10 Cara Dahsyat Mencari Inspirasi Menulis yang Perlu Anda Ketahui - Anwariz.com Sahabat Inspirasi Indonesia

Cari aja disini

10 Cara Dahsyat Mencari Inspirasi Menulis yang Perlu Anda Ketahui

cara mencari ide dan inspirasi menulis blog
Cara Mencari Inspirasi Menulis
Mencari Ide Menulis - Tidak adanya ide atau inspirasi menulis kerap kali menjadi alasan bagi sebagian blogger ketika hendak menulis artikel pada blognya. Hal tersebut sering saya temui saat sedang melakukan Blogwalking ke beberapa blog-blog yang memang sudah lama tidak melakukan update artikel. Padahal inspirasi menulis sudah tersedia disekitar kita, dilingkungan tempat tinggal, dijalanan, sebenarnya bisa menjadi sumber terciptanya suatu tulisan menarik. Hanya dibutuhkan sedikit sentuhan kreatifitas dan inovasi dari sang penulisnya saja dengan begitu tidak mustahil menjadi penulis hebat.

Tips Mencari Inspirasi Menulis


Untuk  itu, berikut  10 cara mencari ide menulis artikel blog. Sebagian besar hasil pengalaman selama ngeblog, sebagian lain hasil pengamatan dari blogger senior yang kemudian dikemas dengan bahasa lugas, ringan serta mudah dilakukan oleh Anda. Harapannya tentu saja jangan sampai blog Anda mati suri akibat terbengkalai tanpa adanya pembaruan artikel.

1. Googling atau Browsing

Menari informasi lewat internet sudah menjadi gaya hidup orang kebanyakan. Hampir semua handphone telah memiliki fitur canggih untuk memudahkan penggunanya melakukan browsing. Jadikan aktivitas Anda di dunia maya sebagai suatu hal yang produktif, jangan hanya sekedar untuk update status "tak mutu" bukannya mengumbar aib. Banyak inspirasi dan ide yang bisa diformulasikan menjadi sebuah tulisan ketika Anda browsing internet.

2. Sambil Jalan-jalan (Traveling)

Setiap kali Anda bepergian bahkan kalau itu hanya sekedar jalan-jalan di akhir pekan, buatkan jurnal tentang berbagai peristiwa dalam perjalanan Anda tersebut. Buka mata Anda dan perhatikan hal-hal baru yang selama ini luput dari perhatian Anda. Buat catatan singkat tentang hal-hal yang baru dan berkesan tersebut.

3. Diskusi atau Obrolan Ringan

Mendengarkan di sini bukan berarti Anda "kepo" dengan permasalahan orang lain. Tetapi ketika berada di keramaian, di atas kendaraan umum, atau ketika mengunjungi taman-taman kota. Pelajari dan amati cara orang berbicara dan bagaimana mereka memandang suatu permasalahan hidup. Mengolah hasil pengamatan tersebut bisa Anda jadikan bahan untuk tulisan baru dengan melihat dari sudut pandang Anda sendiri.

4. Membaca Tanda Alam Sekitar

Bersantai di pematang sawah sambil menikmati riuhnya angina sore biasa saya lakukan disela-sela istirahat menulis. Atau hanya sekedar duduk dipinggir jalan sembari ngopi-ngopi bersama kawan bisa menjadi jalan terciptanya ide menulis. Alam semesta selalu menghadirkan keindahan untuk kita nikmati dari berbagai sisi. Syukuri apa yang sudah Anda dapari dari kebaikan semesta, kemudian biarkan nurani menelusuri milyaran inspirasi secara alami.

5. Rajin Membaca Buku

Banyak membaca adalah modal penting menjadi penulis hebat. Sebab ada pepatah mengatakan “Buku adalah Jendela Dunia. Semakin rajin membaca semakin banyak pula wawasan tentang sesuatu sehingga akan muncul ide-ide baru untuk ditulis kembali menjadi informasi yang relevan dengan kondisi sekarang. Perbendaharaan kata akan bertambah banyak dan semakin baik melalui kebiasaan membaca. Hal tersebut menjadi nilai tambah kepada kualitas tulisan Anda kedepannya.

6. Mulai Membuka Kamus

Ketika kehabisan ide, mulailah membuka kamus kemudian pilih beberapa kata secara acak. Cobalah meracik suatu formula baru dari kata-kata hasil pilihan tersebut. Bermula dari konsep dasar sederhana namun selalu benar: Tidak ada batasan dalam berkreatifitas. Juga tidak ada aturan baku soal cara berpikir. Setelah itu Anda akan terkagum-kagum melihat bagaimanca cara ini berhasil.

7. Nonton Film Inspiratif

Film tidak hanya sebatas tontonan semata, melainkan banyak tuntunan berharga didalamnya. Selalu terdapat kisah-kisah inspiratif yang melatarbelakangi terciptanya sebuah film. Bagaimana sang pembuat film ketika mengangkat alur ceritanya ke layar lebar itu kemudian bisa Anda pelajari untuk bahan tulisan. 

8. Mendengarkan Musik

Musik membuat suasana hati menjadi lebih rileks, terlebih jika mendengarkan lagu dari penyanyi favorit Anda. Musik instrumental juga cukup baik mendukung terciptanya suasana berbeda saat mendengarnya. Tak jarang melalui musik yang sering didengarkan akan muncul ide-ide kreatif untuk dituangkan menjadi bahasa tulisan unik

9.  Membawa Catatan Kecil

Bawalah catatan kecil dan pena ke manapun anda bepergian. Dengan cara itu saat anda mendapatkan ide anda bisa segera menuliskannya. Suatu saat nanti saat membaca ulang catatan tersebut maka anda mungkin saja menemukan 90% dari ide anda masih berbentuk draft. Tidak usah khawatir. Yang perlu Anda lakukan adalah memaksimalkan 10% sisanya agar hasil kreasi Anda lebih sempurna.

10. Metode Brainstorming

Melakukan brainstorm dengan baik dipercaya mampu menghadirkan lebih banyak ide-ide kreatif dan segar. Bahkan tak hanya sampai disitu, Anda akan mampu memilah mana yang terbaik dari ide tersebut. Cobalah pejamkan mata Anda sejenak, kemudian fokus membayangkan objek tertentu selama beberapa menit. Pertajam bayangan objek tersebut sedetail mungkin, setelah itu akan terasa terasa lebih rileks. Pada keadaan seperti itulah biasanya ide cerdas muncul ke permukaan dengan sendirinya. Selamat mencoba!

Demikianlah pembahasan kali ini tentang 10 Cara Dahsyat Mencari Ide Menulis. Semoga pemaparan diatas bisa memberikan manfaat bagi Anda terutama yang memilik tekad kuat menjadi penulis profesional. Tentu masih banyak cara lain diluar sana yang belum sempat saya ketahui . Untuk itu, silakan jika mau menambahkan tips-tips menulis melalui kolom komentar  dibawah. Jangan lupa berbagi kepada teman-teman jika dirasa tulisan ini bermanfaat. 

Comming Terms,



No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungannya:

1. Silakan berikan komentar terbaik Anda.
2. Saran & Kritik akan saya terima dengan lapang dada (bukan lapang bola, yaa) sebagai bentuk evaluasi konten blog ini.
3. Dilarang menyertakan LINK hidup atau mati.
4. Jika Anda tidak terima, silakan mengajukan 'banding'!!