Cara Cek Info Tunjangan Guru dan Cek SKTP, PTK, GTK Terbaru

CEK SKTP, INFO PTK/GTK, CEK INFO TUNJANGAN GURU

cara cek sktp guru terbaru
Guru Cantik Cek SKTP, gambar via jadiberita.com
Anwariz.com - Bagi pendidik atau guru serta tenaga pendidik yang terdata di data pokok pendidik dan tenaga pendidikan tentu harus memastikan kelengkapan data mereka agar tidak ada data yang salah atau kurang lengkap, terlebih bagi yang sudah mendapatkan tunjangan guru kelengkapan dan kebenaran data yang diisi menjadi salah satu faktor turun tidaknya SKTP (Surat Keputusan Tunjangan Profesi)

Data diisi dan disingkronkan dibantu oleh Operator Sekolah, namun untuk pengecekkan sebenarnya setiap Pendidik dan Tenaga Pendidik mampu untuk mengecek SKTP atau mencari informasi sendiri karena hanya memasukkan nomor NRG dan tahun, bulan serta tanggal lahir (YYYYMMDD) bagi PNS dan bagi Non PNS memasukkan NUPTK juga tahun, bulan serta tanggal lahir (YYYYMMDD). tidak lupa memasukkan kode yang tertulis pada gambar (captcha) dan klik log in.

Cek SKTP ini biasanya dilakukan satu semester sekali. Apabila ada kendala berupa halaman eror atau maintenance atau dalam perbaikan maka lakukan berulang kali, karena tentunya yang sedang mencari informasi tentang data tersebut sangat banyak hampir dalam waktu yang hampir bersamaan di seluruh penjuru Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Inilah beberapa link atau alamat untuk mengecek SKTP:

cara cek SKTP guru terbaru
Tampilan Login Cek SKTP

Apabila sudah berhasil masuk, maka segera cek data PTK tersebut sehingga apabila ada kesalahan dapat diperbaiki dengan cepat. Dalam mengecek tidak boleh terfokus pada kolom yang berwarna merah saja, karena untuk jumlah jam mengajar, misal di sekolah dasar (SD) ketika Guru Kelas/ Wali kelas yang biasanya maksimal 24 jam sebagai salah satu syarat mendapat  tunjangan, namun ketika diisi angka kurang dari 24 maka tidak akan berwarna merah, sehingga harus teliti dalam mengecek. Walaupun ada kolom di sebelah kanan untuk mengecek nama dari PTK yang terdapat kesalahan dan harus diperbaiki namun pengecekkan di log in validasi data guru harus tetap dilakukan. Apabila ada kesalahan maka lakukan perbaikan pada data DAPODIK kemudian lakukan pengiriman data kembali dan setelah itu tunggulah perubahannya sambil mengecek perubahan data tersebut setiap hari.

Panduan Login Cek SKTP Terbaru


Pendidik dan Tenaga Pendidik alangkah baiknya mengecek kelengkapan data yang telah di entry oleh OPS secara bersama-sama, sehingga meminimalkan kesalahan pengisian data. Lakukan Pengecekan pun semestinya bersama-sama tidak hanya mengandalkan tenaga OPS saja, karena untuk mempercepat pengecekan demi mendapatkan hasil data yang akurat dan pasti, sehingga apabila terjadi kesalahan bisa dengan cepat diperbaiki. Biasanya perbaikan data akan terbaca dalam jangka waktu satu sampai dua minggu.
Jika menemukan tampilan sebagai berikut:
 
contoh tampilan login cek SKTP
Tampilan Jika Salah Kode
Maka klik tulisan Kembali Ke Beranda, dan tampilan akan kembali masuk ke tampilan awal kemudian masukkan lagi NRG/NUPTK dan Tahun, Bulan serta Tanggal Lahir dengan format YYYYMMDD serta kode (captcha).

Baca juga: 

Semua PTK alangkah baiknya apabila mampu mengecek sendiri data validasi tanpa harus tergantung dan mengandalkan Operator Sekolah saja, demi kecepatan dan ketepatan memperbaiki apabila terdapat kesalahan, karena proses log in validasi untuk satu PTK saja ternyata membutuhkan waktu yang beberapa lama, terlebih jika sudah terdapat perbaikan diserver atau muncul under maintenance, eror, loading dll, oleh karena itu mari bersama-sama mengecek info validasi PTK sebelum terbit SKTP tiap semesternya. Perbaikan data berlaku selama satu semester berjalan sebelum semester berikutnya datang.

[anwariz.com - ayu w]

0 komentar

Post a Comment