5 Kemampuan Dasar Dasar Blogger Penunjang Blogging

Keahlian Dasar Blogger, Anwariz.com - Blogging adalah suatu aktivitas menulis melalui media blog yang dilakukan oleh seorang Blogger (sebutan bagi pengelola blog) tersebut. Dewasa ini mengisi waktu luang dengan kegiatan positif seperti ngeblog ini kian banyak digandrungi berbagai kalangan di Indonesia. Tidak hanya anak muda, orang dewasa bahkan lanjut usia pun banyak yang menekuni aktivitas ngeblog ini meski dengan kemampuan blogging seadanya namun tetap menarik untuk disimak. 
kemampuan dasar seorang blogger
Kemampuan Dasar Seorang Blogger
Menjadi seorang blogger tidak hanya mendapat keuntungan langsung melainkan juga berpotensi menghasilkan sesuatu hal berharga dikemudian hari, seperti tulisan Anda dibaca banyak orang (terkenal), sampai menghasilkan pundi-pundi rupiah  ketika aktivitas blogging menjadi sebuah profesi. Koneksi internet merupakan jantung pertahanan utama bagi seorang blogger untuk tetap berkarya menulis tulisan terbaiknya, disamping kemampuan dasar bloggingnya yang mumpuni. 

Maka tak  heran  jika aktivitas online satu ini semakin banyak diminati berbagai kalangan. Meskipun begitu tak lantas semua orang bisa langsung menjadi seorang blogger, karena setidaknya harus memiliki kemampuan dasar-dasar blogger terlebih dahulu sebelum menekuninya.

Pada kesempatan kali ini saya mau mengulas secara rinci seperti apa saja kemampuan dasar blogger tersebut agar bisa memandu Anda belajar lebih baik lagi dalam menekuni dunia blogging. Oke, tidak perlu berlama-lama lagi kita langsung saja bahas poin-poinnya satu per satu keahlian dasar ngeblog untuk Anda.

1. Ilmu Kepenulisan yang Mumpuni
Kemampuan Dasar pertama yang harus dimiliki seseorang untuk menekuni dunia blogging yakni ilmu kepenulisan (jurnalistik). Keahlian menulis dasar itu erat kaitannya dengan sajian konten pada blog Anda nantinya agar menarik minat pembaca di dunia maya. Semakin baik dan menarik sebuah artikel maka akan semakin terbuka lebar peluang artikel itu dicari orang. Seorang blogger dituntut pandai merangkai kata dan kalimat serta merealisasikan ide-ide kreatifnya kedalam sebuah karya tulis sebelum dipublikasikan. Keterampilan menulis itu jika dilatih serta diasah secara berkesinambungan akan memberikan manfaat luar biasa bagi blogger pribadi juga menjadikan blognya semakin populer.

2. Ilmu Web Development
Kemampuan mendesain suatu website/blog menjadi keahlian wajib berikutnya setelah kemampuan menulis dengan baik. Mendesain blognya semenarik mungkin agar pembaca menyukai apa yang Anda sajikan. Artinya tampilan blog tidak membosankan mata pembaca.

Sederhananya seorang blogger harus mengerti seputar Ilmu Coding atau ilmu yang mempelajari kode-kode pada suatu program. Adapun ilmu pengkodean yang perlu dikuasai blogger yaitu HTML dan CSS. Ilmu pengkodean ini cukup memiliki andil besar terhadap performa sebuah blog atau web. Karena dibagian ini kita dapat mengatur tata letak, Menu, dan template sebuah blog agar terlihat lebih asik serta menarik. Untuk HTML dan CSS akan saya bahas pada artikel selanjutnya.

Baca juga:
Tips SEO On Page Saat Publikasi Artikel
Jika anda menguasai keahlian dasar yaitu Ilmu Web Development, maka anda akan lebih mudah dalam membuat dan mendesign sebuah blog atau web nantinya. Kemampuan dasar mendesain suatu web/blog diperlukan guna mengatasi berbagai permasalahan yang mungkin saja terjadi pada blog itu sendiri. Ketika sudah memiliki keahlian ini maka tidak akan kesulitas mengatasinya.

3. Memiliki Kemampuan Dasar SEO (Search Engine Optimization)
Sebaik apapun suatu tulisan maka belum menjamin setiap orang bisa menjangkau pembacanya tanpa didukung dengan keterampilan SEO yang mumpuni. Oleh karenanya setiap konten pada blog sebisa mungkin di Optimasi semaksimal mungkin agar artikel hasil karya tulis Anda tidak sia-sia mengendap di blog tanpa ada pembacanya. Search Engine Optimization, jika dipendekan menjdai SEO merupakan suatu teknik untuk memaksimalkan suatu situs (website/blog) agar lebih dikenal dan lebih mudah dibaca oleh search engine (seperti Google, Yahoo, Bing) , karena pada dasarnya semakin mudah blog muncul di laman Search Engine maka semakin besar pula kemungkinan blog Anda diserbu ribuan pembaca pada saat bersamaan. 

Baca artikel yang pernah saya tulis beberapa waktu lalu tentang Fungsi Mesin Pencari guna menunjang kemampuan SEO Anda.

4. Ilmu Manajemen Bisnis yang Baik

Terlepas dari apa niat seorang blogger itu berkarya lewat media blognya, namun faktanya aktivitas blogging selalu bersinggungan dengan kegiatan bisnis online. Tidak tanggung-tanggung dari blog bisa menghasilkan ratusan bahkan ribuan dollar setiap bulannya mungkin menjadi daya tarik tersendiri mengawali karir bisnis. Jangan sampai kegiatan blogging itu sia-sia, hanya buang-buang waktu tanpa menghasilkan uang sepeserpun. Nah, disinilah perlunya kemampuan bisnis online dan internet marketing manajemen harus dimiliki oleh seorang blogger jika ingin berhasil.  Ada banyak keterampilan bisnis bisa dipelajari, diantaranya; layanan jasa SEO, jualan produk sendiri lewat blog, bahkan mengikuti program bawaan google seperti Publisher AdSense dan lainnya.

5. Kemampuan Komunikasi yang Baik 
Terakhir, berkomunikasi atau kemampuan berinteraksi itu sangatlah penting. Paling tidak yang penting dilakukan yakni ajaklah pembaca artikel dan ajak pula mereka berkomentar di blog, komentar postitif akan meningkatkan rasa nyaman pada pengunjung untuk tetap mengunjungi blog kita. Di dunia blogging, pembaca adalah raja, jadi utamakan minat pembaca jangan mementingkan ego sendiri. Belajar menghargai pendapat orang lain itu akan lebih baik.

Itulah beberapa kemampuan dasar blogger yang bisa saya bagikan kepada Anda pembaca setia Blog Anwariz. Semoga dengan mengetahui keahlian khusus blogging ini bisa menjadikan blognya semakin berbobot dan memiliki kualitas luar biasa. Perlu diketahui bahwa saat ini Blogger Indonesia sedang mengalami masa perkembangan pesat, jadi tidak ada salahnya mempelajari dasar-dasar blogger mulai saat ini. Jangan lupa untuk berbagi postingan ini ke jejaring social favorit Anda, sertakan LINK sumber blog ini jika terpaksa mengutip dari sini. Terimakasih

0 komentar

Post a Comment