Berapakah Sebenarnya Biaya Perceraian?

BERAPA Sebenarnya HARGA Sebuah PERCERAIAN?

berapa biaya mengurus surat perceraian
Biaya Perceraian, Gambar via qdea.net
Biaya Perceraian, Anwariz.com - Perceraian sangat dibenci oleh Allah SWT, maka dengan itu pernikahan merupakan hubungan yang suci yang melibatkan asma Allah.  Jika mengalami pertengkaran dalam rumah tangga hindari kata-kata perceraian, terutama bagi kaum laki-laki yang harus kuat menutup rapat kata cerai atau thalaq, karena satu kali terucap dengan sadar maka sudah sah jatuh thalaq secara agama, oleh karena itu berhati-hatilah dalam berucap walaupun kita sedang dalam keadaan emosi maka hindarilah kata-kata yang menyebabkan adanya perceraian. Kaum perempuan tidak boleh memancing datangnya kalimat thalaq.

Lalu bagaimana jika sudah tidak ada kebersamaan lagi dan menyepakati berpisah? Berapa biaya perpisahan sesungguhnya? Biasanya jika perpisahan sudah disepakati oleh kedua belah pihak, maka pihak laki-laki atau suami boleh mengajukan surat permohonan cerai kepada Pengadilan Agama Negeri, biaya yang dikeluarkan tergantung jarak/lokasi dekat jauhnya dengan Pengadilan Agama. Jarak terdekat satu wilayah kecamatan kisaran tujuh ratus ribu rupiah, sedangkan apabila pihak perempuan yang mengajukan dan dalam satu wilayah kecamatan kisaran empat ratus sampai lima ratus ribu rupiah. 

Pengadilan Agama tidak lantas mengabulkan pengajuan permohonan cerai begitu saja, biasanya dilakukan mediasai dan ada beberapa tahapan atau labgkah yang harus dilalui seperti mengahdirkan saksi-saksi dari kedua belah pihak.  Tidak lupa pula biaya potocopy surat nikah yang dilegalisir dan bermaterai, fotocopy kartu keluarga dan Kartu Tanda Penduduk, serta pembuatan surat permohonan cerai dan fotocopyannya sebanyak beberapa rangkap.

Bagi mereka yang belum menyepakati perceraian atau hanya dikehendaki oleh satu pihak saja, biasanya ada beberapa tahapan yang harus dilalui yaitu mediasi, pelaporan hasil mediasi, duplik, replik, bukti dan saksi baru keputusan. Apabila melebihi waktu yang telah dijadwalkan, maka ada pembayaran tambahan yang dihitung untuk sisa pertemuan sidang. Biaya tambahan pun tidak akan besar bisa jadi hanya setengah dari pembayaran awal tergantung banyak tatap muka sidang berikutnya.

Terkait:
Anak Jadi Korban Perceraian Orang Tuanya

Uang atau biaya yang dibayar ke Pengadilan  Agama Negeri bisa saja ada kembalian apabila tahapan sidang yang dilalui hanya sedikit atau beberapa kali saja. Jadi sesungguhnya biaya perceraian tidaklah semahal biaya pernikahan, namun proses yang tidak mudah karena Pengadilan Agama Negeri tetap menyarankan dan memberikan waktu serta kesempatan untuk melakukan rujuk dan tidak menyarankan untuk adanya perpisahan. Sebenarnya selain biaya yang harus dipersiapkan adalah kondisi pisik dan mental untuk mengahadapi persidangan. Untuk saksi yang dihadirkan adalah dua orang saksi yang mengetahui alur atau jalan cerita rumah tangga kita sampai alasan mengapa kita memutuskan berpisah.

Baca:
Tips Merawat Bayi saat Dalam Kandungan
Mainan Anak Sebagai Media Pendidikan

Biaya yang dipaparkan diatas merupakan biaya dengan perkiraan jarak terdekat dan apabila tidak diwakilkan oleh pengacara. Sedangkan jika menggunakan pengacara  biaya perceraian pun akan lebih dari paparan di atas karena tentunya kita membayar jasa pengacara dengan kisaran harga yang berbeda-beda, tergantung dari pengacara yang membela atau mengurus sidang perceraian tersebut.

Jadwal perceraian ditetapkan oleh majelis hakim biasanya tidak tiap hari ataupun seminggu sekali namun sesuai kebutuhan dan kebijakan majelis hakim karena mempertimbangkan kedua belah pihak yang sedang berperkara.  Oleh karena itu ada perceraian yang hampir memakan waktu 5 bulan, maka dengan itu siapkan pula biaya tambahan yang sifatnya untuk pribadi seperti ongkos atau bahan bakar kendaraan, kebutuhan makan dan jajan ketika menunggu antrean atau panggilan sidang yang jadwalnya tidak bisa ditentukan.

[anwariz.com - ayu w]

0 komentar

Post a Comment