Tips Konsisten Ngeblog Menjadi Blogger Sukses

Tips Konsisten Ngeblog Menjadi Blogger Sukses - Anwariz.com


Jika ada tips blogging terbaik, maka itu adalah blog yang konsisten.

Sederhana memang, tetapi tidak semua orang bisa melakukannya.

Strategi apa pun yang Anda lakukan untuk mengelola blog Anda, semuanya tidak memiliki makna tanpa koherensi. Karena itu, sangat penting untuk mengetahui bagaimana terus menulis blog.

Tips Konsisten Ngeblog Menjadi Blogger Sukses
Tips Konsisten Ngeblog
Tidak masalah jika Anda seorang blogger baru atau blogger lama, setidaknya beri diri Anda kesempatan untuk menghabiskan membaca artikel ini. Saya sangat yakin dengan informasi itu sehingga siapa pun yang menerapkannya dapat membuat blog secara konsisten di tahun-tahun mendatang.

Sebuah tes

Semua blogger memiliki pandangan berbeda tentang arti kesuksesan. Beberapa mengukur kesuksesan dengan jumlah uang yang mereka peroleh. Atau popularitas blog yang mereka kelola. Bahkan dari jumlah pengunjung dan banyaknya komentar di situs blog mereka.

Apa pun itu, ujian pertama untuk menjadi blogger yang sukses berdasarkan versi Anda adalah konsistensi.

"Consistency Is The KEY?".
Sebelumnya kita harus tau dulu apa itu konsistensi. Seperti dikutip dari solusik.com berikut ini pengertian konsistensi yang erat kaitannya dengan aktivitas blogging (ngeblog) itu sendiri. 

Konsisten adalah kemampuan untuk terus menerus berusaha sampai suatu pencapaian berhasil diraih, tidak ada satu hal didunia ini yang bisa menggantikan konsistensi. Bakat/talenta, skill, keberuntungan/luck, kepintaran, semua itu tidak ada artinya tanpa konsistensi, bahkan dalam kasus tertentu konsistensi bisa mengalahkan kualitas, kita sudah sering melihat daily vlogger yang isinya cenderung sampah bisa lebih sukses ketimbang konten kreator lain yang lebih berkualitas hanya karena mereka konsisten mengupload videonya setiap hari. Faktanya akan selalu ada orang yang lebih berbakat dari Anda, lebih kaya, lebih pintar, lebih baik, lebih rupawan, lebih kreatif, dan seterusnya, namun ada satu hal yang bisa Anda lakukan untuk menjadi lebih baik dari mereka yaitu Anda bisa lebih kuat bekerja/berusaha daripada mereka (konsisten). Komitmen pada sebuah usaha adalah satu-satunya jalan untuk Anda mengalahkan mereka-mereka yang lebih baik dari Anda.

Sayangnya mengatakan lebih mudah daripada faktanya. Saya telah melihat blogger yang optimis tentang masa depan blog mereka. Mereka mengatakannya di setiap pos. Namun seiring waktu, konsistensi dipertanyakan.

Terkadang blog Anda tidak diperbarui terlalu lama. Bahkan beberapa yang lain benar-benar berhenti ngeblog. Dan apa yang sering mereka katakan hanyalah omong kosong yang tidak bisa dibuktikan.

Bahkan jika Anda dapat menulis blog terus menerus, Anda mungkin tidak berhasil. Masih banyak tantangan yang harus Anda atasi. Lalu, kita semua menghadapi ketidakpastian. Biarkan waktu menunjukkan apakah blog itu cocok untuk kita atau tidak, dan jika kita dapat lulus tes pertama ini dan terus berlomba untuk menyajikan informasi.

Tips Agar Konsisten Ngeblog


Tidak masalah jika Anda blogging untuk bersenang-senang atau blogging untuk bisnis Anda, Anda harus konsisten jika Anda ingin sukses. Meskipun jumlah pembaca Anda masih kecil, meskipun belum ada yang berkomentar, meskipun Anda merasa bosan, Anda masih harus menulis untuk memperbarui blog Anda.

Konsisten: Tips Blogger Sukses
Konsisten: Tips Blogger Sukses by Themeson Journey
Karena jika tidak, hampir pasti aktivitas blogging yang telah Anda lakukan selama ini akan sia-sia. Maka blog Anda gagal total. Karena itu, sangat penting untuk menjaga koherensi blog dengan tips-tips berikut:

1. Jangan terlalu perfeksionis dalam menulis.

Konten adalah raja. Semua orang tahu itu. Jika Anda dapat menghasilkan tulisan yang bagus, secara umum, jumlah pengunjung akan meningkat. Namun, jangan terlalu perfeksionis saat menulis atau Anda akan kehilangan banyak waktu.

Tulis seperti biasa. Selama tulisannya jelas dan mudah dimengerti, tidak ada alasan mengapa pembaca tidak membaca tulisannya. Dengan cara ini, artikel ini dapat menjadi artikel yang lebih produktif dan lebih dipublikasikan (lebih konsisten).

Bukan berarti Anda harus puas dengan keterampilan menulis Anda saat ini. Anda juga harus membaca ulang tulisan yang telah Anda terbitkan. Kemudian temukan kekurangan tulisan Anda dan pastikan Anda tidak mengulangi kesalahan yang sama di artikel Anda berikutnya.

2. Cobalah untuk menulis visi blog Anda

Visi adalah masa depan yang jauh. Jika Anda ingin, apa yang ingin Anda capai dalam 5 tahun ke depan atau 7 tahun dengan blog Anda?

Apakah Anda ingin blog Anda menjadi lebih terkenal? Atau Anda ingin mendapat ribuan pengunjung per hari? Atau Anda ingin menjadi blogger profesional yang dapat menghasilkan uang melalui blog yang Anda kelola?

Tentukan dengan jelas visi blog Anda.

Setelah menentukan visi blog Anda, tulis rencana Anda untuk mencapai tujuan yang Anda tetapkan. Jadi Anda juga punya motivasi yang baik untuk maju. Ketika Anda merasa malas, Anda melihat melihat ada sesuatu pengaruh buruk menyerang, itu bisa diatasi dengan menarik garis ke awal mula visi Anda ngeblog. Artinya harus tetap berkarya dalam kondisi semacam itu. Memang akan terasa berat, namun akan menjadi ringan jika dilawan sejak dini.

3. Berteman dengan Blogger Berpengalaman

Teman yang sukses juga dapat membimbing Anda menuju kesuksesan. Teman yang konsisten dapat membantu Anda merasa lebih ingin mengikuti jejak Anda. Itulah rahasianya

Teman punya pengaruh kuat. Jika Anda salah memilih teman, maka Anda kesulitan mewujudkan impian Anda. Di blog, hal-hal seperti itu masih berlaku. Anda akan menjadi pribadi sesuai dengan karakter blogger Anda.

Baca: Tips Belajar Blog untuk Pemula sampai Mahir

Karena itu, ketika menjalin pertemanan, biasakan mencari blogger yang telah konsisten selama bertahun-tahun. Lihat bagaimana mereka melakukannya. Jika perlu, jangan malu untuk bertanya dan meminta saran. Secara umum, blogger lama akan dengan senang hati membantu Anda.

Tidak ada lagi keluhan. Tidak ada keraguan Jika ada orang yang bisa menulis blog terus-menerus selama bertahun-tahun, saya juga bisa melakukannya. Sematkan di otak Anda. Dan itu juga akan memiliki kekuatan untuk melakukan semua kegiatan blogging yang diperlukan.

4. Manajemen waktu adalah kunci kesuksesan

Bagian tersulit adalah mengatur waktu untuk blog. Banyak blogger mengatakan mereka memiliki masalah seiring waktu seolah-olah 24 jam sehari tidak cukup. Bahkan jika itu hanya klise. Saya hanya perlu 2-3 jam setiap 2 atau 3 hari.

Menulis artikel baru membutuhkan waktu sekitar 2 jam. Kemudian, menanggapi komentar dan blogwalking hanya membutuhkan waktu satu jam. Terlepas dari waktu senggang saat berjualan di pasar, saya mencari referensi tambahan untuk menulis artikel selanjutnya.

Secara umum, blogger yang tidak dapat mengatur waktu mereka dengan benar tidak akan pernah konsisten dalam blogging. Itu karena mereka mengalami efek buruk dari blogging, sehingga tampaknya pilihan mereka hanya tinggal di blog dan mengalami hal-hal buruk atau meninggalkan blog. Dan anehnya, mereka cenderung berpikir bahwa blog tidak berguna. Lalu mereka berhenti ngeblog.

Meskipun itu benar. Blogging memiliki banyak manfaat. Itu hanya dapat terjadi jika Anda dapat mengatur waktu untuk semua kegiatan blogging yang diperlukan. Baca "Cara mengatur waktu untuk aktivitas blogging" sehingga Anda mengerti apa yang saya maksud.

5. Nikmati aktivitas Ngeblog Anda.

Semua blogger pasti pernah mengalami sindrom kesenangan. Itu terjadi ketika kami baru saja membuat blog. Entah bagaimana kami merasa senang dan mampu melakukan semua aktivitas yang diperlukan untuk mengembangkan blog tanpa merasa lelah.

Namun seiring berjalannya waktu, perasaan bahagia menjadi beban. Kami merasa kesulitan untuk menulis, berkomentar di blog lain atau mempromosikan tulisan kami.

Baca: Ayo Ngeblog: Menulis di Blog Menyenangkan

Tahukah Anda mengapa ini terjadi? Karena kami mulai membandingkan dengan prestasi blogger lain. Juga karena kita tidak lagi tulus. Kami berharap sesuatu. Dan semakin lama, kita semakin kewalahan dan melupakan esensi dari aktivitas blogging atau salah satu prinsip blogging, yaitu berbagi.

Belajar memahaminya seperti pertama kali kita membuat blog. Tulis apa saja hanya dengan variasi. Perasaan kita bebas dan kita tidak mengharapkan apa pun. Meskipun tulisan kami dibaca oleh banyak orang dan menerima banyak komentar, itu adalah keuntungan yang baik. Tetapi jika tidak, mari nikmati tulisannya sendiri.

Meskipun Anda terus menganggap blog sebagai beban, Anda tidak akan pernah menikmati aktivitas yang Anda lakukan. Dan pada akhirnya Anda tidak akan konsisten. Karena itu, pertahankan perasaan Anda hanya untuk dibagikan. Jangan menunggu lama

6. Tangkap semua ide yang Anda pikirkan dan lakukan

Suka atau tidak, jika Anda menjadi blogger, Anda juga menjadi penulis. Dan kekayaan semua penulis adalah ide bagus untuk menghasilkan tulisan yang bagus.

Meskipun Anda tidak memiliki ide tentang ide-ide yang terlintas di benak Anda, tuliskan di buku catatan.

Ini adalah rahasia yang saya dapat blog secara teratur sampai sekarang. Karena saya menemukan bahwa menulis itu menyenangkan. Saya selalu suka mengubah ide-ide bodoh menjadi bacaan yang baik untuk pembaca setia blog ini. Semakin sulit idenya, semakin tertantang saya untuk menulisnya. Dan sampai artikel ini diterbitkan, saya masih merasakan gairah yang sama ketika saya membaca harta saya di smartphone saya.

7. Pelajari tips ngeblog terbaru

Jika Anda ingin blog Anda tumbuh dan mewujudkan visi blogging Anda, maka jangan malas untuk belajar tips blogger dari blogger profesional. Anda hanya perlu melakukan hal yang sama persis seperti di tutorial. Itu bukan pertanyaan yang sulit.

Bandingkan jika Anda harus bereksperimen sendiri, itu tentu membutuhkan banyak waktu dan pengalaman. Sementara jika Anda meluangkan waktu untuk membaca tulisan-tulisan blogger lain, Anda bisa langsung mendapatkan blog yang Anda butuhkan tanpa usaha.

Tetapi perlu diingat bahwa Anda tidak akan memiliki kondisi pikiran yang buruk ketika Anda mempelajari tips blogging sehingga semuanya berjalan sesuai rencana.

8. Menulis dengan gaya penulisan yang berbeda

Setiap orang memiliki gaya penulisan mereka sendiri. Biasanya gaya penulisan itu sendiri terbentuk secara alami sesuai dengan karakter penulis yang dimaksud. Dan kebanyakan dari kita tidak pernah bermain dengan gaya penulisan. Takut menulis menjadi jelek.

Baca: Tips Menjadi Penulis Hebat

Tetapi mempelajari berbagai jenis gaya penulisan dapat membantu Anda melepaskan diri dari kebosanan. Namun, jika kita menulis secara teratur, kita dapat yakin bahwa kita akan diserang oleh kebosanan. Dan ketika itu terjadi, mungkin mengubah gaya penulisan Anda akan membawa perubahan positif.

Selain memberikan pengalaman baru kepada pembaca, memiliki berbagai jenis gaya penulisan akan memfasilitasi transmisi informasi. Jadi, latih lagi untuk menulis dan menemukan berbagai gaya penulisan. Dengan demikian, Anda tidak akan pernah bosan dan akan dapat mempertahankan konsistensi Anda dalam menerbitkan artikel.

Inti Artikel

Secara umum, ngeblog dapat dilakukan secara konsisten agar mendapatkan pembaca setia. Akan ada saatnya blog Anda akan terus menarik pengunjung tanpa usaha. Jika Anda konsisten, tentu saja hal itu bisa terjadi.

Tapi semuanya kembali ke niat semua orang. Siapa yang bisa memotivasi untuk terus ngeblog, dia akan memenangkan kontes. Saya harap Anda salah satunya.

Kalau punya tips ngeblog biar konsisten yang lain bisa bagikan di kolom komentar yaa... Jangan lupa share juga postingan ini ke sosial media favorit Anda biar semakin tersebar manfaatnya.

6 komentar:

  1. Makin mantap Anwariz.com. Saya kemarin sempat off gegara kegoda aktifitas lain. akhirnya blog gk keurus dan bahkan beberapa expired. Masalah saya mungkin di manajemen waktu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Never give up Guru... Iya, sama saja aktifitas lain tak jarang menggoda. Terimakasih untuk selalu menginspirasi banyak orang. Tak peduli kegiatannya apapun itu, selama ++ it's OKAY.. Hatur nuhun tos mampir, Guru.

      Delete
  2. Meskipun terlihat mudah memang harus butuh niat yang kuat ya mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener banget mas, terkadang godaan luar lebih berat ketimbang kekuatan dalam diri sendiri... Untungnya tidak ada kata terlambat untuk tetap berkarya, walau perlahan. Terimakasih sudah berkunjung..

      Delete
  3. Anonymous5/25/2019

    Having read tһis I thought it waaѕ extremely enlightening.
    Ӏ apprfeciate you taking the tіme аnd effort to put this informative article togеtheг.
    I once again find myself spеnding a sіgnificant amount
    of time both reading and commеnting. But so what, it was still worthwhile!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks a lot to remembering me.. I promise to be better than now...

      Delete