Ini Dia Manfaat Belajar Hal Baru Setiap Hari, Ayo Belajar!!

belajar menjadi pembelajar

Belajar Bagaimana Caranya Belajar

anwariz.com - Belajar Bagaimana Caranya Belajar. Pernahkan Anda menyadari bahwa anak kecil  itu sangat menakjubkan?. Menaktubkan dalam hal apa? Mereka selalu bersemangat untuk mempelajari lebih lanjut tentang sesuatu sehingga rasa penasarannya terjawab dan terpenuhi. 




Namun, sayang sekali kebiasaan hebat anak-anak ini tidak selalu terjaga sampai mereka tumbuh dewasa bahkan cenderung ditinggalkan. Disadari maupun tidak, hal ini akan berdmpak negatif terhadap perkemangan kedewasaan setiap kita sebab cenderung akan cepat lupa (pikun) jika kebiasaan tersebut benar-benar terlupakan.

Seorang bijak, Henry Ford pernah berkata: "Siapa yang berhenti belajar adalah tua, siapapun yang tak pernah berenti belajar maka akan tetap menjaga dirinya tampak berjiwa muda, berpikir untuk tetap muda tak peduli berapapun usia mereka..." Bagaimana dengan Anda, masih merasa muda atau sebaliknya sudah tua renta?

Manfaat Belajar Sebagai Pembelajar


cara belajar anak
Anak Kecil yang Menakjubkan
Mendengar kata belajar mungkin sudah tidak terasa asing lagi di telinga semua orang dan hamoir dibuat "Alergi" ketika mendengarnya. Karena yang terbayang dibenak semua orang adalah setumpuk buku-buku super tebal berada di hadapan mereka untuk di santap dan dipelajari semuanya, sangat membosankan sekali. Kenapa orang-orang trsebut merasa bosan dengian orang-orang tersebut yang berasumsi bahwa mereka sudah lama lulus sekolah, jadi untuk apa belajar. Orang seperti itu berfikir demikian karena mereka tidak melihat atupun belum merasakan super manfaat dari makhluk bernama "BELAJAR".

Begitupun dalam dunia kerja, dunia usaha, belajar merupakan suatu tuntutan. Tanpa belajar, pelaku usaha akan terasa bahwa usahanya akan jauh tertinggal dan tergerus oleh kompetitor, karena proses belajar menumbuhkan inovasi, inovasi melahirkan perubahan positif yang dibutuhkan bagi kemajuan usahanya. Waktu belajar ekstra cepatpun perlu dilakukan agar tidak tertinggal oleh melesatnya persaingan dunia usaha.

Belajar, belajar, teruslah belajar karena sebenarnya cukup mudah melakukannya. Semua tentang bagaimana caranya membiasakan diri tetap menjadi pembelajar hingga kapanpun. Di jaman serba canggih seperti sekarang ini tidak harus selalu berada di sekolah, setiap saat menghadiri perkuliahan di kampus sekedar untuk belajar. Kapanpun dimanapun Anda bisa belajar melalui jaringan internet misalnya. Cukup menyisihkan beberapa menit saja sehari guna menyempatkan belajar hal-hal baru ditengah kesibukan Anda. 

Misalnya belajar bahasa asing, kenapa tidak belajar saja kata demi kata baru setiap harinya? Tentu saja proses itu akan menambah kemampuan dalam berbahasa asing kedepannya. Terlebih jika Anda juga seorang blogger seperti saya, maka belajar setiap hari akan semakin meningkatkan kemampuan menulis, salah satunya dengan banyak membaca dan memelajari teknik-teknik blogging dari blogger sukses diluar sana.

Belajar tidak melulu berhadapan dengan buku, karena sudah tau pasti akan sangat membosankan. Justu sebaliknya, selalu belajar agar otak tetap bekerja maksimal dan belajar dari segala sesuatu yang terjadi di lingkungan sekitar Anda.

Mari kita katakan bahwa Anda berjalan melalui taman dan Anda melihat sebuah pohon yang indah dengan daun berwarna-warni. Kenapa tidak meluangkan beberapa menit saja untuk benar-benar mengetahui apa jenis tanaman yang ditemui tadi? Sedikit banyak akan menambah wawasan bukan?!. Selang beberapa menit bisa jadi Anda merasa lapar, lalu terpikir mampir di warung bakso paling nikmat di tempat itu mungkin?. Yaa.. Sepertinya memang nikmat tuh siang-siang habis dari taman lalu makan bakso... Tapi bukan itu maksudnya, itu juga salah satu bahan pembelajaran buat kita. Kenapa tidak cari tahu bagaimana proses pembuatan bakso tadi? Paling tidak, tahu cara membulat-bulatkan baksonya, saya rasa itu proses belajar yang menyenangkan.


Terdapat banyak sekali cara dimana Anda tetap bisa menjadi pembelajar sekaligus pendengar aktif bagi hal-hal baru disekitar tempat tinggal. Keseimbangan lahir batin, ketenangan, menjaga konsentrasi pikiran dan mental memang diperlukan sehingga memperlancar proses belajarnya.

Kebiasaan belajar dari setiap orang, setiap peristiwa tentu akan menjauhkan Anda dari keinginan untuk berhenti belajar. Apakah Anda tahu bahwa Anda dapat belajar banyak dari anak-anak? Lihatlah kegiatan mereka, tingkah laku mereka, sikap kelucual mereka dan secara bawah sadar akan segera melihat contoh kebijaksanaa yang dapat diaplikasikan pada kehidupan Anda sendiri.

Masih ngotot mau berhenti belajar?


Janganlah yaa... Mending tetap belajar untuk tetap belajar saja. Jangan sampai definisi 'Tua' seperti kata Henry Ford di atas menghampiri. Ini bukan soal usia, bukan soal angka pada umur, terserah jika Anda ibu-ibu, bapak-bapak ataupun kakek nenek, maka setelah membaca artikel ini saya harap Anda tetap dapat membuat pikiran Anda lebih muda, membuat jiwa muda kembali membara. Siap kek??,, hehe... 

Belajar membuat aktifitas serta kebiasaan baru yang memang belum pernah dilakukan sebelumnya. Anda dapat meluangkan beberapa menit bercengkrama dengan sebuah buku untuk belajar sesuatu, tapi jangan lupa bahwa Anda dapat belajar sesuatu yang baru setiap hari dan dalam segala kondisi.

AWAS!! ... Ini sangat berbahaya. Setelah Anda memiliki rasa penasaran, semangat memuncak dan ingin belajar sesuatu hal baru, kehidupan terindah dunia baru akan segera menghampiri Anda dari arah manapun.  Sebelum artikel ini sampai ujung, maka izinkan saya menyampaikan harapan dan pesan untuk Anda semua, satu pesan saja cukup. JANGAN LUPA BAHAGIA!

0 komentar

Post a Comment