Sunday, July 09, 2017

Panduan Blogger: Cara Membuat Blog Pemula Sampai Mahir

Cara Membuat Blog - Panduan Blogger Pemula 2017


Anwariz.com - Tips Blogging Newbie | Oalah... Ternyata dunia blogging semakin banyak penggemarnya ya. Buktinya Anda nyasar ke laman ini untuk mencari tahu Bagaimana Langkah Awal Memulai Membuat Blog. Iya atau iya?!

panduan cara membuat blog untuk pemula
Panduan Blogger: Cara Membuat Blog
Oke baiklah, itu ide bagus bro!

Karena saat ini ngeblog bukan lagi seperti jaman dulu yang sekedar menulis lalu dilupakan. Akan tetapi, jika ditekuni sepenuh hati akan menghasilkan sesuatu bagi pelakunya. Yaitu kamu... Iyaa kammuu...

Tapi... Sebaiknya bagaimana sih memulai ngeblog? Tentu saja banyak cara memulainya, dan biasanya setiap orang memiliki caranya masing-masing saat memutuskan diri menjadi seorang blogger. Akan sangat membingungkan jika Anda mengikuti semua cara memulai buat blog yang beredar di internet sekaligus dalam satu waktu.

Solusinya, cari tahu siapa blogger yang menurut Anda dapat membawa pencerahan kepada apa kegiatan belajar ngeblog saat ini, amati, kemudian ikuti langkah suksesnya.

Tak ubahnya saya dulu ketika mulai kenal dunia blogging. Tidak tahu sama sekali tentang apa itu blog, bagaimana cara membuatnya pun tidak tahu, apalagi kalau mengisi konten dan mengelola tampilan dan lainnya. Pokoknya blank pada waktu itu. Mulai kenal blog itu sekitar tahu 2011 masih acak-acakan, tampilan blog gak karuan, isinya pun gak jelas  dan dari sanalah mulai mencari tahu tentang blogging beserta seluk-beluknya.



Baca: Tips Memilih Topik Blog Paling Banyak Dicari
 
Alhamdulillahnya, sampai saat ini masih aktif membuat artikel untuk update postingan blog kesayangan saya tersebut. Blog yang sedang Anda baca inilah blog pertama kali saya. Walaupun belum bisa dikatakan membangakan setidaknya masih ada semangat untuk tetap berbagi pengalaman selama berkecimpung di dunia blog biar gak kalah sama blogger lain gitu. Sama sekali bukan sedang menggurui, hanya sebatas berbagi pengetahuan dan wawasan tentang cara memulai membuat blog seperti waktu itu saya mulai. Itu saja.

Saya usahakan bahasan cara mulai ngeblog ini menggunakan bahasa sesederhana mungkin agar mudah dipahami oleh rekan-rekan blogger di sana. Mudah-mudahan tidak akan membuat Anda bingung, karena tujuan pembuatan tulisan ini guna memandu Anda menemukan solusi. Oke! Mari kita mulai.

Sebenarnya kenapa sih harus membuat blog? Emang ada masalah apa dengan blog?


Secara garis besarnya dibawah ini akan saya coba jelaskan kenapa membuat blog itu sepertinya suatu keharusan, terkesan memaksa memang, tapi sebenarnya tidak. Sebelum terlalu jauh membahas tentang blogging ada baiknya Anda tahu lebih dulu alasannya kenapa harus ngeblog.


panduan membuat blog untuk pemula sampai mahir
Bagaimana Cara Membuat Blog!?

Kegiatan blogging kini semakin berkembang pesat sebagai salah satu cara (media) yang paling populer untuk mengkomunikasikan dan menyebarkan informasi maupun berita di dunia maya. Artinya blog tidak hanya satu dua melainkan ratusan juta blog berkeliaran di dunia internet setiap harinya. Anda harus bisa bersaing, mencuri perhatian pembaca agar tertarik mengunjungi blog Anda nantinya.

Blogging juga merupakan sarana berbagi informasi sekaligus mengekspresikan diri. Berbagi informasi bisa dikatakan berbagi ilmu, wawasan kepada orang banyak. Sedangkan mengekspresikan diri kita bisa meluapkan segala emosi, ide, gagasan, kreatifitas kedalam bentuk tulisan.
   
Dengan ngeblog Anda melatih keterampilan menulis. Siapa tahu rezeki Anda ddidapat dari blogging kemudian muncul sebagai seorang penulis terkenal dimasa yang akan datang. Wow keren bukan?!

Sebenarnya itu semua pasti sudah Anda ketahu, saya hanya sedikit mengingatkan saja. Toh tidak ada salahnya saling mengingatkan dalam kebaikan. Setuju yaa...

Agak penting juga nih sebelum benar-benar duduk manis membuat blog;

Membuat blog memakan waktu tidak sebentar lho.. Bisa 20 sampai 40 menit. Alangkah baiknya siapkan secangkir kopi atau teh hangat sebagai teman saat pembuatan blog Anda dimulai. Bukan apa-apa, hanya untuk mengusir rasa jenuh saja ketika berhadapan dengan komputer sendirian.

Langkah Membuat Blog: Cara Memulai Membuat Blog untuk Pemula Banget


Membuat blog dari nol sebenarnya tidak terlalu sulit, cukup memiliki sedikit kemampuan teknis saja. Kabar baiknya, membuat blog ini tidak memerlukan keahlian khusus terkain coding/pengkodean ilmu komputer, jadi blog bisa dibuat oleh siapa saja termasuk Anda yang baru mengenal dunia blogging.

Cara Memulai Blog dalam 5 Langkah:

Ada lima langkah utama yang perlu Anda lakukan untuk memulai sebuah blog. Jika Anda mengikuti panduan ini dengan tepat, Anda akan menyiapkan blog Anda sendiri dalam 30 menit atau kurang.

1.    Pilih platform blog sesuai selera Anda
2.    Pilih web hosting terbaik untuk blog Anda
3.    Menyiapkan blog menggunakan domain Anda sendiri (Custom Domain)
4.    Rancang blog anda
5.    Sumber daya yang berguna untuk blogging

Akhirnya, sampai juga pada tahap ini. Langkah dimana kita akan memulai membuat situs blog. Alhamdulillah yaa... Oke mari langsung menuju langkah pertama pembuatan blognya saja kalau begitu biar tidak terlalu memakan waktu banyak. Kasihan nanti kopinya kebutu habis... :D

Langkah Pertama ~  Pilih platform blogging  sesuai selera Anda

Silakan putuskan platform manakah yang akan dijadikan tempat Anda membangun blog. Terdapat banyak pilihan platform, muali dari platform gratisan, sampai berbayar juga ada. Anda bisa memilih Blogger, Wordpress, Tumblr, Weebly, dan lainnya bisa dipelajari lebih dalam. Karena selama ini saya menggunakan platform Blogger (blogger.com) maka saya akan lebih menyarankan menggunakan itu saja untuk tahap awal. Walaupun sedikit banyak tahu tentang Wordpress namun rasanya belum kapasitas saya menjelaskan secara detail tentang Platform Wordpress tersebut.

Blogger merupakan platfotm blogging paling banyak penggunanya, dikelola oleh pemilik mesin pencari terbesar dan terpopuler di dunia yakni Google (Alphabet, Inc) dengan banyak fitur didalamnya sangat cocok untuk dijadikan media belajar ngeblog. Kabar baiknya lagi platform Blogger ini tidak berbayar alias GRATIS.

Ada sekitar 3,5%  dari 88,1 juta pengguna internet yang menggunakan blog, terlepas itu platformnya apa, namun mayoritas dipegang oleh Blogger itu sendiri yang notabene perusahaan milik Google.
Platfotm Blogging

the best blogging platform
The Best Blogging Platform
Terdapat mula alternatif platform, telah disiapkan ringkasannya dibawah ini;

Wordpress merupakan platform kedua paling banyak digunakan oleh penggiat blogging di seluruh dunia. Jadi tidak ada salahnya menjadi pilihan ngeblog juga setelah benar-benar menguasai dasar-dasar blogging.

Tumblr juga bisa dikategorikan platform blogging walau setengah jaringan sosial, setengah blog. Namun cukup menarik, dan sangat mudah digunakan dalam mengekspresikan diri di jagad maya.


Wow.. Tanpa terasa secangkir kopi mulai habis.. Ternyata kita sudah mau sampai pada tahap kedua membuat blog. Horee...!!!

Langkah 2 - Self-hosting atau hosting gratisan

Berikutnya yakni memilih blog tersebut akan dijalankan menggunakan hosting pribadi atau menggunakan hosting gratisan yang telah disediakan oleh setiap penyedia platformnya. Secara performa memang lebih baik menggunakan hosting pribadi (self hosting) terutama bagi Anda yang memilih platform Wordpress, sebab kalau di Blogger sendiri hanya bisa custom domain saja sedangkan hostingnya tersedia fasilitas gratis. Lebih hemat untuk pemula sambil menjajal kemampuan blogging sampai benar-benar mahir.

Pada kenyataannya blog inipun mengaplikasikan platform Blogger dan custom domain menjadi penulis sendiri. Yaa... Nama domain Anwariz Blog memang terinspirasi dari nama belakang penulis dengan harapan makna dibalik nama itu akan berdampak positif pada masa depan blog. Insya Allah.

Pada tahap ini memang sudah mulai berbicara soal biaya. Biasanya biaya sewa hosting itu per tahun berkisar Rp. 200.000 – jutaan rupiah tergantung paket yang akan diambil. Seperti;

  • Hosting Personal
  • Hosting Premium
  • Hosting Business
  • Virtual Private Server (VPS)

Langsung saja kita menuju pada tahap membuat blog selanjutnya setelah menentukan self hosting atau numpang hosting gratisan....

Langkah Ketiga ~  Menyiapkan blog menggunakan domain Anda sendiri (Custom Domain)

Seperti sudah disinggung di atas tentang penggunaan domain menggunakan nama pribadi, brand sendiri itu akan jauh lebih baik bagi masa depan blog, terlebih Anda mempunyai niat serius dalam mengelola blog tersebut sebagai suatu ladang amal, ladang ilmu, tak menutup kemungkinan menjadi ladang rezeki ketika suatu saat blog dengan brand sendiri itu populer dikalangan masyarakat internet (netizen).

Blog Custom Domain merupakan aset berharga dimasa depan. Jangan sia-siakan keinginan ngeblog tanpa menggunakan nama domain sendiri. Karena perencanaan matang di awal akan menentukan keberhasilan nanti di akhir.

Silakan buktikan sendiri... Dijamin tidak akan ada penyesalan.

Langkah Keempat ~ Rancang Blog Anda

Merancang blog sejak awal menjadi modal penting bagi kelangsungan hidupnya. Sebab, sudah hukum alam ketertarikan itu mengarah pada sesuatu hal unik. Buatlah blog semenarik dan seunik mungkin, baik dari segi tampilan maupun konten serta konsepnya. Semakin menarik blog Anda semakin banyak orang mengunjungi untuk membaca hasil karya tulis Anda.



Baca: Tips Meningkatkan Semangat Ngeblog

Sedikit demi sedikit belajar memodifikasi template blog itu akan lebih baik. Tidak perlu mahir cukup mengetahui dasar-dasarnya saja sudah bisa membuat rancangan blog menjadi luar biasa. Percayalah...!!

Langkah Kelima ~ Sumber daya yang berguna untuk aktivitas blogging


Ini merupakan langkah pamungkas dari tips membuat blog kali ini, sebaiknya buatkan segelas kopi dulu biar gak panik... :D 

Sumber saya memadai sangat diperlukan dalam mengelola suatu blog (blogging) contohnya, kemampuan sang Blogger itu sendiri dalam membuat tulisan bermanfaat di blognya. Kemudian dari segi fasilitas, komputer/laptop harus dalam keadaan baik begitupun koneksi internet sebagai jantung utama blogging haruslah dipikirkan secara matang juga. Jangan sampai aktivitas ngeblog terhambat gara-gara jaringan internetnya lemot.

Perbaharui wawasan dengan rajin-rajin mengunjungi blog orang lain. Dari situ Anda akan banyak mendapat tambahan ilmu baru tentang bagaimana cara ngeblog agar sukses, blog yang bisa menghasilkan uang, blog terbaik, bahkan blog paling populer di Indonesia bahkan tidak menutup kemungkinan blog Anda dikenal diseluruh dunia.

Kesimpulan

Saya rasa 5 poin itu harus Anda lakukan saat akan memulai membuat blog sampai mahir menjadi seorang blogger sesungguhnya. Blogger bukan sekedar menulis, namun ngeblog dari hati untuk berbagi informasi berharga pada sesama. Ketika Anda sudah membaca sampai sini, itu artinya Anda sudah semakin siap membangun blog profesional dari nol hingga menjadi blogger sukses. Aamiin...

Demikian ulasan tentang panduan blogger kali ini, semoga bermanfaat...
Jangan lupa share, share, dan share postingan ini ke media sosial favorit Anda agar semakin banyak orang mengetahui cara mulai membuat blog untuk pemula sampai mahir sebagai blogger. Happy Blogging!
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner