Keliling Kantor Gubernur Kalimantan Selatan

Anwariz Blog - Setelah sebelumnya bercerita tentang pengalaman merantau ke luar Pulau Jawa, aneka objek wisata banjarmasin, kemudian sedikit membocorkan alasan merintis karir di perantauan. Tak terasa sudah memasuki minggu ke-3 berada di Kota Banjarbaru, letaknya tak jauh dari Ibu Kota Kalimantan Selatan, Banjarmasin. 

Jika penasaran dengan artikel sebelumnya silakan baca dulu di sini

foto kantor gubernur kalimantan selatan

Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi cerita tentang hasil perjalanan keliling komplek perkantoran Pemprov Kalimantan Selatan, di kawasan Trikora, Banjarbaru.

Areal Perkantoran Pemprov Kalimantan Selatan


depan kantor gubernur kalselWaktu itu saya bersama kawan memang berencana ke lapangan untuk survei pemasaran salah satu produk kami kepada masyarakat Banjarbaru dan sekitarnya. Lokasinya agak jauh dari keramaian kota, karena cukup jauh menjajal jalanan pedesaan sampai ke perkebunan karet di Cempaka. Seperti tujuan awal kita memasarkan, disana banyak berbincang dengan beberapa warga setempat tentang peluang serta manfaat menggunakan produk kami tersebut. Alhasil, ada warga yang berminat menggunakan produk layanan kami, hingga saat ini masih dalam proses menindaklanjutinya saja.

lambang provinsi kalimantan selatan
Logo KalSel
Setelah kita keliling memberikan informasi kesana kemari, tak terasa waktu sudah menunjukan sekitar pukul 16:30 WITA. Saya dan kawan pun memutuskan untuk kembali ke camp tempat dimana keberangkatan semula yang alamatnya di Jl. Kasturi 2 Landasan Ulin, Banjarbaru. Namun ditengah perjalanan terbersit kenapa gak sekalian jalan-jalan dulu saja sambil menikmati suasana alam Kalimantan?! Sang kawan menyetujui, kebetulan dia bawa smartphone berkamera akan sangat disayangkan jika sore itu terlewatkan tanpa berfoto-foto ria.

Arsitektur Unik Gedung Gubernur KalSel


kantor gubernur kalimantan selatan
Keunikan bangunan gedung gubernur ini sangat mencolok terutama pada bagian atap bangunan yang mengusung konsep tradisiona Rumah Baanjung. Rumah Banjar atau Rumah Baanjung adalah model rumah yang menjadi ikon rumah tradisional di wilayah Kalimantan Selatan. Sejak jaman dahulu, model rumah ini merupakan bangunan inti dalam kompleks istana kerajaan. Raja-raja terdahulu menempati rumah ini sebagai tempat tinggal sekaligus tempat dinasnya. Menurut catatn sejarah dari berbagai sumber, Rumah Baanjung telah ada sejak tahun 1850-an, dan disekitar bangunan tersebut dibangun pula bangunan pendukung lainnya.

Konstruksi atap bangunan tajam dengan kecuraman sudutnya mencapai 46 derajat. Pada waktu itu hanya orang-orang kalangan atas atau orang kaya saja yang bisa membangun Rumah Jenis Baanjung ini, karena proses pembuatannya membutuhkan biaya jauh lebih mahal jika dibandingkan mendirikan rumah tinggal biasa. Sumber: Rumah Suku Banjar


Suasana Kantor Gubernur Kalimantan Selatan


Lokasi Kantor Gubernur Kalimantan Selatan, Banjarbaru itu kebetulan terletak di kawasan Trikora, dan jalur itu memang menuju pulang kami ke kantor. Gak banyak basa-basi, kawan saya memarkirkan sepeda motornya tepat disamping lapangan Kantor Gubernur dan kita mengambil beberapa shoot dilapangan tersebut dengan latar belakang "Rumah Baanjung", yang tidak lain tidak bukan adalah rumah dinas Gubernur Kalimantan Selatan.

Suasana saat itu memang agak tidak ramai, bahkan boleh dikatakan sangat sepi, hanya ada satu dua kendaraan saja yang lalu lalang kedalam areal perkantoran. Maklum saja, kita kesana sore hari dan sudah bukan jam kerja. Atau bisa jadi memang suasana disana belum begitu ramai karena Kantor Gubernur ini merupakan rumah dinas ke dua setelah kantor dinasnya di Banjarmasin. Yaa.. Gubernur KalSel memiliki 2 Kantor, kantor lama berada di Kota Banjarmasin, sedang di Kota Banjarbaru ini merupakan kantor barunya yang diresmikan Presiden Joko Widodo pada awal 2015 lalu.

lapangan gubernur kalsellapangan kalsel


Lapangannya cukup luas dengan bendera merah putih berkibar tepat dimuka gedung. Di sana kita iseng-iseng ambil posisi berfoto bergantian saja, sebab saya pribadi tidak terlalu suka dengan foto selfie..hehe. Hasilnya tidak jelek-jelek amat, kecuali objek fotonya aja sih yang kurang bagus.. Harap dimaklum ya, namanya juga muka pas-pasan. Tapi, mudah-mudahan jodoh dan rezekinya bagusan juga berlimpah. Aamiin...

Nah, itulah jejak perjalanan pertama berkeliling di kawasan Pemprov Kalimantan Selatan, Banjarbaru. Sampai jumpa pada perjalanan selanjutnya mengeksplorasi tanah Borneo. Jangan lupa share postingan Anwariz.com ini ke media sosial favorit kamu ya.. Terimakasih

0 komentar

Post a Comment