Ilmu Padi: Manfaat Kebersamaan untuk Saling Menguatkan

anwariz | Ambil Hikmah dibalik Ilmu Pagi -  Pribahasa ilmu padi untuk dijadikan pelajaran kita manusia. Sebab manusia dianjurkan mengambil pelajaran atau hikmah dari setiap peristiwa dan kejadian begitu juga mengambil pelajaran dari tanaman pagi (ilmu padi). Istilah agamanya kita perlu tafakur alam dimana saja kapan saja. Termasuk ketika berjalan-jalan di areal persawahan dipenuhi hamparan padi menguning.


inspirasi ilmu padi untuk saling menguatkan

Sekian lama tinggal di Kota Kembang sekedar menjalankan proyek blogging, tidak lantas membuat saya lupa akan tempat kelahiran. Ya, rumah di kampung saya berdekatan dengan areal persawahan. Tinggal buka jendela maka hamparan sawah sudah nampak di depan mata. 

Kejadiannya ketika itu tengah asik jalan-jalan di belakang rumah niat awalnya mencari udara segar sih, tapi saya sadar ada aneh tidak seperti biasanya. Banyak tanaman padi mendadak tumbang diterjang angin kencang tadi malam. Memang sih cuaca belakangan ini sulit diperkirakan, kadang hujan, kadang panas menyengat. 

Tepat dipinggir sawah itu saya melihat cukup banyak tanaman padi yang ambruk. Melihat umur padi yang sudah menguning, kemungkinan dalam waktu dekat hamparan padi ambruk ini akan segera di pindahkan ke karung alias di panen oleh si pemilik sawah. Karena jika tidak,kualitas beras nantinya akan tidak bagus akibat bulit padinya terendam oleh kubangan air.


Manusia musti pandai membaca setiap gejala alam untuk kemudian diambil hikmah dan pelajaran dibalik kejadian tersebut. Hal demikian sejalan dengan perintah "IQRA" dalam ajaran Islam yakni mengasah kemampuan "membaca" kejadian desekitar kita.

Kembali lagi ke topik utama soal Ilmu Pagi, dari tanaman padi yang ambruk itu kita dapat mengambil hikmah. Semakin banyak masalah yang menimpa maka akan semakin berat pula beban yang kita pikul. Jika kita tidak memperkuat diri kita, maka kita akan ambruk. Hal ini berlaku untuk masalah kesehatan fisik maupun psikis.

Tentunya Anda lebih tahu, untuk memperkuat tubuh kita terhadap penyakit fisik bagaimana caranya, dan untuk memperkuat jiwa kita terhadap penyakit psikis apa yang harus dilakukan. Yang jelas, semakin berat serangan terhadap fisik dan psikis Anda, maka Anda membutuhkan penopang yang lebih kuat. Mintalah bantuan kepada orang lain sesuai dengan keahlian masing-masing. Jangan hadapi semua masalah sendirian. Karena manusia diciptakan sebagai makhluk sosial, yang memerlukan orang lain untuk membantunya.

Ketika mendapati masalah terlalu berat dalam hidup, maka bersandarlah pada orang-orang terdekat Anda, lihat saja tanaman padi, tanaman-tanaman yang berdekatan akan saling menguatkan satu sama lain. Dunia ini sudah diciptakan indah, hanya masalah sudut pandang kita yang membuatnya suram. Perbaiki motivasi diri saat menyikapi suatu permasalahan.

Demikianlah pelajaran yang saya dapat ketika jalan-jalan di pematang sawah di belakang rumah. Terkesan sepele memang, tapi kalau dicerna dengan bijak akan banyak sekali hikmah di dalamnya agar hidup kita lebih baik lagi dari kemarin. Belajar mengambil hikmah dari ilmu padi tersebut semoga bermanfaat untuk Anda. Jika dirasa berguna silakan bagikan artikel ini ke teman-teman Anda! 

Selamat menikmati indahnya dunia, dan jangan lupa bahagia!

0 komentar

Post a Comment