Saturday, September 17, 2016

1 Hari Lancar Bahasa Inggris, Mungkinkah? Berikut Cara Latihan Cepat Mahir

Cara Belajar Bahasa Inggris Mudah dan Cepat

Sebenarnya apa sih rahasianya belajar bahasa inggris, atau bisa berbahasa Inggris dalam waktu cepat? Dari beberapa literatur yang saya baca ternyata ada teknik rahasia tertentu ketika ingin cepat menguasai dasarnya. Bahasa Inggris itu mudah kalau dibarengi dengan cara belajar bahasa inggris yang benar


belajar bahasa inggris otodidak itu mudah
Belajar Bahasa Inggris Otodidak
Dijaman serba canggis seperti saat ini, bahasa menjadi modal penting guna menghadapi persaingan kerja. Dengan menguasai bahasa inggris (bahasa internasional) maka sedikit banyak akan membantu Anda dalam melakukan interaksi di masyarakat. Bahkan sekarang anak-anak kecil sampai kakek-kakek penjual sate pun pandai berbahasa inggris. Itu suatu anugerah dan patut disyukuri. Akan tetapi, mereka pasti tidak langsung bisa menggunakan bahasa inggris begitu saja melainkan berkat kemauan disertai usaha keras mempelajarinya. 

Penulis bukan pakar bahasa inggris, malah bisa dibilang masih ancur-ancuran. Hanya saja keinginan untuk belajar bahasa inggris yang mengantarkan saya menulis artikel ini. Berangkat dari pengalaman belajar bahasa inggris otodidak mudah-mudahan bisa memberi manfaat kepada Anda pembaca setia. 

Daripada penasaran apa saja rahasia mudah belajar bahasa inggris? Mari langsung bahas satu demi satu langkahnya. Jika Anda sedang akan mengikuti Ujian Keterampilan Bahasa Inggris, rasanya cara ini cocok digunakan. Berikut ini cara belajar bahasa inggris mudah versi Anwariz.com:

Mendengarkan Lagu Bahasa Inggris
Dengarkan saja lagu-lagu berbahasa inggris kesukaan Anda setiap hari karena saya yakin hampir semua orang suka musik. Tanpa disadari dengan cara tersebut sudah pandai mendengarkan bahasa inggris (listening) hanya dalam waktu singkat.

Coba dengarkan lagunya berulang kali sambil menerka kata-kata apa saja yang dilapalkan sang penyanyi. Setelah itu baru buka lirik lagu aslinya kemudian bandingkan dengan hasil pengamanan telinga tadi. Lakukan evaluasi apakan benar? Jika masih banyak kesalahan, tidak sesuai dengan text lirik aslina ulangi lagi. Akan ada banyak kosakata dapat dikuasai melalui teknik seperti diatas.

Menonton Film Luar Negeri

Ketika menonton film barat sebaiknya hilangkan subtitle bahasa indonesianya. Namanya juga sedang belajar mau tidak mau harus dilakukan jika ingin bisa. Sudah saatnya membiasakan hidup dikelilingi bahasa inggris. Pelajari bahasa tubuh dari pemeran film tersebut jika mengalami kesulitan menerka kalimat percakapannya. 

Cara itu dilakukan guna membiasakan diri, sebab ketika berbicara langsung kita tidak menggunakan subtitle bukan?!. Latihlah secara berkesinambungan sampai pada saatnya memahami maksud percakapan dari adegan filmnya. Menonton film berbahasa inggris membuat Anda semakin lebih baik dan cepat menguasainya.

    
Latihan Membaca Kosakata

Jika membaca kosakata saja sudah malas, bagaimana bisa cepat menguasai bahasa inggris?! Pada intinya hilangkan rasa malas membaca kosakata (vocabulary) sebab itulah kuncinya. Mengenal kosakata bahasa inggris tidaklah sulit asalkan mau berlatih. Belajar bahasa tanpa latihan sama saja bohong..!

Belajar bahasa inggris tidak harus memakan waktu lama bahkan bertahun-tahun. Pelajari kosakata dalam kehidupan sehari-hari menggunakan bahasa inggris, itu sudah cukup melatih bahasa inggris dalam satu hari. Sudah bisa dijamin akan fasih melapalkan kosakata hanya dalam satu hari.


Menulis Menggunakan Bahasa Inggris

Jangan pernah merasa minder ketika harus menuliskan sesuatu dalam bahasa inggirs. Mulai saja menuliskannya menggunakan bahasa inggris agar tangan terbiasa dengan kalimat-kalimatnya. Sebagai contoh, cobalah menulis pesan singkat (SMS) ke teman pakai bahasa inggris, membuat status Facebook gunakan bahasa inggris, atau membuat kalimat percakapan sederhana dan sebagainya.





Melakukan latihan ini seharian akan mendapatkan hasil lebih cepat. Setelah melakukan strategi cepat selama satu hari akan terjadi perubahan dalam cara menuliskan kosakata. Kemajuan berbahasa inggris Anda akan semakin terlihat setelah rutin melakukan cara seperti diatas. Pada dasarnya bahasa inggris adalah komunikasi. Semakin sering melakukan semakin cepat menguasai. 

Berbicara Menggunakan Bahasa Inggris

Ketika Anda ingin cepat bisa belajar bahasa Inggris dalam waktu singkat, tetapi tidak mau belajar selama seharian. Tentu saja tidak cukup jika hanya mengandalkan jam pelajaran bahasa di sekolah. Tetap harus dibarengi oleh latihan diluar jam bahasa inggris sehingga lebih cepat bisa.

Praktekkan berbicara bahasa inggris secara total kepada siapa saja dan dimana saja di hari itu. Ajak lawan bicara seperti teman untuk mendampingi mengawali percakapan. Anggap setiap orang disekitar sebagai orang pandai bahasa inggris, sehingga diwajibkan berbicara dengan bahasa Inggris. Ketika berbicara dalam hati pun sebaiknya gunakan bahasa inggris sebagai latihan.

Konsisten Berlatih!!

Jika Anda sudah melakukan tips-tips diatas setiap hari, dijamin akan cepat bisa menguasai bahasa Inggris. Pada dasarnya belajar bahasa Inggris itu untuk berkomunikasi dalam kehidupan bermansyarakat. Ketika satu hari saja sudah bisa menggunakan bahasa inggris, maka kedepannya tidak akan canggung ketika harus berbicara bahasa inggris dengan orang asing sekalipun.

Demikianlah ulasan mengenai Belajar Bahasa Inggris Otodidak semoga dapat memberi manfaat kepada Anda yang sedang ingin mahir berbahasa inggris walau tidak mengikitu kursus bahasa inggris sekalipun. Kuncinya adalah belajar dan berlatih. Selamat mencoba!
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner