Cara Mengatasi Shadow Banned Tiktok Cepat dan Mudah Akun Kembali FYP

ANWARIZ.COM - Terkena Shadow Banned akan sangat merugikan terutama bagi kreator konten media sosial seperti Tiktok & Instagram. Pasalnya hal ini akan membatasi jangkauan serta kemunculan dari beranda sehingga jarang muncul diberanda orang lain, bahkan kemungkinan tidak muncul sama sekali.


Pihak media sosial tertentu tidak memberi tahu kepada pengguna bahwa dia terkena Shadow Banned Tiktok. Secara resmi Tiktok sendiri tidak pernah memberitahukannya. Hal ini dikarenakan proses otomatis yang dilakukan Algoritma TikTok.


Tiktok shadow banned


Pokok Bahasan;

Apa Itu TikTok Shadow Banned?

Ciri Akun TikTok Terkena Shadow Banned

Penyebab Shadow Banned di TikTok

Cara Cek Akun dan Tagar Terkena Shadow Banned

Cara Mengatasi Shadow Banned

Cara Mencegah TikTok Shadow Banned

 

Tujuan dihadirkannya Shadow banned ini yaitu untuk melindungi ekosistem konten terhadap spam, konten dewasa, dan masalah hak cipta. Jika ada video yang dilarang, maka secara otomatis tidak akan ditampilkan di feed (beranda) penggunanya.

 

Lalu apa sih sebenarnya TikTok Shadow Banned? Bagaimana cara mengetahuinya dan solusi buat mengatasi? Nah, buat yang penasaran dengan Shadow Ban ini, langsung simak ulasan berikut ini.

 

Apa Itu TikTok Shadow Banned?


Shadow Banned pada dasarnya istilah yang sering muncul di berbagai platform media sosial seperti Twitter, Instagram dan bahkan blog. Istilah shadow banned ini merujuk pada proses pemblokiran secara sembunyi-sembunyi terhadap konten maupun aktivitas komunitas tertentu.

 

Hal ini bertujuan untuk menciptakan ekosistem komunitas yang lebih kondusif dengan melarang sekaligus menyembunyikan konten-konten spam (unfaedah), konten dewasa, dan terkait masalah hak cipta suatu konten.

 

Dengan shadow banned, maka pengguna TikTok yang suka berbuat kegaduhan, tidak menyadari bahwa akun mereka sedang dibatasi oleh sistem. Sebagai aplikasi paling populer tentunya TikTok perlu melakukan hal tersebut terutama bagi mereka pembuat konten, video ataupun tagar (hashtag) yang diluar topik.

 

Bagi yang belum tahu, Shadowban TikTok adalah larangan pembatasan sementara di akun TikTok pribadi. Namun, walau sedang dibatasi, Anda masih bisa mengunggah video. Jadi, Anda masih bisa membuka TikTok, menonton video, berkomentar, dan lain-lain, tapi penonton berkurang drastis.


Baca: 

Kata-kata Afirmasi Magnet Uang

Afirmasi Magnet Uang dari Sudut Pandang Berbeda


Cara Keluar Group WA

Cara Keluar dari Group WhatsApp dengan Mudah

 

Lebih menakutkan lagi karena pihak TikTok tidak memberitahukan Anda terkena Shadowban dan tidak diketahui sampai kapan Shadowban berakhir. Soalnya, tindakan ini merupakan proses otomatis yang dilakukan oleh algoritma TikTok untuk melindungi akun dari spam, konten dewasa, dan masalah hak cipta.


shadow ban tiktok


 

Ciri Akun TikTok Terkena Shadow Banned

 

Video TikTok tidak muncul di beranda atau feed.

Konten video tidak muncul di pencarian.

Nama akun Anda tidak muncul di pencarian.

Orang lain sulit menemukan konten video Anda.

 

Penyebab Shadow Banned di TikTok

 

Lantas apa penyebab yang memincu shadow banned di TikTok? Meskipu hanya ada beberapa alasan yang bisa menjadi penyebab TikTok melakukan shadow banned. Namun, ini benar-benar terjadi kepada sebagian besar pengguna TikTok. Adapun penyebab tersebut, mari kita simak ulasannya berikut.

 

1.     Memposting konten dengan unsur ilegal seperti seperti kekerasan, senjata, obat-obatan terlarang, hingga SARA.

2.     Melanggar kebijakan privasi TikTok.

3.     Dilaporkan oleh banyak pengguna lain.

4.     Melanggar ketentuan UU Hak Cipta (Copyright).

5.     Membuat hashtag ataupun membuat video provokatif berpotensi kegaduhan.

 

Cara Cek Akun dan Tagar Terkena Shadow Banned

 

Nah, untuk mengatahui apakah akun kamu terkena shadow ban atau tidak, kamu bisa cek akunmu. Cara mengeceknya sangat mudah, adapun untuk mengetahui shadow ban dapat dilakukan dengan cara berikut ini.

 

1.     Buka aplikasi TikTok di HP Android maupun iOS.

2.     Kemudian, dilahkan tekan tombol “Temukan“.

3.     Kemudian dilahkan tekan tombol Temukan

4.     Setelah itu, tinggal ketik nama akun TikTok atau tagar yang kamu gunakan di kolom pencarian.

5.     Selanjutnya, tinggal tekan “Cari“.

Nah, jika namamu atau tagar masih muncul di pencarian, maka akun ataupun tagar tersebut masih aman dan tidak terkena shadow ban. Tapi, jika tak terlihat, maka lakukan upaya di bawah ini

 

Cara Mengatasi Shadow banned TikTok

 

Sebenarnya TikTok belum mengumumkan secara resmi bahwa mereka memiliki pembatasan konten Shadowban. Namun, dari banyak kasus para pengguna TikTok, mereka sudah pernah merasakannya.

 

Kami merangkum Ciri, Penyebab dan Cara Mengatasi Shadow Banned Tiktok, berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi Shadow Banned Tiktok.

 

1.     Berhenti upload video untuk sementara waktu (3-14 hari).

2.     Kalau Anda menemukan video yang melanggar, segera hapus.

3.     Tunggu pembatasan Shadow banned berakhir selama 3 hari sampai 2 minggu.

4.     Hapus cache aplikasi TikTok.

5.     Logout akun TikTok dan hapus aplikasi TikTok.

6.     Reboot smartphone dan tunggu selama 10 menit sebelum download aplikasi TikTok lagi.

7.     Setelah masa pemulihan 7 hari posting video sehari sekali tanpa hashtag.

8.     Cantumkan caption wajar tanpa tanpa menambahkan hashtag.

9.     Sabar menunggu Shadow banned berakhir sambil melakukan aktivitas sewajarnya, seperti like, comment, follow di akun TikTok orang lain.

10.  Kurangi aktivitas di aplikasi TikTok dan sosial media lain, mulailah ngobrol bersama teman-teman di dunia nyata.

 

Demikian ulasan tentang beberapa Cara Mengatasi Shadow Banned Tiktok dan penyebabnya. Anda yang sudah terlanjur terkena Shadow banned sebaiknya segera berhenti upload video. Hapus video yang berpotensi melakukan pelanggaran. 

 

Setelah satu minggu tapi Shadow banned belum berakhir, mulailah melakukan upload konten video agar jangkauan penonton tidak menurun drastis. Setelah melakukan berbagai usaha jangan lupa perbanyak berdoa agar Shadow banned TikTok segera berakhir.

0 comments

Posting Komentar

Kami tunggu saran dan kritik via kolom komentar