Anda. Musik instrumental juga cukup baik mendukung terciptanya suasana berbeda saat mendengarnya. Tak jarang melalui musik yang sering didengarkan akan muncul ide-ide kreatif untuk dituangkan menjadi bahasa tulisan unik

9.  Membawa Catatan Kecil

Bawalah catatan kecil dan pena ke manapun anda bepergian. Dengan cara itu saat anda mendapatkan ide anda bisa segera menuliskannya. Suatu saat nanti saat membaca ulang catatan tersebut maka anda mungkin saja menemukan 90% dari ide anda masih berbentuk draft. Tidak usah khawatir. Yang perlu Anda lakukan adalah memaksimalkan 10% sisanya agar hasil kreasi Anda lebih sempurna.

10. Metode Brainstorming

Melakukan brainstorm dengan baik dipercaya mampu menghadirkan lebih banyak ide-ide kreatif dan segar. Bahkan tak hanya sampai disitu, Anda akan mampu memilah mana yang terbaik dari ide tersebut. Cobalah pejamkan mata Anda sejenak, kemudian fokus membayangkan objek tertentu selama beberapa menit. Pertajam bayangan objek tersebut sedetail mungkin, setelah itu akan terasa terasa lebih rileks. Pada keadaan seperti itulah biasanya ide cerdas muncul ke permukaan dengan sendirinya. Selamat mencoba!

Demikianlah pembahasan kali ini tentang 10 Cara Dahsyat Mencari Ide Menulis. Semoga pemaparan diatas bisa memberikan manfaat bagi Anda terutama yang memilik tekad kuat menjadi penulis profesional. Tentu masih banyak cara lain diluar sana yang belum sempat saya ketahui . Untuk itu, silakan jika mau menambahkan tips-tips menulis melalui kolom komentar  dibawah. Jangan lupa berbagi kepada teman-teman jika dirasa tulisan ini bermanfaat. 

Comming Terms,

Artikel Rekomendasi

Blogging

More »

Bisnis

More »