Tips Terbaik Melatih Bayi Merangkak, Bunda Harus Tahu Nih!!

Anwariz Blog | Tips Terbaik Mengajarkan Bayi Anda Merangkak Sempurna - Merangkak adalah tahap akhir pada bayi untuk menuju kemampuannya berjalan. Dengan merangkak, dia juga akan belajar untuk menyeimbangkan antara tangan dan kakinya untuk berjalan. Pada saat itu juga otot kakinya akan semakin kuat dan siap untuk berjalan. Nah, buat para orang tua, berikut ini adalah beberapa cara mudah mengajarkan bayi anda untuk dapat cepat merangkak. Silahkan disimak
tips melatih bayi merangkak
Image by tabloid-nakita.com
1. Biasakan Untuk Mengurangi Menggendong

Menggendong atau membawa bayi anda dengan baby walker atau stroller dapat memperlambat cara bayi untuk merangkak. Pasalnya, bayi menjadi pemalas karena sudah terbiasa untuk bersantai dan tidak menggerakkan badannya. Perlu diingat pula, untuk tidak membiasakannya dimanja dengan selalu menggendongnya. Melatihnya perlahan tapi pasti akan membiasakannya untuk melatih otot tangan dan kakinya untuk aktif bergerak. Dengan aktifnya otot tangan dan kaki bayi anda, kesempatan untuk merangkak akan lebih cepat berhasil. Usahakan untuk sehabis digendong segera letakkan bayi di lantai agar dapat bermain dan bergerak.

2. Latih Bayi Tengkurap Di Matras

Ciptakan momen pagi dan sore untuk melatih buah hati anda untuk berlatih diatas matras. Dengan melatihnya secara berkala, akan mempercepat prosesnya untuk merangkak. Matras yang lembut dan empuk dapat menstimulus buah hati anda untuk bermain di atasnya. Ajaklah bayi anda bercanda yang dapat membuatnya merangkak. Selalu perhatikan dan awasi buah hati anda yang tengah belajar merangkak. Perhatian anda sangat berpengaruh dalam mempercepatnya belajar merangkak.

3. Memberi Mainan Kesukaan Bayi di Depannya

Untuk melatih buah hati merangkak secara cepat, anda dapat menyiapkan mainan kesukaannya terlibat dalam proses pembelajaran ini. Ajaklah buah hati anda merangkak dengan menaruh mainan kesukaannya di ujung yang berbeda dari lokasi bayi. Beri rintangan berupa bantal atau guling pada jalur menuju mainannya. Dengan demikian, buah hati anda akan terespon untuk bergerak maju dan melewati rintangan tersebut untuk mengambil mainan kesukaannya. Dengan begitu, bayi akan belajar untuk aktif merangkak.

4. Memberi Contoh Merangkak

Bayi sangat suka meniru tingkah dari orang tuanya. Anda patut memberikan contoh merangkak agar bayi anda menirukannya. Buatlah buah hati anda tertarik untuk mengikuti anda, gunakan gaya yang membuatnya tertawa sehingga dia akan dengan cepat menirukan anda merangkak. Latihlah buah hati anda secara berkala agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Baca juga:
Mengatasi Terlambat Bicara pada Anak
Karena Kita Keluarga Mereka
Gejala Gangguan Makan pada Anak

5. Memberinya Terapi Pijat

Setelah selesai berlatih, tubuh si kecil akan merasa kelelahan. Berilah pijatan yang lembut dan hangat agar otot-otot pada lengan dan kakinya lemas. Lakukan pijatan ini setelah si kecil mandi. Gunakan minyak khusus bayi untuk memijatnya. Perlu diingat, jangan memijat buah hati anda dengan keras, memijatnya dengan keras akan membuatnya tidak nyaman dan kesakitan. Lakukan terapi pijat ini setelah si kecil selesai beraktifitas dan selesai belajar merangkak. Dijamin, si kecil akan semakin senang untuk belajar dan lincah.

6. Sering Mengajak Bayi Tengkurap

Mengajaknya untuk tengkurap dapat membantu prosesnya merangkak. Latihlah si kecil untuk selalu tengkurap dimana pun ia berada. Latihan yang rutin dapat membuatnya semakin mahir untuk melakukannya. Perlu diingat, jangan memaksakannya bila sampai si kecil menangis. Jika buah hati anda sudah bosan, hiburlah dengan memberinya hadiah atau mainan kesukaannya.

Itulah beberapa cara yang dapat anda coba untuk melatih si buah hati untuk merangkak. Semakin pandai ia merangkak, maka semakin cepat pula buah hati anda berjalan. Semoga berhasil.

Artikel dari Penulis Tamu  
Fatur Nugraha, situs: konteninfo.blogspot.co.id, mail: degraone@gmail.com

0 komentar

Post a Comment