Cara Jitu Memilih Topik Blog Potensial serta Ramai Pengunjung

ANWARIZ.com - Membuat Topik (Niche) Blog Mudah dan Simpel saja. Kemudian muncul pertanyaan, bagaimana caranya memilih topik blog? Bagaimana menentukan niche blog yang sejalan dengan niat blogger? Baiklah mari kita bahas selengkapnya dibawah ini.

tips memilih topik blog mudah
Analisa Memilih Topik Blog
Sebelumnya sudah banyak master blogger menganjurkan untuk melakukan riset terlebih dahulu sebelum membuat kemudian mengembangkan sebuah media blog. Menganjurkan tentang bagaimana cara menggunakan Google Keyword Tool, Google Suggest, SEO On-Page. Saya rasa memang baik dilakukan oleh blogger terutama jika Anda berminat membangun blog baru.


Namun, apakah ada cara lebih simpel dan mudah? Bukan berarti anjuran para master tadi lantas dipersalahkan. Sama sekali tidak. Sampai kapanpun ilmu itu akan tetap membantu para blogger dalam beraktivitas blogging. Posting kali ini hanya saja saya ingin menegaskan cara memilih topik blog mudah, simpel, tertarget, dan potensial. Yaa. Itu saja... Simak terus sampai akhir artikel ini!

Penting perlu dicatat disini bahwa tidak ada cara instant, lumrah, serta berlaku disegala kondisi, dalam hal pemilihan niche/topik suatu blog. Kembali kepada motivasi awal Anda membangun blog maka itulah topik terbaik perlu Anda tulis.




Sebelum melangkah lebih jauh – saya ingin mengatakan bahwa tujuan saya membahas bab ini adalah bagaimana memilih topik blog. Sehingga, tidak masalah tujuan Anda apa. Apa kah Anda ngeblog buat mencari uang atau mencari makna.


Pengertian Topik Blog (Blog Niche)


Definisi ini saya kutip dari blog favorit saya PengunjungBlog.com yang memaparkan seperti berikut ini;


Pertama, saya ingin mendefinisikan apa itu topik blog bagi pemula. Kamus Besar Bahasa Indonesia memberikan pengertian topik adalah objek pembicaraan dan pembahasan – baik dilihat dari objek formal dan material. Gampangnya, ketika kita belajar biologi, apa yang kita bahas? Kira-kira ini: makhluk hidup.


Ketika saya mulai ngeblog, saya hanya ingin tulisan saya: puisi, cerpen dan opini saya dibaca oleh banyak orang di internet. Karena waktu itu saya masih belum mampu mempublikasikannya di media cetak. Saya sangat senang sekali ketika ada orang berkomentar di blog gratisan saya itu. Pada saat itu, saya harus belajar bagaimana cara menulis dengan benar.

Pengalaman tersebut yang mengantarkan saya dalam mengembangkan Anwariz Blog ini, dan sekarang blog baru saya ingin membantu Anda mendapatkan traffic blog. Baca di sini

Kemungkinan besar, kita tidak akan tahu yang mana dari keputusan dari pemilihan topik blog kita, yang akan memberikan seperti apa yang kita inginkan. Tetapi jangan khawatir, satu hal yang dapat dan penting kita lakukan adalah memulainya.

Berikut beberapa hal yang saya ketahui bagaimana memilih topik, yang membuat Anda lebih mudah mencapai apa yang kita inginkan setelah Anda mulai ngeblog. Gunakan informasi ini untuk membantu Anda, tapi jangan biarkan ini membingungkan Anda. Pastikan Anda memilih topik sesuai kriteria Anda.

Saya harap, saya cukup jelas memberikan informasi ini:

Kemajuan Lebih Penting dari pada Kesempurnaan:

“Anda selalu bisa mengubah topik Anda nanti, atau bahkan merombaknya secara keseluruhan.”

Dalam hal ini, saya mengelola Anwariz Blog untuk mendapatkan penghasilan dari Internet-blogging. Perencanaan ini saya lakukan diakhir 2015 kemarin lalu mentargetkan 1 sampai 2 tahun berikutnya, sudah mendapatkan hasil dari blog ini dan beberapa blog saya yang lain.

Tunjuan blogging Anda bisa saja berbeda. Mungkin hanya ingin mencoba beberapa topik, berhubungan keseharian, belajar menulis, menciptkan peluang bisnis. Atau bahkan melebihi saya, yang sedang menuju ke arah Fulltime Blogger.





Sekali lagi saya mengatakan tidak ada salahnya sama sekali. Apapun keinginan itu. Internet, khususnya blogging, tetap saja merupakan media yang baik.

Seperti halnya tujuan saya membuat-menulis-mengelola-mengembangkan blog ini adalah untuk medapatkan keuntungan tersendiri. Namun tidak sebatas itu saja, saya juga memiliki tujuan lain seperti:

a. Enjoy saat dikerjakan
b. Berpotensi memberikan keuntungan pula bagi orang lain
c. Berkesempatan membangun jaringan profesional kemudian mulai membicarakan hal lain tentang bisnis.
d. Ingin meninggalkan jejak bahwa saya pernah berbagi kepada pembaca jika suatu saat waktunya sudah tiba (manusia tiada, meninggalkan amal). Tuhan Maha Mengetahui tujuan saya menulis.




Cara Menentukan Niche Blog Saya

1) Tuliskan Tujuan Anda Mengapa Anda Memulai untuk Ngeblog

Apa yang ingin Anda capai? Koneksi? Mencari teman? Kepopuleran? Tuliskan semua alasan Anda.

(Tidak masalah jika Anda memutuskan ngeblog untuk uang, tetapi Anda harus memiliki motivasi lain, Anda akan bertemu dengan masalah dan waktu yang banyak untuk belajar)

Jangan lupa untuk menuliskan sub-tujuan atau kriteria topik untuk mencapai tujuan Anda. Semisal jika salah satu kriteria Anda adalah topik blog harus tidak menyinggung masalah SARA, (suku, agama dan Ras), Anda jangan memilih topik blog tentang perbandingan agama.

Buatlah daftar tujuan dan kriteria seperti saya. Jangan menyontek, ya? (itu loh yang saya list dengan point A sampai D.

2) Buatlah Daftar Topik yang Anda Mempunyai Pengalaman, Minat, dan Kemampuan di Sana.

Kita memang bisa menulis segala ide kita sendiri. Tapi untuk membantu Anda membuat daftar, luangkan waktu Anda untuk berselancar di google.

Selain di google, berikut adalah beberapa sumber ide:

a. Amazon. Daftar best seller dan daftar semua topik yang mereka garap: ada di sidebar.
b. Daftar blog favorit Anda. Jika Anda sudah pernah membaca bog dengan topik tertentu. Mempertimbangkan membuat blog dengan topik yang sama atau sub topik dari blog itu juga cukup bagus.
c. Click Bank. Market Place. Lihat saja apa yang mereka jual di sana.
(catatan: untuk melihat martket place di click bank, Anda harus mendaftar menjadi affiliate mereka)

3) Baca Daftar Topik itu dan Cocokkan dengan Kriteria. Setelah itu lupakan topik yang kurang cocok.

Saya rasa itu cukup menggambarkan kejelasan, sebab tidak akan maksimal jika memaksakan menulis pada topik yang jauh dari gairah Anda ngeblog.

4) Buat lah Daftar Topik Favorit Anda mulai dari 5 topik saja




Tidak mudah menentukan topik jika Anda memilik banyak hobi, minat dan kemampuan. Apalagi jika kriteria yang kita buat terlau umum. Jadi diskusikan daftar itu dengan teman atau seseorang yang dapat Anda percaya. Sebab tidak jarang mereka akan menjiplak ide Anda kemudian curi start!






Hal berikut perlu diberikan perhatian lebih ketika hendak membangun blog; 


Pertama, blog satu dengan blog lain itu berbeda. Apa sebabnya blog Anda lebih terbaca dibanding blog lain sementara pembahasannya sama? Ciri khas apa terpatri pada blog tersebut?



Kedua, Apakah bisa menyajikan konten lebih baik dari blogger lainnya?
Untuk menjawabnya, Anda harus mengalah pada keadaan sebenarnya. Pertimbangkan topik yang Anda pikir Anda mampu memberi info bermanfaat bagi pembaca blog nantinya.




Perbedaan, pada dasarnya merupakan strategi marketing. Begitu pula dengan blog, sejatinya adalah media pemasaran. Jadi kalau dibuat untuk blog kita sebut saja blog marketing.




Perbedaan adalah faktor penting! Ketika mampu membuat blog unik, berbeda dari yang sudah ada. Blog Anda akan dicari-cari oleh pengunjung.



Pada akhirnya demikianlah Tips Memilih Topik Blog Potensial juga Ramai Pengunjung diatas. Pilihan sepenuhnya berada ditangan Anda. Seperti apapun blog itu nantinya akan tetap menjadi media terbaik Anda. Selamat berjuang

3 komentar:

  1. Topik blog sangat menentukan keberlanjutan perkembangan blog tesebut. Makanya dalam memilih harus banyak pertimbangannya agar tidak menyesal. Seingga tidak akan gonta-ganti blog yang baru.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali mas Amin... Persiapan matang diawal lebih baik ketimbang merombak ditengah jalan. Saya mengalami itu, sehingga jangan sampai terjadi kepada teman-teman blogger baru. Salam Blogger

      Delete