Ayo Menulis!! Bagikan Pengalaman Hidup Anda Lewat Blog Pribadi

mari belajar menulis di blog pribadi
Belajar Menulis di Blog Pribadi
Anwariz Blog | Ayo Belajar Menulis Lewat Media Blog - Kenapa harus Menulis? Kenapa juga harus blog? Tidak harus sih.. Karena Anda bisa belajar menulis lewat media apa saja, entah itu buku catatan harian, ataupun sarana memadai lainnya. Namun pada kesempatan kali ini saya mau berbagi Tips Menulis Melalui Blog Pribadi, yang hasilnya sedang Anda baca sekarang. Mari kita mulai dari mengetahui dulu pengertian menulis.

Pengertian/Definisi Menulis

Definisi menulis menurut wikipedia; Menulis adalah suatu kegiatan untuk menciptakan suatu catatan atau informasi pada suatu media dengan menggunakan aksara. Menulis biasa dilakukan pada kertas dengan menggunakan alat-alat seperti pena atau pensil. Pada awal sejarahnya, menulis dilakukan dengan menggunakan gambar, contohnya tulisan hieroglif (hieroglyph) pada zaman Mesir Kuno.


Tulisan dengan aksara muncul sekitar 5000 tahun lalu. Orang-orang Sumeria (Irak saat ini) menciptakan tanda-tanda pada tanah liat. Tanda-tanda tersebut mewakili bunyi, berbeda dengan huruf-huruf hieroglif yang mewakili kata-kata atau benda. Kegiatan menulis berkembang pesat sejak diciptakannya teknik percetakan, yang menyebabkan orang makin giat menulis karena karya mereka mudah diterbitkan.


Hampir semua orang di dunia pernah menulis. Bahkan seorang guru perlu menuliskan materi pelajarannya sebelum di transferkan kepada muridnya. Dokter pun menuliskan ilmu kesehatannya sampai menuliskan resep obat-obatan kepada pasiennya. Pekerja bangunan, dalam hal ini arsitektur memerlukan tulisan rancangan bangunannya. Seorang Pakar Pendidikan Anak perlu menulis untuk menyebarkan ilmu Parenting. Seorang pengusaha perlu menulis untuk menyebarkan informasi usahanya. Seorang seniman perlu menulis untuk mengajarkan akan keindahan dan teknik membuat karya seni.

Meskipun demikian, faktanya belum tentu semua orang bisa menulis dengan mahir. Selalu saja ada halangan dan rintangan menghambat keinginan menulis. Kesulitan mengawali sebuah tulisan biasanya menjadi penghambat seseorang untuk menuliskan suatu kejadian maupun hal.

Ada saja alasan harus dimana saya memmulai tulisan. Padahal kenyataan jaman sudah serba canggil, serba modern, misalnya saja nulis lewat blog, sosial media, majalah online, dan surat kabar digital. Sebab sekrang sudah banyak portal website yang mengijinkan penggunanya mengirimkan suatu karya tulisan di website tersebut. Saya sendiri mengalami menulis di buku catatan harian (diary) jaman sekolah menengah pertama dulu. Sampai duduk di bangku SMA pun masih saja menulis di binder walau hanya sebait dua bait puisi waktu itu. Namun, saat ini saya sedang menulis di blog yang Anda baca sekarang. Itulah proses pembelajaran dari pengalaman dan akan terus berkembang dari masa ke masa.


Setiap kegiatan sebenarnya ada ilmunya, begitu pula menulis. Jika Anda benar ingin menulis, banyak cara yang dapat Anda pelajari dari internet. Tinggal anda ketik di Google: cara menulis, atau cara menulis artikel yang baik, dan sebagainya. Dari artikel-artikel yang tampil pasti ada beberapa ilmu yang berguna untuk dipakai dalam tulisan Anda.

Jangan ragu untuk mulai menulis. Kalaupun masih dihinggapi rasa keraguan, lebih baik abaikan saja perasaan itu, tak ada gunanya. Sebaiknya luangkan waktu Anda untuk langsung mengetik dan menuliskan gagasan terbaik yang Anda miliki sekarang juga. Fasilitas menulis tidak harus laptop/komputer, melainkan bisa menulis lewat ponsel (smartphone), tablet, dan media apa saja sesuai kebutuhan.

Jangan mau dipusingkan dengan pikiran seperti; Mau nulis apa ya? Nulis tentang anu atau anu? Mending langsung beraksi saja menuliskan sesuatu hal yang terbersit di pikiran Anda saat itu. Caranya coba fokuskan pikiran pada ketertarikan pada suatu hal dan mulai menuliskannya jangan menunda. Kebanyakan orang menunda lalu melupakan ide terbaik mereka karena tidak sempat di abadikan lewat tulisan (catatan kecil) sebelum membuatnya menjadi tulisan lengkap seperti artikel.

Menuliskan menggunakan bahasa sendiri akan jauh lebih baik. Jadi, tidak usah sungkan menulis dengan gaya bahasa sendiri tanpa meniru gaya bahasa penulis lain karena karakternya berbeda. Karakter seseorang biasanya akan terlihat dari susunan kata ketika menuliskan sesuatu. Jalin keintiman diri Anda dengan tulisan sehingga menjadi satu kesatuan karakter yang utuh.

Jangan habiskan waktu terlalu lama untuk mengatur jenis tulisan dan tampilan dari tulisan Anda. Menulis menggunakan aplikasi bawaan dari komputer seperti wordpad saya rasa lebih praktis ketimbang menggunakan MS Word.

Ketika mendapat ide bagus segera tuliskan! Dengan begitu tidak akan kehilangan momen terbaik dalam menyelesaikan sebuah karya tulis. Lupakan sejenak pekerjaan lain agar fokus kepada apa topik tulisan Anda. Sebab, tidak jarang saat menulis malah mengerjakan hal lain yang sebenarnya malah mengganggu konsentrasi menulis.

Kalau tulisan dirasa sudah cukup, disarankan untuk membaca kembali tulisan tersebut dari awal sampai akhir tulisan. Karena disinilah peran editing dimulai, oleh karenanya perlu dicermati kembali, mengoreksi kembali jika ada kesalahan ketik, kurang tanda baca dan lainnya. Setelah dirasa sudah cukup baik maka tulisan Anda siap untuk dibaca oleh orang lain. Dalam hal ini tulisan siap di publikasikan di blog pribadi Anda.

Demikianlah sedikit ulasan tentang Ayo Belajar Menulis di Blog Pribadi semoga bermanfaat bagi Anda yang tengah bersemangat ingin menjadi penulis profesional. Siapa tau suatu saat nanti Anda menjadi penulis terkenal seperti Raditya Dika, Andrea Hirata, atau Helvy Tiana Rosa kan tidak menutup kemungkinan. Jika dirasa bermanfaat jangan sungkan membagikan artikel ini ke media sosial favorit dan berbagi kepada teman-teman agar mereka juga mahir menulis seperti Anda.

0 komentar

Post a Comment