Manfaat Menulis di Blog Bisa Bikin Kamu Jadi Orang Paling Kaya

Manfaat Menulis di Blog Bisa Bikin Kamu Jadi Orang Paling Kaya di Dunia

Anwariz.com - Puji syukur kepada Allah Subhanahuwata’ala, bahwasannya saya masih diberi kesempatan untuk menulis dan berbagi cerita seputar blogging kepada pembaca setia Anwariz.com. Alhamdulillah… Kali ini saya ingin menulis tentang manfaat menulis di blog, khususnya bagi teman-teman yang baru akan menekuni dunia blog-menjadi seorang blogger.
manfaat blogging

Dewasa ini banyak sekali situs blog/website yang bertebaran di dunia maya. Entah itu website berita, web game, atau blog-blog tutorial seperti blog anwariz yang sedang Anda baca. Tidak sedikit situs bertebaran di dunia maya tersebut didominasi oleh blog pribadi yang berisikan informasi sederhana namun berguna. 

Platform blog yang digunakan biasanya tanpa biaya alias GRATIS, seperti; blogspot, wordpress, tumblr, weebly, dan lain sebagainya. Bahkan ada juga situs blog pribadi menggunakan hosting sendiri agar terkesan lebih profesional.

Pengguna internet Indonesia bisa dibilang salah satu pengguna internet terbanyak di dunia. Maka tak heran jika setiap harinya bermunculan blog-blog baru yang siap untuk dibaca. Hal ini terjadi karena perkembangan teknologi dan informasi semakin melesar dengan cepat. Dan kita sebagai manusia tidak bisa membendung kemajuan jaman ini, yang bisa kita lakukan adalah memanfaatkan kemajuan teknologi ini sebaik mungkin. Salah satunya dengan menulis di blog…

Sebagai blogger (penulis di blog) tentu saja harus memiliki gairan besar demi menjaga kelangsungan hidup blog tersebut. Menjaga semangat untuk tetap menulis dan berbagi informasi bermanfaat via blog akan mendatangkan manfaat yang disadari atau tidak, itu akan membuat kita semakin memahami arti perkembangan teknologi. Maka dari itu saya akan sedikit berbagi seputar Manfaat Menulis di Blog untuk Blogger Pemula.

Manfaat pertama menulis di blog: Menambah Wawasan


Saat ingin menulis suatu topik di blog, sudah barang tentu kita akan menceri dulu informasi sebagai bahan materi yang kemudian kita kembangkan menggunakan bahasa serta pemikiran blogger tersebut. Hal demikian secara tidak langsung membuat kita memiliki kesempatan mempelajari suatu pengetahuan baru. Alasan utamanya tentu saja karena blog harus tetap diperbaharui dengan konten-konten terbaru secara berkala. 

Baca: Ngeblog Yuk...

Seiring berjalannya waktu, semakin sering menulis dan mempelajari topik tertentu akan membuat kita menguasai bidang tersebut. Dengan demikian wawasan kita bertambah banyak, pengetahuan kita mengenai bidang itupun semakin kita kuasai suatu saat nanti. Jadi menambah wawasan merupakan salah satu manfaat dari menulis di blog.

Manfaat kedua menulis di blog: Menambah Jaringan Pertemanan


Ketika tulisan di blog kita sudah banyak, secara otomatis pengunjung blog akan semakin banyak. Akan ada interaksi antara penulis dan pembaca. Disinilah kesemoatan kita untuk memperluas jaringan pertemanan akan terbuka lebar. Biasanya interaksi itu terjadi ketika pengunjung blog memberikan pendapatnya di kolom komentar. Bahkan tak jarang setelah interaksi itu menjadi suatu komunitas yang kuat sekedar untuk bersilaturahmi dan berbagi pengalaman ngeblog.

Tujuan dibentuknya komunitas blogger di masing-masing daerah tentu saja agar terjalin hubungan harmonis baik itu penulis dengan pengunjung, ataupun perkumpulan sesama blogger.

Manfaat ketiga menulis di blog: Memanfaatkan Waktu


Tak jarang kita memiliki waktu banyak namun terbuang percuma, bahkan hanya dilewatkan untuk tidur semata. Padahal disamping itu banyak cara dilakukan untuk mengisi kekosongan waktu itu dengan hal-hal positif dan produktif, salah satunya menulis di blog. 

manfaat menjadi penulis blog

Dengan menulis dan berbagi hal-hal bermanfaat lewat blog pribadi kita itu jauh lebih berguna ketimbang hanya tidur seharian. Bukan tidak mungkin kegiatan ngeblog, menulis di blog ini bisa menjadi pekerjaan rutinitas dan bukan hanya sekedar mengisi kekosongan waktu semata.

Manfaat keempat menulis di blog: Update Berita Terkini


Blogger, atau orang yang sudah terbiasa menulis di blog sudah tidak asing lagi dengan berita-berita aktual. Bagaimana tidak, mereka terhubung ke internet hampir disepanjang hari. Sudah sewajarnya jika kegiatan ngeblog ini membuat kita peka terhadap berita-berita yang muncul. Bahkan bisa jadi merekalah yang lebih dulu tahu akan berita paling populer di hari itu. 

Manfaat kelima menulis di blog: Tidak Ketinggalan Jaman


Semakin kesini jaman semakin canggih, teknologi semakin mutakhir. Buktinya kehadiran teknologi internet sangat membantu memudahkan aktifitas manusia dalam berbagai hal, mulai dari kemudahan berkomunikasi, kemudahan mobilisasi, bahkan kemudahan dibidang ekonomi. 

Berkegiatan di blog merupakan salah satu bukti bahwa kita ada pada era modern. Dengan mempelajari dunia internet, dunia tulis menulis di blog, itu sudah suatu langkah aktif membantu melestasikan peradaban teknologi untuk diwariskan ke generasi setelah kita. Maka, jangan segan-segan untuk memulai menulis di blog karena banyak manfaat yang bisa didapatkan.

Manfaat keenam menulis di blog: Penghasilan Tambahan


Menulis di blog bukan melulu menghabiskan waktu. Sebab siapa sangka, setelah blog kita ramai dikunjungi pengguna internet, blog akan menjadi mesin penghasil uang otomatis bagi pemiliknya. Bagaimana caranya mendapatkan uang dari blog? 

Banyak cara dilakukan, misalnya; menjual produk sendiri di blog, menjualkan produk orang lain dengan imbalan komisi jika produk berhasil terjual. Dan masih banyak lagi cara lain mendapatkan uang dari blog, sebenarnya sudah saya tuliskan di artikel sebelumnya. Bisa dibaca di Cara Mendapatkan Uang dari Blog Terbaru 2019.

Manfaat ketujuh menulis di blog: Memperkaya Pengalaman


Banyak pengalaman didapat ketika menulis di blog, ketika beraktivitas lewat blog. Jika meninjau beberapa poin yang sudah diulas diatas tentang menghasilkan uang dari blog, tentu saja ini menjadi peluang baru bagi kita. Peluang menjadikan kegiatan blogging sebagai profesi (di luar negeri sudah banyak orang berprofesi sebagai Profesional Blogger dengan bayaran fantastis), apa salahnya jika diikuti oleh kita orang Indonesia. Dengan begitu, pengalaman kita semakin luar, semakin kaya, semakin positif.

Spertinya sampai disini dulu bahasan kali ini seputar Manfaat Menulis di Blog untuk Blogger Pemula yang harus diketahui sebelum benar-benar menekuni dunia blogging. Semoga setelah membaca artikel ini menjadikan kita semakin mencintai dan bersemangat menulis serta berbagi informasi-informasi bermanfaat ke orang banyak. Semakin banyak berbagi, semakin banyak kita dapatkan. 

Ingat! Berbagi itu INVESTASI… Berbagi itu MASA DEPAN… 

Jika dirasa postingan ini bermanfaat, jangan sungkan untuk share ke sosial media favorit Anda agar lebih banyak teman-teman terbaik Anda mengetahui betapa besar manfaat saling berbagi. Sampai jumpa di postingan berikutnya, terimakaih.

15 komentar:

  1. Betul tu banyak manfaatnya berblog. Salam kunjungan balas dr YEA :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih sudah membalas kunjungan di Anwariz ya Kak Yea... Salam kenal.. Oh ya kalau kakak gak keberatan saya mahu minta nomor kontak WhatsApp kakak via email.. Email saya; abufathier@gmail.com untuk sharing lebih jauh seputar blogging. Terimakasih

      Delete
  2. Anonymous6/03/2019

    This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  3. Anonymous6/04/2019

    This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  4. Anonymous6/05/2019

    This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  5. Anonymous6/08/2019

    This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  6. Anonymous6/10/2019

    whoah this weblog is magnificent i really like studying your articles.
    Stay up the great work! You already know, many persons are searching round for
    this info, you could aid them greatly.

    ReplyDelete
  7. Anonymous6/18/2019

    This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  8. Anonymous6/18/2019

    Thanks very nice blog!

    ReplyDelete
  9. Anonymous6/22/2019

    This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  10. Anonymous6/22/2019

    This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  11. Anonymous6/23/2019

    This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  12. Anonymous6/24/2019

    This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  13. Anonymous6/29/2019

    This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  14. Anonymous7/01/2019

    Wow, this post is fastidious, my sister is analyzing such things,
    thus I am going to convey her.

    ReplyDelete