Evolusi Teknologi Lampu Pijar, Pendar, hingga Lampu LED

Perkembangan Teknologi Lampu dari Lampu Pijar, Lampu Pendar, sampai LED

perkembangan lampu pijar samapi lampu LED
Evolusi Teknologi Lampu. Sumber: http://tapakpakulangit.wordpress.com
anwariz.com | Evolusi Teknologi Lampu dari Masa ke Masa - Selain menghadirkan inovasi-inovasi yang semakin memudahkan Anda menjalani hidup, teknologi juga terus bergerak menghasilkan produk-produk yang mengonsumsi lebih sedikit energi listrik. Salah satu contohnya adalah teknologi lampu yang tidak tinggal diam dan terus berinovasi mencari cara menghemat listrik bagi konsumen.

Tiga teknologi lampu yang paling utama adalah lampu pijar (kadang berisi halogen), compact fluorescent lamps (CFL), dan light emitting diode (LED). Lampu pijar hadir terlebih dulu disusul CFL dan LED. Dua tipe yang terakhir merupakan hasil inovasi yang lebih hemat energi dibanding lampu pijar. Mari kita lihat karakteristik setiap jenis lampu tersebut.

Lampu Pijar

Bisa dikatakan sebagai lampu konvensional, lampu pijar berupa bohlam memiliki filamen yang memancarkan cahaya karena suhu tinggi yang dihasilkan aliran listrik. Lampu pijar juga hadir dalam bentuk lampu pijar halogen yang berciri keberadaan kapsul kaca kecil di dalam bohlam. Selain berisi filamen, kapsul kaca tersebut juga berisi gas halogen yang berfungsi memperpanjang masa pijar filamen.

Lampu pijar masih beredar luas di Indonesia karena paling murah walaupun paling boros listrik. Energi listrik yang dikonsumsi sebuah lampu pijar selama masa pakainya setara dengan 5-10 kali harga lampu pijar itu sendiri. Uni Eropa, Cina, Amerika Serikat, dan Kanada sedang dalam proses menghentikan pemakaian lampu pijar secara bertahap. Sedangkan Kolombia, Kuba, Meksiko, Argentina, Brasil, dan Australia telah melarang penggunaannya sama sekali.

Lampu Pendar CFL

Pada dasarnya, CFL merupakan lampu pendar (neon) yang berbentuk bohlam biasa atau sering kali berbentuk spiral. Berbeda dibanding neon tabung panjang, CFL dipasang dengan metode ulir seperti bohlam biasa. CFL berisi gas merkuri dalam jumlah kecil sehingga harus dibuang secara aman setelah habis masa pakainya.

CFL berkualitas mengonsumsi hanya sekitar seperempat energi yang dikonsumsi lampu pijar dan tahan sepuluh kali lebih lama. Mengganti lampu pijar dengan CFL yang berkekuatan cahaya sama bisa menghemat sekitar Rp17.500 per tahun per lampu atau sekitar Rp1.225.000 sepanjang masa hidup lampu tersebut. Sebagian orang memilih CFL sebagai cara menghemat listrk karena tidak seboros lampu pijar tetapi tidak semahal LED.

Lampu LED

Teknologi lampu LED berkembang sangat pesat. Berbagai bentuk bohlam LED tersedia di pasaran karena elemen LED-nya sangat kecil dan fleksibel. Secara alami LED memancarkan cahaya satu arah, tetapi dalam perkembangannya LED telah diproduksi sedemikian rupa sehingga mampu memancarkan cahaya ke segala arah seperti lampu pijar. Kini lampu LED pun bisa dipasang di instalasi lampu biasa berbentuk ulir. 

Baca juga: 
Trend Teknologi Informasi 2017

Dalam jangka panjang, lampu LED jauh lebih hemat energi daripada CFL. Lampu LED menggunakan hanya 20%-25% energi listrik yang dikonsumsi lampu pijar dengan kekuatan cahaya sama dan bisa bertahan sampai 25 kali lebih lama. Mengganti lampu pijar dengan lampu LED berkekuatan cahaya sama bisa memangkas tagihan listrik sekitar Rp612.500 per tahun per lampu. Dengan inovasi teknologi LED yang terus diperbaiki dan kapasitas produksi lebih besar, lampu LED akan semakin murah dan dapat diandalkan sebagai cara menghemat listrik.

Beberapa keunggulan lampu LED:

- Tahan hingga 10 kali lebih lama daripada CFL dan hingga 25 kali lebih lama dibanding lampu pijar.

- Lebih awet dan tahan guncangan karena tidak memiliki filamen yang mudah putus seperti pada lampu pijar.

- Tidak mengakumulasi panas sehingga tidak menyebabkan ruangan panas.

- Bebas merkuri.

- Efisien memanfaatkan energi surya karena lampu LED hanya memerlukan daya kecil sehingga bisa ditempatkan di lokasi-lokasi terpencil yang sulit dijangkau jaringan listrik.


Demikian ulasan tentang perkembangan lampu dari masa ke masa. Mulai dari lampu pijar, kemudian lampu pendar, sampai sekarang dikenal lampu LED yang telah menerangi malam kita. Semoga bisa menambah wawasan kita semua. Jika dirasa bermanfaat, jangan sungkan membagikan postingan ini ke media sosial favorit Anda. Terimakasih


Penulis Tamu
Nama: Ady Nugroho, from Situs: Cleanipedia

0 comments

Posting Komentar

Kami tunggu saran dan kritik via kolom komentar