PICKY EATER ATAU ADA GANGGUAN MAKAN MINUM YAH? ANANKKU ALAMI MASALAH YANG MANA?

gangguan makan minum atau picky eater anak
blog.tokopedia.com
Anwariz.com - Perbedaan Istilah Picky Eater dan Gangguan Makan - Bunda pasti sangat khawatir kalau anaknya susah makan, atau milih-milih makanan saat hendak makan, maunya itu-itu terus atau bahkan ia gamau makan sama sekali. Duh apa yah yang salah? Curiga makanan yang bunda kasih ga enak rasanya? Atau mungkin tekstur makanan yang diberikan pada anak masih dianggap asing di mulut anak?, mungkinkah ada sesuatu yang luka di area mulutnya (misal sariawan). Atau, bisa jadi dia mengalami gangguan makan minum sehingga tidak bisa mengunyah makanan yang bunda berikan?

Gangguan Makan Minum pada Anak atau PICKY EATER? Anakku alami masalah mana nih?


Duh.,.,duh.,.,duuuuuhh., banyak juga yah yang harus dicurigai dan dicermati oleh bunda sekalian!!! Hihhiihhii...

Sebelumnya bunda harus tahu dulu nih bedanya “picky eater” sama “gangguan makan minum”, karena saat anak sudah mengalami gangguan makan minum bunda sudah harus mengkonsultasikan masalah tersebut dengan orang memiliki kompetensi di bidangnya (misal konsultasi terlebih dahulu pada dokter anak dan terapis wicara).

Picky eater adalah suatu istilah yang diberikan kepada anak/orang yang suka memilih-milih makanan yang hendak ia makan (pemilih makanan), misalnya; ia hanya bisa atau mau makan jika lauk pauknya hanya telur atau daging, sementara ia tidak suka jika diberikan makanan dengan lauk pauk selain 2 jenis tersebut.  Sedangkan gangguan makan atau minum adalah suatu ketidakmampuan anak dalam memproses makanan di mulutnya karena faktor-faktor tertentu, yang biasanya terjadi pada anak adalah adanya ketidakmampuan otot-otot di area mulut untuk melakukan gerakan/proses mengunyah (berkenaan dengan adanya kecacatan syaraf atau otot yang mengatur pergerakan khusus area mulut), sehinggaanak mengalami gangguan/kesulitan dalam memproses makanan dengan tekstur apapun (terutama tekstur yang keras seperti nasi dan atau makanan berserat lainnya).

Langkah awal yang harus bunda sekalian lakukan adalah mencari tahu dan membedakan masalah apa yang terjadi pada anak sehingga bisa memecahkan kekhawatiran serta mencari suatu solusi yang tepat untuk menangani masalah tersebut.

Masalah picky eater bisa bunda atasi dengan mensiasati ketidaksukaan anak atau pun kebiasaan anak yang sangat pemilih terahadap makanan, yang kemungkinan awalnya bisa terjadi karena kebiasaan bunda memberikan makanan ang itu-itu aja, sehingga anak tidak terbiasa merasakan makanan dengan rasa ataupun tekstur yang laindan baru,  tips yang bisa dilakukan di rumah adalah kenalkan indra perasa anak dengan semua jenis makanan yang yang sehat dan bergizi ya buun tentunya, dan wajib dicoba juga nih melakukan beberapa inovasi dan kreatifitas bunda dalam mengolah ataupun menyajikan makanan, supaya bisa meningkatkan minat atau ketertarikan anak dalam menyantap makanan tersebut.


Lain halnya dengan indikasi masalah atau gangguan makan minum yang memang harus segera ditangani, karena asupan makanan merupakan nutrisi yang diperlukan tubuhnya untuk tumbuh dan berkembang. Masalah ini biasanya muncul atau disadari bunda saat anak mulai diberi asupan atau makanan tambahan, area mulut anak belum atau tidak siap untuk memproses makanan yang masuk, sehingga rahang atau lidahnya tidak melakukan gerakan sama sekali dan membiarkan makanan tersebut.

Ciri khas anak dengan masalah gangguan makan minum diantaranya; mulut sering terbuka yang bisa jadi menyebabkan banyaknya keluar air liur (karena bibir dan lidahnya tidak mampu mengontrol air liurnya sendiri), jika diberi makanan dengan tekstur yang tidak bisa ia proses, maka ia hanya akan mengunyahnya sebentar lalu ditelan (bisa jadi langsung ditelan tanpa dikunyah), sering terbatuk/ keselek pada saat makan atau minum (minum air putih terutama) yang sering khawatirkan oleh dokter karena takut terjadinya aspirasi (ada makanan/minuman yang masuk ke saluran napas dan ataupun masuk ke paru-paru).

Yuk bunda kita sama-sama cermati, supaya tidak terjadi kekhawatiran yang berlebihan saat anak bunda susah makan dan jika terjadi masalah yang lain bunda bisa segera cari dan konsultasikan ke ahli maupun orang yang berkompeten mengalami masalah tersebut, terlebih jika mengenai gangguan makan anak tersebut.

Sumber: BUKU “EATING AND DRINKING DIFFICULTIES IN CHILDREN. A guide for practitioners”.2005. April Winstock.

0 komentar

Post a Comment