Tuesday, June 20, 2017

11 Tips Membangkitkan Semangat Blogger Indonesia

Anwariz.com – Tips Meningkatkan Semangat Ngeblog | Semangat pagi sahabat blogger di sana.. Iya kamu yang lagi duduk asik depan komputer sambil baca-baca artikel terbaru dari Anwariz Blog . Pada kesempatan kali ini saya ingin menulis tentang Semangat Blogger Indonesia yang Semakin Menggeliat tahun-tahun ini. Terkadang penyakit malas menulis menjadi musuh utama blogger dalam memperbaharui koleksi postingan pada blog kesayangannya. Diantara alasannya adalah gak ada ide, lelah karena pekerjaan selain ngeblog, rasa bosan yang mengakivatkan terhambatnya produktivitas perbendaharaan konten.

tips membangkitkan semangat blogger

Rasa malas memang bisa hinggap kepada siapa saja tak terkecuali pada seorang blogger atau pembuat konten di dunia online. Hanya saja perbedaannya ada pada cara mereka mengatasi rasa malas tersebut dengan porsi sempurna. Alhasil sebagian orang bisa melawan kemalasan dan bertekad menjadi seorang sukses, ada pula sebagian lain cukup menjadi penonton kesuksesan orang lain karena menyerah ditengah jalan menuju kesuksesan terkalahkan oleh rasa malas tadi.

Motivasi seseorang membuat blog tentu saja tidak sama, sebab mempunyai maksud serta tujuan masing-masing. Ada yang membuat blog lalu dilupakan begitu saja, ada juga mereka membuat, mengelola, serta merasakan hasilnya. Maksudnya ada yang sebatas hobi menulis semata tanpa memperhatikan faktor lain, ada yang sekedar mencari popularitas lewat tulisan, bahkan tak sedikit blogger memiliki tujuan mendapatkan pundi-pundi rupiah dari blog.

Pada masa membangun blog biasanya semangat masih sangat membara, sampai lupa makan, lupa kegiatan lain selain mengotak-atik blognya mulai dari tampilan sampai pada berbenah kualitas konten mereka. Namun, tak banyak blogger mampu mempertahankan semangat di awal tadi hingga mencapai puncak keberhasilan. Rata-rata blogger menyerah ditengah jalan sebelum jerih payahnya terbayar lunas oleh hasil sepadan.

Lalu, adakah tips meningkatkan semangat ngeblog agar kembali membara setelah sekian waktu meredup bahkan nyaris padam? Tentu saja jawabannya bukan TIDAK ADA. Banyak tips dan trik membangkitkan semangat ngeblog, diantaranya seperti ulasan dibawah ini;

Tips Membangkitkan Semangat Ngeblog di Saat Rasa Malas Menulis Menerjang Anda


1. Niat Ngeblog

Kalau boleh tau seperti apa niat Anda ngeblog?  Ketika orientasi utama ngeblog hanya untuk mendapatkan banyak uang dari blog, maka uang itu akan sangat sulit didapatkan. Alasannya karena Anda akan fokus kepada uangnya tanpa memerhatikan kualitas blog itu sendiri yang mengakibatkan pembaca kurang menyukai blognya, sementara seorang blog mendapat menghasilan tidak lain tidak bukan kuncinya ada pada pembaca.

Ketika terlalu memfokuskan pada uangnya, sehingga membuat konten pun biasa-biasa saja tak ada daya tarik. Mengutak-atik tampilan blog kemudian lupa pada cara meningkatkan persaingan blog di mata mesin pencarian (search engine), pada ujungnya blog sepi pengunjung. Akibatnya sudah dapat dipastikan jika blog itu tidak akan menghasilkan banyak uang. Bukan begitu?

Mari kita perbaiki niat ngeblog kita, jangan hanya mencari uang semata namun tambahi oleh niat mulia berbagi informasi kepada pembaca, pencari informasi, terutama niatkan ngeblog untuk beribadah kepada Tuhan dengan cara ikhlas membagi wawasan kepada orang lain. Setelah itu barulah berdo’a semaksimal mungkin agar didatangkan rezeki dari arah mana saja, sebanyak-banyaknya, selancar-lancarnya. InsyaAllah do’a akan dikabulkan jika sunggu-sungguh dibarengi usaha serius.

2. Seperti Apa Harapan Anda Ngeblog

Lupakan sejenak cara-cara instan meraup keuntungan besar dari aktivitas membuat blog, mengisinya oleh puluhan artikel, lalu uang datang begitu saja. Tidak. Tidak segampang itu. Masih ada proses lain yang musti dihadapi sebelum dipantaskan mendapat hasilnya.

Setidaknya harus memahami konsep bersosial di dunia blogging, membangun banyak relasi, menguasai dasar-dasar SEO blog, mengoptimasi postingan blog, sampai menerapkan konsep link building, branding, promoting secara tepat dan akurat.

Rencanakan pembangunan blog secara matang tidak asal buat lalu mimpi dapat uang . Skala prioritas sangat diperlukan saat membangun perusahaan blog, agar tidak mengabaikan kewajiban lainnya seperti sekolah, bekerja, beribadah bahkan ada yang sampai lupa makan segala. Nah lho siapa itu yang ngeblog sampai lupa makan yaa? :D

3. Jangan Biarkan Rusak Semangat


Jadilah diri sendiri ketika membangun dan mengembangkan suatu blog. Jangan sampai mengikuti jejak blogger yang sudah malang melintang di dunia blogging, sementara kemampuan kita masih belum seberapa. Akibatnya frustasi, pada akhirnya semangat menjadi kendur malah bisa-bisa patah semangat karena terlalu melihat ke atas. Bukan berarti tidak boleh, melainkan mulailah memelihara semangat terlebih dahulu sambing meningkatkan kemampuan ngeblog kita.

Bagaimanapun juga para blogger sukses saat ini, dulunya mereka juga sama seperti kita yang pemula. Hanya saja kemampuan mengendalikan diri untuk mencapainya berbeda-beda kemudian membuat jatuh pada nasib berbeda pula.

Godaan bisa datang dari mana saja termasuk dari faktor eksternal, banyak teman-teman anda yang justru mendapatkan penghasilan dari menulis di website lain (hipwee) hal ini menimbulkan keraguan dalam diri sendiri sehingga kekuatan blog yang sudah dioptimasi mencapai 30% Anda campakkan tanpa dilirik sekalipun hingga akhirnya tersungkur kembali dari persaingan di laman mesin pencarian.

4. Yakin Kita Bisa (Optimis itu Penting)

Sikap pesimis terkadang masih dipelihara oleh sebagian blogger pada saat memulai mengelola blog, mereka menganggap memiliki kemampuan yang rendah bahkan untuk teknik optimasi hanya sekedar otodidak mengikuti tutorial para master blogger tanpa pernah mengamati tingkat kesalahan dan keberhasilan dari percobaan tersebut.

Mereka tidak pernah tahu bahwa dibalik kesuksesan seorang blogger sukses itu penuh pengorbanan, perjuangan dan kerja keras yang sunggun melelahkan. Jadi itu bukanlah suatu usaha yang dapat terjadi dalam sehari saja, melainkan usaha yang dilakukan secara terus-menerus berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan. Tinggal bagaimana kita bisa tabah menjalani setiap lika-liku perbloggingan.

Rasa percaya diri sangat diperlukan guna membangkitkan kembali semangat ngeblog yang nyaris pudar. Tingkatkan kemampuan diri sendiri dan kekuatan diri kita sendiri, sehingga dari sinilah kesuksesan yang selama ini kita nanti nantikan akan dapat terwujud sesuai waktu dan tempat yang telah Tuhan gariskan setelah dirasa pantas.

5. Apalah Arti Sebuah Kenyamanan

Cara membangkitkan semangat ngeblog berikutnya yakni selalu perhatikan kenyamanan pada saat melakukan aktivitas ngeblog. Jangan anggap remes hal kecil seperti ini, karena itu hanya akan membuat Anda cepat merasa bosan dan menghambat kreativitas dalam menulis sebuah artikel baru pada blog kesayangan Anda.

Posisikan diri Anda pada suasana senyaman mungkin guna mendukung proses pekerjaan sebagai blogger. Pastikan ruangan dalam kedaan rapi, bersih dari sampah berserakan, harum dan rapi dengan begitu hasil tulisan akan jauh lebih maksimal sekaligun meminimalisir rasa cepat bosan. Inspirasi seperti datang begitu cepat . Dengan begitu rasa malas ngeblog tidak akan menerjang sebab kondisi tempatnya kondusif.

6. Tingkatkan Kempuan Anda


Maksudnya adalah dengan kita melakukan berbagai hal yang berkaitan dengan kelebihan yang kita miliki, maka kita akan merasa senang dan lebih ikhlas dalam menjalaninya, sehingga kita tidak pernah patah semangat lagi dalam hal ini.

Nah para blogger itu sebenarnya jika memang dari dalam hatinya memiliki minat dan keinginan untuk menulis, maka itu tidak akan menjadi beban, mereka justru semakin mengasah kemampuan yang dikuasainya untuk terus aktif dan berkembang menjadi lebih baik lagi, bahkan selalu berusaha menjadi yang terbaik diantara lainnya.

Jalani saja aktivitas apapun yang membuat Anda senang melakukannya. Tanpa memaksakan uang, karena ketika melakukan sesuai keinginan dan kemampuan biasanya hasilnya baik, maka bukan Anda mengejar uang lagi melainkan uang yang akan mengejar-ngejar Anda berkat kemampuan tersebut.

7. Fokus Pada Rencana

Fokus fokus dan fokus! Itulah kata kata yang sering diucapkan oleh seseorang untuk membuat dirinya lebih bisa berkonsentrasi terhadap apa yang sedang ia kerjakan. Dengan selalu merasa fokus, maka segala yang menjadi tujuan utama dalam pekerjaan akan terselesaikan.

tips semangat ngeblog

Memang fokus ini menjadi cara membangkitkan semangat ngeblog bagi seorang blogger, namun ini tak semudah yang diucapkan, dalam kenyataannya, ada banyak sekali halangan dan rintangan yang bisa kita temui suatu saat. Karena pekerjaan seorang blogger itu bukan hanya di dunia maya tapi ada segudang pekerjaan yang harus ia lakoni didunia nyata, mulai dari mengurus rumah tangga, menyelesaikan masalah ini itu, bayar ini bayar itu dan masih banyak lagi hal-hal lainnya yang membuat fokus ngeblog hilang.

Mungkin kita punya komitmen tinggi terhadap blog yang kita bangun, misalnya kita harus bisa buat minimal 2 artikel setiap hari, dan akan selalu dilakukan secara berkesinambungan. Namun karena beberapa kendala niat anda gagal/berantakan.

Seorang blogger bisa sukses karena fokus terhadap apa yang mereka kerjakan. Mereka menyingkirkan semua hambatan yang dapat membuat dirinya tidak fokus terhadap apa yang sedang dikerjakan

8. Blogger Harus Punya Jadwal Menulis

Konsistensi adalah kunci keberhasilan dalah segala bidang, tak terkecuali konsisten menulis di blog. Untuk itu diperlukan kematangan rencana, pola, dan strategi ngeblog yang baik dan benar agar hasilnya tidak sia-sia.

Mengatur jadwal ngeblog tanpa mengganggu aktivitas keseharian bukan hal mustahil. Semua orang bisa melakukannya selama bisa disiplin membuat jadwal menulis, mengedit, dan mempublikasikan hasil karyanya. Sehari itu 24 jam, maka sisihkan beberapa jam (jam tertentu) saja setiap harinya guna menghasilkan tulisan terbaru.

Baca: Cara Agar Konsisten Menulis di Blog

Misal kita menulis pagi-siang-sore-malam masing-masing 1 artikel saja di waktu-waktu tersebut maka sudah dapat dipastikan koleksi artikel kita bertambah 4 buah setiap harinya. Gunakan waktu senggang semaksimal mungkin membuat rancangan artikel. Bahkan bisa jadi dapat inspirasi menulis saat sedang jalan-jalan sore, itu kan bagus. Pada intinya cerdaslah mengalokasikan waktu Anda.

9. Shoot On Target

Anda harus mendisiplinkan diri sendiri, terkadang saat kita bekerja dituntut dengan dead line 1 hari sehingga anda ngelembur semalaman untuk menyelesaikan tugas tersebut begitu juga dengan ngeblog jika sudah waktunya membuat artikel ya tulislah, jangan menunda-nunda pekerjaan karena pekerjaan yang tertunda akan menjadi beban apalagi aktivitas ngeblog yang dianggap tidak penting pastinya tidak akan menjadi prioritas utama sehingga digantikan dengan aktivitas lain

10. Gemar Membaca Kisah Inspiratif Blogger Sukses

Dengan membaca artikel motivasi kita bisa belajar bahwa perjalanan menuju sukses itu perlu ujian dan cobaan yang besar, namun berkat perjuangan, kesabaran dan ketekunan dirinya, mereka bisa menjadi seseorang yang berhasil melampaui ekspetasinya sendiri. Hal ini sama seperti seseorang yang minum jamu, walau awalnya terasa sangat pahit, namun kita akan merasakan manfaat kesehatanya  dikemudian hari.

11. Silaturahmi dengan Master Blogger

Sesekali menemui blogger hebat itu akan membuat Anda juga semakin hebat. Ya, luangkan waktu sejenak mengunjungi blogger yang sudah lama malang melintang di dunia blogging. Tak perlua memaksakan menemui mereka yang jauh dari tempat anda ngeblog. Diskusi saja bersama teman-teman sesama blogger baik itu di kampus, sekolah, kantor atau komunitas tertentu akan membawa dampak positif guna meningkatkan semangat ngeblog kembali menggeliat.

Sampai di sini dulu pertemuan kita mengenai membangkitkan semangat ngeblog kali ini. Semoga motiviasi ngeblog kita tidak berada pada jalur yang salah dengan meluruskan niat mulia berbagi manfaat untuk sesama. Pandai mengatur waktu menulis di blog serta didukung oleh pola kerja disiplin. Intinya jangan menyerah pada keadaan, sesulit apapun hadapi sekuat tenaga, sebanyak mungkin berdo’a supaya menjadi blogger sukses berpenghasilan ribuan dolar dari blog. Aamiin Ya Rabbal Aalamiin....

Jangan lupa share postingan ini ke media sosial favorit Anda agar manfaatnya mereka rasakan pula..
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner