Tips Blogger Agar Konsisten dan Tetap Semangat Ngeblog

ANWARIZ.com | Tips Agar Konsisten Ngeblog untuk Pemula - Hobi blogging atau dalam bahasa Indonesia akrab disebut ngeblog tidak bisa dibilang perkara mudah bahkan perjalanannya selalu saja dibarengi dengan rintangan serta lika-luku. 

tips konsisten dan semangat ngeblog
Image by alll.com
Pasalnya, seorang Blogger sebutan para pelaku blogging ini dituntut untuk konsisten dalam menyajikan suatu bahasan kepada pembacanya. Sang Blogger diharuskan bisa dengan cermat mengelola blognya setiap hari. Tentu saja tidak untuk waktu yang sebentar melainkan konsisten secara terus-menerus agar blog tersebut tetap hidup.

Pada tahap ini banyak blogger menyerah ditengah jalan kemudian meninggalkan blognya tanpa alasan jelas. Penyebab utamanya ialah kurangnya konsistensi dalam mengelola blog dari waktu ke waktu. Untuk itu, jika Anda ingin menjadi seorang Blogger Hebar maka modal utamanya adalah konsisten memerhatikan serta mengelola blog setiap hari.

Berikut ini beberapa Poin Penting Agar Konsisten Mengelola Blog, dikemas secara sederhana namun praktis

1. Saya Yakin Bisa

Meyakinkan diri sendiri untuk bisa membuat blog hebat adalah salah satu cara agar konsisten ngeblog. Hilangkan rasa ragu, lalu berangkat dari niat kalau Anda bisa membuat sebuah blog yang bagus baik dari segi kuantitas maupun kualitas kontennya. Niat saja belum cukup sebelum dibarengi dengan kepercayaan diri.

Pada mulanya akan kesulitan memang, karena harus melalui beberapa fase dalam beraktivitas didunia blogging tentu harus dihadapi. Meski begitu jangan lantas berputus asa dari membuat suatu media blog yang bagus. Justru dengan modal percaya diri itulah hobi ngeblog akan menjadi lebih menyenangkan karena tidak lagi ada alasan untuk tidak konsisten ngeblog setiap hari.

Baca juga: Tips Membuat Artikel Blog SEO Terbaru

2. Membuat Target

Apa manfaat membuat target? Target dibuat agar termotivasi untuk mencapai atau melampaui target tersebut. Selain itu saya juga menjadi termotivasi untuk mengulang pencapaian target itu. Dengan mencapai target maka akan mendapat kepuasan. Kepuasan itu yang akan menjawab pertanyaan "Apa yang didapat dari ngeblog?". Target ngeblog mungkin identik dengan target mendapat berapa banyak uang dari blog. Jika memang belum mahir, jangan membuat target yang diukur dengan uang. Jika tidak berhasil, justru malah bisa mematikan semangat ngeblog. Jadi bikin target yang simpel aja dan memungkinkan untuk dicapai. Itulah yang saya terapkan dalam ngeblog.

3. Tuliskan! Itu saja.

Faktor ini yang cukup sering mengganggu semangat/konsistensi ngeblog saya. Saya suka khawatir dan berpamrih terhadap tulisan saya. Padahal seharusnya kalau ada ide, yaudah bikin aja postingannya.


4. Perluas Cakrawala (wawasan seputas blogging)

Buka mata dan telinga untuk selalu memberikan perhatian kepada sesuatu yang terjadi pada lingkungan sekitar Anda. Karena dengan begitu ide, gagasan, tema tulisan akan banyak sekali bermunculan dengan sendirinya, kemudian hanya tinggal mengolahnya saja dengan bahasa khas Anda.

Orang yang membuka pikirannya akan lebih mudah mendapatkan sumber tulisan ketimbang mereka yang hanya diam saja tanpa peka terhadap peristiwa disekitarnya. Modal kedua agar konsisten ngeblog adalah dengan cara tetap mengikuti perkembangan lingkungan sekitar sehingga tulisan-tulisan terbaru menjadi bertambah.

5. Jalan-jalan Mencari Hal Baru

Terus kembangkan ide yang didapatkan dari memerhatikan lingkungan sekitar agar kualitas ngeblog semakin meningkat. Hal ini akan berdampak pada kualitas tulisan Anda nantinya. Semakin banyak jalan-jalan menemukan hal baru, maka apa yang ditulispun akan tetap terperbaharui. Ide dan ilmu memang tidak akan datang kepada mereka jika hanya diam saja. Setidaknya browsing via internet untuk mencari informasi terkini seputar blogging, blogger tetangga, dan lain sebagainya.

Selain itu, sering berkunjung ke suatu tempat pusat keramaian di kota misalanya. Itu juga bagus untuk mendapatkan sesuatu, paling tidak mendapatkan suasana baru sehingga tidak mudah bosan. Dengan begitu konsistensi ngeblog akan tetap terjaga sampai tujuan ngeblog terlaksana.

6. Belajar dari Blogger Lain

Cari tahu informasi tentang Blogger yang telah lebih dulu konsisten dalam mengelola blognya. Aktivitas ini memacu untuk tetap ngeblog karena ada sosok blogger hebat yang tengah kita pelajari cara-caranya. Motivasi diri dalam blogging sangat penting untuk kelangsungan hidup blog tersebut. Menempatkan blogger hebat tadi sebagai guru sekaligus pesaing merupakan cara jitu dan menjadi tantangan tersendiri untuk kita bisa melebihi kemampuannya.
Akan ada rasa dendam positif ketika ada blogger yang sudah melakukan update postingan, sedangkan Anda belum. Dengan begitu Anda akan segera mencari sumber inspirasi tulisan berikutnya (seperti pada poin 2 dan 3) agar bisa bersaing secara sehat.


Baca juga: 20 Blogger Terbaik Indonesia versi Anwariz Blog

7. Stop Berpuas Diri

Poin berikutnya jangan cepat puas atas apa yang telah Anda capai dalam ngeblog. Hindari sifat seperti itu karena akan membunuh secara pperlahan. Jangan pernah merasa sombong dan sok pintar ketika sudah bisa membuat blog yang bagus nantinya. Tetaplah bersikap rendah hati atas keberhasilan tersebut agar tidak berakhir pada kesia-siaan.

Alangkah lebih baik jika Anda sudah bisa membuat blog bagus tetapi tetap memposisikan diri sebagai pembelajar seperti pada awal mula Anda belajar ngeblog, kemudian berjuang untuk bisa, lalu belajar lagi meningkatkan kemampuan menulis bla bla bla. Itu akan lebih baik untuk menjaga agar kegiatan ngeblog tetap konsisten.

Nah, saya rasa sudah cukup memberikan gambaran bukan?! Semoga ulasan kali ini mengenai Tips Blogger Agar Konsisten Ngeblog diatas dapat bermanfaat buat kita semua. Sampai jumpa pada tulisan saya berikutnya. Salam Blogger!

0 komentar

Post a Comment