Penulis Lepas: Cara Menghasilkan Uang dengan Menulis Artikel Lepas - Anwariz.com

Penulis Lepas: Cara Menghasilkan Uang dengan Menulis Artikel Lepas

penulis lepas pekerjaan menguntungkan
Seorang Wanita Cantik Sedang Menulis, sumber: copywritertoday.net
7 Keuntungan Menjadi Penulis Artikel Lepas Lengkap dengan Cara Memulainya

anwariz.com - Pernahkah Anda berpikir berkerja sebagai penulis? Atau setidaknya bermimpi menjadi penulis lepas? Jika ya! Manfaatkan tips berikut tentang cara untuk menjadi penulis lepas dari beberapa penulis berpengalaman.


Menjadi seorang penulis lepas itu mudah. Ya, sangat mudah. Meskipun demikian bukan berarti tidak harus berjuang keras melakukannya. Jika ada kemauan pasti ada jalan. Saya hanya ingin mengatakan bahwa siapapun Anda berkesempatan dan tidak menutup kemungkinan bisa menjadi seorang penulis lepas untuk mendapat bayaran atas pekerjaan tersebut, setidaknya hampir semua bisa melakukannya. Bahkan tidak perlu memiliki gelar akademik tinggi, serta keahlian khusus saat akan memulainya. Percayalah!

Jika Anda suka membaca, menikmati kegiatan menulis, itu saja sudah cukup mengantarkan Anda menjadi penulis lepas kedepannya. Seperti yang saya katakan sebelumnya, pekerjaan semacam ini memerlukan proses, waktu dan pengalaman yang cukup sehingga jangan terlalu berharap bisa menghasilkan banyak uang dalam sekejap. Seperti halnya pekerjaan lain, memerlukan waktu dan usaha. Setelah itu, barulah menyiapkan mental untuk mendapatkan beberapa pengalaman menulis pertama Anda meskipun bayaran awal tidaklah besar. 

Tertarik menjadi penulis lepas, tapi belum tahu harus mencoba memulainya dari mana? Lanjutkan membaca! Simak beberapa tips berikut tentang cara mudah menjadi penulis lepas berpengalaman.

Menjadi Penulis Karya Ilmiah

Jika Anda pandai menulis esai dan makalah kuliah lainnya, pekerjaan menulis karya ilmiah merupakan titik awal yang cukup baik. Tak peduli seberapa jauh ruang lingkup pengetahuan Anda soal itu, Anda dapat mengandalkan kemampuan serta keterampilan Anda untuk membantu siswa dalam menyelesaikan beberapa tugas sekolah atau kampus mereka. Hanya saja tidak terlalu banyak perusahaan penyedia kesempatan ini. 

Jalan keluarnya Anda harus memulainya dari lingkungan terdekat seperti teman-teman agar bisa diajak kerjasama. Jikapun ada perusahaan jasa kepenulisan menawarkan pekerjaan ini, sebaiknya lebih berhati-hati karena jaman sekarang sudah banyak para oknum berkeliaran di media online. Jangan sampai Anda hanya dimanfaatkan oleh pihak tidak bertanggung jawab.

Menjadi Seorang Copywriter (Copywriting)

Copywriter adalah seorang penulis teks dengan tujuan mempromosikan atau bahkan memasarkan sebuah produk serta jasa. Seorang Copywriter harus mempunyai daya tarik sendiri sesuai dengan perkembangan jaman dibidang pemasaran. 

Merasa diri Anda cukup berpengalaman dalam aktivitas ini? Suka menulis iklan yang kreatif? Mengapa tidak menjadi copywriter saja? Tentunya dengan upah setimpal. Jaman sekarang tidak sedikit perusahaan mencari penulis lepas berbakat yang mampu menghasilkan konten unik untuk situs website mereka, menulis artikel menarik, dan membuat konten iklan yang efektif.

Menjadi Blogger

Blog adalah singkatan atau kependekan dari Website Log, yaitu situs (website) berisi informasi yang dipublikasikan di World Wide Web (www). Dalam bahasa Inggris, Web artinya jaringan; Log artinya buku harian atau catatan.

Blogging adalah aktivitas pengelolaan web log itu sendiri, dimana kita bisa berbagi tentang aktivitas keseharian, ilmu pengetahuan, atau sekedar menanggapi berbagai peristiwa yang terjadi di sekitar kita.

Oleh karenanya, memiliki blog pribadi adalah jalan terbaik lainnya bagi mereka yang bermimpi menjadi seorang penulis lepas. Pertama, ngeblog akan membantu Anda mengembangkan gaya tulisan Anda dan menarik calon pelanggan. Kedua, jika blog Anda benar-benar baik, sudah barang tentu bisa menghasilkan uang dari sana. 

Caranya bagaimana? Lewat blog, bisa menjual produk pribadi, mengiklankan konten orang lain, unjuk gigi kemampuan menulis Anda sehingga tidak menutup kemungkinan ada perusahaan yang tertarik menadikan Anda bagian dari perusahaan tersebut dalam kegiatan promosi.

Mencetak Buku Sendiri (Self-Publishing)

Self publishing  secara bahasa dapat diartikan sebagai “penerbitan mandiri” alias menerbitkan buku sendiri. Dengan kata lain, si penulis melakukan semua proses penulisan, editing, desain cover, tata letak buku. Mengapa tidak melakukan hal tersebut untuk buku Anda sendiri? Anda dapat melakukannya seperti Raditya Dika yang memproduksi novel berawal dari blog miliknya dan buku novel tersebut sangat laku dipasaran bahkan diangkat ceritanya ke layar lebar. Hebat bukan?! Anda juga bisa melakukannya jika mau.

Menjadi Penulis Fanfiction

Jika Anda belum siap menulis sebuah novel, bisa memulainya dari menulis fanfiction. Menulis fanfiction atau fiksi fans merupakan salah satu cara latihan menjadi seorang penulis lepas. Pasalnya, fanfiction bisa melatih kemampuan kita dalam menulis cerita fiksi. 

Terutama jika kita bercita-cita pengin menjadi penulis profesional, fanfiction bisa menjadi tempat latihan menulis yang bijak. Selain itu, situs Amazon siap membayar karya-karya milik Anda tersebut. Keuntungan bersihnya mencapai 35% lho... Bukankah jumlah itu cukup menggiurkan bagi seorang penulis cerita fiksi?! Silakan dicoba.

KEUTAMAAN MENJADI PENULIS ARTIKEL LEPAS


Sedikitnya Ada 7 Keuntungan Menjadi Penulis Lepas

Setelah membahas dari mana harus mulai menulis, maka saatnya mengulas kenapa Anda perlu memilih menjadi penulis lepas. Setidaknya 7 keuntungan penulis lepas ini menjadi poin penting berikutnya;

1. Memiliki Keleluasaan Tempat

Keuntungan menjadi penulis lepas berikutnya dalam memiliki keleluasaan dari segi tempat. Sama sekali tidak ada peraturan yang mengharuskan Anda bekerja di ruangan kantor. Sebaliknya, Anda bisa menulis di mana saja, misalnya di kedai kopi, taman kota tempat nongkrong, kampus, atau kamar kostan teman pun bisa.

2. Memiliki Keleluasaan Waktu

Penulis lepas memiliki keleluasaan waktu. Anda tidak lagi merasa terburu waktu sehingga bisa bekerja kapan saja setelah pulang kerja, entah itu pagi, siang, sore, ataupun malam harinya, bahkan saat hari liburpun bisa. Boleh dikatakan, pekerjaan satu ini cukup bisa menyesuaikan dengan aktivitas keseharian Anda tanpa mengganggunya.

3. Mendapatkan Popularitas

Menurut Anda kenapa Imam Al-Ghazali bisa dikenal sampai saat ini? Ya, karena beliau adalah seorang penulis pada masanya. Menjadi penulis lepas sejak saat ini, berarti Anda sedang membangun portofolio kepenulisan Anda. Suatu saat bisa saja menjadi penulis terkenal dan popularitas Anda semakin tak terbendung berkat kualitas tulisan tersebut mampu "menyihir" jutaan pasang mata.

4. Menjadikan Anda Kreatif

Kreativitas tanpa batas secara otomatis akan terbentuk dalam kepribadian Anda, karena proses menulis akan menumbuhkan sikap kreatif pada diri Anda. Seiring bertambahnya jam terbang menulis, semakin kreatif dan meningkat pula kemampuan serta kualitas tulisan Anda. Berangkat dari sana, bukan tidak mungkin Anda menjadi penulis kenamaan seperti Radtya Dika.

5. Memiliki Relasi Orang Ternama

Dari sisi relasi bisnis, menjadi penulis lepas memungkinkan Anda untuk mengenal memilik website ternama. Tentu saja banyak hal baru bisa Anda pelajari dari mereka. Misalnya, cara mengelola bisnis yang baik, manajemen waktu, pengelolaan sumber daya bisnis, atau tidak menutup kemungkinan bisa mendapatkan modal tambahan daripadanya.

6. Pekerjaan Sampingan yang Menguntungkan

Tidak perlu keluar dari pekerjaan utama untuk menjadi seorang penulis lepas profesional. Misalnya, jika Anda seorang Guru, maka bisa mengerjakan tulisan disaat malam hari atau beberapa jam sebelum berangkat mengajar. Kesimpulannya, bisa memanfaatkan mencari uang disela-sela waktu luang.

7. Mendapat Penghasilan Besar

Menulis merupakan salah satu keahlian mahal saat ini. Jika Anda melakukannya dengan antusias dan sungguh-sungguh, Anda bisa mendapatkan puluhan juta rupiah.

Mari kita belajar menghitung sejenak. Anggaplah tulisan Anda dihargai Rp 5.000 per 200 kata. Jika ada pesanan dari blogger dengan jumlah 30 artikel dengan jumlah 600 kata per artikel, maka Anda akan mendapatkan Rp 450.000. Cukup besar bukan?

Silakan hitung sendiri jika mendapatkan 10 pesanan seperti itu dalam sebulan, berapa ya?


Kesimpulan

Menjadi penulis lepas tidaklah sesulit yang dibayangkan. Selama mempunyai keinginan kuat disertai usaha melatih kemampuan menulis, perlahan namun pasti tulisan Anda akan dibayar mahal oleh orang lain. Hal tersebut tentu saja suatu keuntungan tersendiri, sebab dengan menulis bisa menghasilkan uang banyak dikemudian hari.


2 komentar:

  1. Biasanya apakah seorang penulis lepas menentukan sendiri harga atau kesepakatan bersama saja?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pada umumnya penulis yang menentukan tarif untuk jasa menulisnya, namun besaran nominalnya itu tergantung dari jam terbang/track record sang penulis tersebut. Tidak menutup kemungkinan juga client memberikan penawaran harga bagi setiap tulisan yang dikehendakinya. Jika ada kesepakatan bisa dilanjutkan kerjasama. Kalo boleh tau, Antum sudah lama menulis kah?

      Hapus

Terimakasih atas kunjungannya:

1. Silakan berikan komentar terbaik Anda.
2. Saran & Kritik akan saya terima dengan lapang dada (bukan lapang bola, yaa) sebagai bentuk evaluasi konten blog ini.
3. Dilarang menyertakan LINK hidup atau mati.
4. Jika Anda tidak terima, silakan mengajukan 'banding'!!