Tuesday, August 09, 2016

Tips Membuat Artikel Viral Berkualitas

anwariz | Tips Membuat Artikel Viral Berkualitas - Kegiatan ngeblog saat ini sepertinya sudah tidak bisa terpisahkan dengan aktivitas di media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram dan lainnya. Peran media sosial, ketika dikelola sebaik mungkin akan sangat membantu para blogger ddalam rangka mempopulerkan blog dengan cara mempromosikan konten miliknya melalui media sosial harapannya agar menjadi konten viral

cara membuat artikel viral dan artikel berkualitas

Dengan menyebarkan konten postingan ke media sosial, maka Anda akan berpeluang besar untuk membuat artikel blog Anda tersebar dengan luas dan tak menutup kemungkinan populer di kalangan masyarakat sosial media sehingga meningkatkan popularitas blog Anda.


Hingga artikel ini dibuat, sudah banyak konten artikel viral yang beredar di sosial media namun isinya ternyata kebohongan atau hoax semata menarik traffic. Memang tidak langsung berdampak buruk bagi seseorang, namun tetap saja sesuatu yang berupa berita bohong tidak berdampak positif untuk masyarakat luas. Tak jarang orang menjadi pobia terhadap sesuatu hal hanya karena membaca suatu berita fiktif.


Bagaimana caranya membuat artikel blog viral di sosial media namun isinya berkualitas? Berikut saya ulas 10 Tips Membuat Artikel Viral Berkualitas dikemas ulang dari berbagai sumber terpercaya.



1. Bukan Berita Hoaks


Jangan sekali-kali membuat artikel hoax. Nama baik Anda taruhannya. Telitilah artikel yang akan Anda bagikan ke medsos.


2. Konten Original (Bukan Copy Paste)


Tuliskan sesuatu hal baru, jangan meniru 100% artikel orang lain. Kalaupun terpaksa meniru, coba buat ulang dengan bahasa diri Anda sendiri. Menulis dari sudut pandang diri sendiri akan membuat konten tersebut menjadi unik dan tampak original baik dimata mesin pencarian maupun dimata pencari informasi.


3. Pendek tapi Jelas


Jangan membuat artikel yang terlalu panjang, kecuali Anda berniat membuat buku.


4. Gunakan Gambar


Menambahkan gambar unik akan semakin meraik perhatian calon pembaca. Pembaca akan berhenti sejenak sekedar untuk melihat gambar dan kemungkinan besar akan membacanya juga.


5. Gunakan Judul Artikel yang Menarik


Penggunaan judul menarik pada artikel akan membuat orang penasaran dengan apa isi tulisan tersebut. Bukan berarti judulnya saja, melainkan kualitas isi menjadi intinya. Buat konten menarik baik judul sampai isinya sehingga pembaca tidak merasa "tertipu" oleh tulisan Anda.


6. Menggugah dan Inspiratif


Pancing emosi perasaan orang terhadap isi artikel Anda. Mestinya artikel Anda dapat menggugah perasaan pembaca dan menginspirasi mereka untuk melakukan hal yang baik.


7. Konten Bermanfaat


Bisa saja artikel itu hanya memancing emosi pembaca sehingga menimbulkan minat pembaca untuk membagikannya ke orang lain. Sebuah artikel bisa saja menjadi viral meskipun tidak berguna bagi banyak orang. Namun demikian agar konten artikel tetap memiliki kualitas serta reputasi baik dimata pembaca maka harus menyertakan informasi bermanfaat.


8. Bahasa Ringan Mudah di Pahami


Bahasa alay, terlalu banyak singkatan, akan sulit dipahami pembaca. Sekaligus juga akan memberi nilai negatif terhadap artikel Anda di mata pembaca.



9. Timing Publikasi Artikel


Carilah waktu yang sesuai untuk membagikannya, setelah konten artikel selesai dibuat. Biasanya waktu yang tepat membagikan artikel berkualitas adalah di pagi hari sekitar pukul 7:00, siang hari pukul 14:00 dan malam hari sekitar pukul 20:00. Tidak dianjurkan membagikan postingan pada hari libur panjang, alasannya kebanyakan orang sedang melakukan liburan bersama keluarga sehingga kemungkinan besar tidak sedang berada di depan komputer atau memegang gadget.


10. Promosikan Konten Anda


Sebarkanlah artikel Anda seluas-luasnya di berbagai akun medsos yang Anda miliki. Kalau perlu, mintalah bantuan teman-teman dekat untuk ikut menyebarkannya.


Kesimpulan


Pada dasarnya membuat konten artikel viral adalah memberikan manfaat kepada orang lain. Ketika informasi tersebut memiliki manfaat dan berkualitas, maka dengan sendirinya artikel tersebut menjadi viral dan populer di kalangan masyarakat. Artikel viral erat kaitannya pada isi dari pesan tulisan tersebut. Buatlah konten seoriginal mungkin, menggunakan gaya bahasa Anda sendiri.


Semoga bahasan tentang Tips Membuat Artikel Viral Berkualitas di atas memberikan banyak manfaat bagi Anda khususnya pembaca setia ANWARIZ.com. Oleh karenanya jangan sungkan membagikan posting terbaru ini kepada teman-teman sebanyak mungkin agar menjadi artikel viral di media sosial. Terimakasih
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner