10 Cara Mudah Meningkatkan Kecerdasan Anda, Penasaran Ingin Mencoba?

cara mudah tampil lebih cerdas

anwariz.com | Tips Menjadikan Anda Lebih Pintas dan Cerdas - Kecerdasan ternyata tidak bawaan dari lahir lho.. Semua itu bisa dilatih dengan membiasakan hal-hal yang akan membuat Anda lebih pintar berikut ini. Mungkin kalian mengira bahwa si A terlahir pintar dan si B terlahir bodoh bukan? Untuk mematahkan asumsi tersebut baca selengkapnya.


Faktanya kecerdasan seseorang bisa ditingkatkan. Itu artinya pemikiran semacam itu sudah jelas-jelas tidak benar. Pola pikir kita sangat tergantung kepada asuman pada otak itu sendiri. Tentu saja hal tersebut akan berpengaruh juga kepada bagaimana cari pandang kita terhadap suatu peristiwa yang terjadi di lingkungan sekitar.

Naah, berikut ini setidaknya ada 10 cara mudah membuat diri Anda semakin cerdas dalam kegiatan sehari-hari dari sebelumnya. Sangat layak di coba agar otak Anda tetap terjaga dari kontaminasi negatif dari luar. Ulasan ini memang sudah banyak beredar di dunia maya, namun kali ini saya akan mencoba menyajikannya dari sudut pandang berbeda dengan sedikit masukan-masukan dari saya pribadi. Untuk itu mari kita langsung saja meluncur ke pokok bahasan. Selamat membaca!

Penasaran dengan 10 hal yang bikin Anda semakin pintar dan cerdas? Oke check this out!


Pertama, Perbanyak Durasi Waktu Membaca

Pernahkah mendengar kata-kata bahwa membaca akan meningkatkan kecerdasan Anda? Ya, istilah seperti itu mungkin sudah tidak asing lagi ditelinga Anda. Saat ini membaca tidak hanya terpatok pada buku-buku tebal di lemari atau perpustakaan saja. Bisa membaca online, membaca komik, membaca apa saja yang sekiranya berguna bagi Anda. 

Setelah itu jangan hanya membaca lalu pergi, tapi coba pahami intisari dari materi tersebut. Setidaknya jika Anda minimal bisa menyelesaikan membaca 5 buku saja dalam sebulan, maka dalam setahun sudah 60 judul buku yang telah dibaca. Hal tersebut tentu saja akan memicu perkembangan otak dan hasilnya tentu tidak akan sama dengan mereka yang tidak membaca sama sekali dalam kurun waktu tertentu. 

Kecerdasan orang yang rajin membaca akan jauh lebih tinggi tingkatannya. 60 buku dalam satu tahun, bayangkan jika dalam waktu sepuluh tahu kedepan, seperti apa kira-kira wawasan Anda? Wow… Luar biasa hebat! 

Itupun baru dari membaca buku saja, belum dari aktivitas membaca lainnya. Misal, setiap hari membaca beberapa artikel di internet. Hal tersebut akan menambah wawasan dikemudian hari. Selamat membaca!

Kedua, Tuliskan Hal yang Baru Anda Pelajari

Kemampuan otak akan semakin meningkat ketika kita menulisan hal-hal yang pernah atau sedang dipelajari. Untuk itu menuliskannya setiap hari adalah langkah bijak. Coba saja perlahan menuliskan tentang apa saja hal baru yang Anda pelajari hari ini. Seperti pepatah orang bijak, “Menulis adalah cara mengikat ilmu agar tidak kabur-lepas”. Membiasakan diri menuliskan hal baru setelah dipelajari membuat kecerdasan otak semakin terdongkrak. Ayo menulis!

Ketiga, Mempelajari Bahasa Baru

Menguasai bahasa baru memang bukan pekerjaan mudah, namun akan lebih kesulitan jika tidak menguasainya sama sekali. Terlatihnya cara berpikir adalah salah satu dari keuntungan mempelajari bahasa baru, tanpa melupakan bahasa keseharian tentunya. Semakin kaya penguasaan kosakata baru dari bahasa asing tersebut membuat pola pikir Anda lebih terbuka dalam menyikapi berbagai permasalahan yang ada. 


Misalnya saja belajar menguasai bahasa inggris dalam satu hari. Memang terkesan tidak mungkin tapi setelah dicoba dan terbiasa hal itu tidak akan lagi menjadi masalah. Saatnya membuktikannya sendiri di rumah. Membaca kata demi kata bahasa inggris minimal 10 kata saja, maka sebulan sudah 300 kata terkuasai, dan jika dalam kurun waktu setahun, dua tahun dan seterusnya konsisten belajar bahas baru itu dijamin akan menambah perbendaharaan kata yang berguna di kemudian hari.

Keempat, Memanfaatkan Waktu untuk Belajar Online

Setiap hari kita memungkinkan untuk terhubung ke jaringan internet selama 24 jam penuh. Kebiasaan itu sudah lumrah dilakukan kebanyakan orang di jaman sekarang. Misalnya saja ketika posting sesuatu di akun media sosial seperti Facebook, Twitter, Intagram dan bahkan sekarang banyak juga Youtuber yang mengunggah video pribadinya dengan tujuan hiburan semata. 

Kegiatan seperti demikian memang tidak salah jika dilakukan dengan bijak dan sewajarnya saja. Sebab, di internet sekarang ini banyak sekali konten-konten berkualitas sehingga sangat sayang jika tidak dimanfaatkan sebagai sarana menambah ilmu pengetahuan. Bisa belajar dari beragam artikel berkualitas, atau sekedar menonton tutorial melakukan sesuatu via Youtube sekiranya akan lebih berguna bagi meningkatkan kinerja otak Anda selain mendapat positif secara langsung dari tontonan maupun bacaan itu sendiri. 

Intinya, lebih bijak menggunakan waktu Anda untuk sekedar berselancar di dunia internet. Jangan sampai waktu terbuang begitu saja tanpa mendapatkan apa-apa. Manfaatkan teknologi internet sebagai sarana belajar online sesuatu yang berguna.

Kelima, Melakukan Kegiatan Baru Secara Random

Dengan melakukan aktivitas baru dluar kebiasaan sehari-hari juga memicu meningkatnya kecerdasan Anda. Untuk itu tidak ada salahnya mencoba hal-hal baru secara acak, entah apapun itu yang penting kegiatan postif. Karena tidak menutup kemungkinan mendapat pengalaman berharga dari aktivitas baru dan bisa jadi sangat berguna bagi kegiatan saat ini. Untuk membaca selengkapnya tentang manfaat belajar hal baru setiap hari silakan bace artikel berikut: Belajar jadi Pembelajar

Keenam, Membuat Catatan Kecil Apa yang Telah Anda Lakukan

Menciptakan media sebagai pengingat atau mengatur segala kegiatan harian Anda dengan membuatkan catatan tentang apa saja hal-hal yang akan dilakukan dan apa saja hal yang sudah dilakukan sehari, semingu, atau sebulan terakhir. Demikian itu sangat berguna melatih diri agar disiplin, efisiensi, serta efektivitas. 

Membuatkan daftar kegiatan, acara, aktivitas disinyalir menjadikan rasa percaya diri tumbuh begitu pesat. Dan tingkat kepercayaan diri itulah yang akan membuat kecerdasan semakin baik dan lebih baik lagi. Silakan coba sendiri dan rasakan perbedaannya setelah membuat daftar aktivitas dengan sebelumnya. Selamat mencoba!

Ketujuh, Mencoba Permainan Berkualitas

Pada awalnya permainan diciptakan memang sebagi media hiburan semata agar jauh dari rasa stres. Namun seiring perkembangan jaman, kini telah banyak jenis permainan yang tidak hanya berdampak pada menghibur semata melainkan dapat mengasah otak menjadi semakin cerdas. 

Misalnya saja bermain rubik, selain melatih keterampilan tangan juga menuntut otak untuk berpikir lebih keras. Jika dilakukan secara berkesinambungan akan membuat kualitas otak semakin membaik.

Kedelapan, Bergaul dengan Orang-orang Cerdas

Jika Anda merasa tidak percaya diri ketika bergaul dengan orang-orang yang memiliki kecerdasan di atas rata-rata, maka sebaiknya mulai saat ini perasaan tersebut harus perlahan hilang dari pikiran Anda. Justru malah sebaliknya, harus bahagia ketika memiliki orang-orang cerdas disekitar karena dengan begitu akan banyak sekali ilmu dan pengalaman mereka yang bisa Anda ambil darinya. Kehadiran mereka patut disyukuri sebab merekalah media belajar terbaik bagi Anda. Kecerdasan mereka bisa jadi akan di transfer menjadi kecerdasan Anda ketika semakin sering bergaul dengan mereka.

Kesembilan, Mencoba Menjelaskan Hal Kepada Mereka

Menjelaskan sesuatu kepada orang lain, sama halnya dengan Anda sudah menguasai apa yang dijelaskan tersebut. Ketika Anda membaca sesuatu hal baru lalu menceritakannya kembali kepada orang lain berarti memori otak sudah menyimpan informasi tersebut. Ini adalah proses untuk memastikan Anda memang memahami tentang hal yang sudah sipelajari. 

Mencoba menjelaskan suatu hal bermanfaat kepada orang lain menggunakan bahasa Anda sendiri akan membuat kecerdasan meningkat. Disamping itu rasa percaya diri pun dengan sendirinya menjadi milik Anda. Tidak perlu sungkan bercerita di hadapan orang lain. Selamat mempraktikannya!

Pamungkas, Ketenangan Bisa Meningkatkan Daya Pikir

Kesibukan aktivitas keseharian terkadang membuat fisik dan mental menjadi lelah. Itu artinya diperlukan waktu untuk melakukan penyegaran kembali, merecovery kekuatan mental dan fisik secara berkala. Setidaknya luangkan waktu sejenak untuk duduk santai, berbaring sejenak sambil merenungi berbagai pengalaman, kejadian disekeliling sebagai bentuk menenangkan diri dari berbagai hiruk pikuk kesibukan. 


Hal ini akan membuat Anda semakin tenang dalam menghadapi berbagai problematika kehidupan yang ada. Ketenangan akan mebuat otak berpikir jernih sehingga lebih efektif dalam bertindak.

Demikianlah ulasan mengenai 10 Hal yang Membuat Anda Lebih Cerdas di atas. Sudah terbukti bahwa hal-hal sederhana di sekitar kita dapat menjadikan kita lebih pintar, semakin cerdas dalam bersikap dan bertindak. Harapannya setelah membaca 10 poin tersebut bisa membuat hari Anda lebih baik dari hari kemarin. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi banyak orang yang membacanya. 

Untuk itu jangan sungkan membagikan (SHARE) postingan ini ke rekan-rekan Anda di media sosial agar manfaatnya bisa mereka rasakan pula. Terimakasih!

0 komentar

Post a Comment