Tips Praktis Buat Masakan Ala Anak Kostan

TIPS PRAKTIS MEMASAK UNTUK ANAK KOST

tips memasak untuk anak kostan
Masakan Ala Anak Kostan via www.anakkos.com
Menjadi anak kost pada awalnya mungkin tidaklah mudah, karena harus banyak beradaptasi, selain berada jauh dari keluarga, banyak hal-hal kebiasaan yang tidak akan sama lagi, termasuk dalam menyajikan (kuliner) makanan. Tidak semua anak kost beruntung menempati kamar kost dengan ukuran luas atau terdapat fasilitas yang lengkap. Banyak diantara kita yang menempati kamar kost berukuran kecil saja yang di dalamnya hanya muat tempat tidur, meja belajar, dispenser, kipas angin dan magic com.  Untuk makan biasanya anak kost membeli nasi rames di warteg atau kantin setiap harinya, jika terdapat magic com, maka anak kost hanya membeli lauknya saja.

Setiap hari dengan membeli makanan yang cenderung sama dan rasa yang sama tentu kita merasa bosan dan menginginkan masakan rumah. Biasanya anak kost terkendala dengan peralatan masak dan kondisi ruangan yang sempit dan tidak memungkinkan untuk memasak, kecuali tersedia dapur umum. Bagi anak kost  yang menginginkan masakan rumah hadir setiap harinya sedangkan kondisi tidak memungkinkan, maka bisa memanfaatkan magic com untuk menyajikan berbagai makanan enak lengkap dengan bumbunya.

Tips praktis memasak untuk anak kost dengan menggunakan magic com dapat dilihat dari paparan contoh berikut ini:

1. Nanaklah nasi sampai matang kemudian pindahkan ke mangkuk.

2. Apabila akan mengukus siapkan makanan yang ingin di kukus di bagian atasnya, biasanya suah tersedia tempat untuk mengukusnya.

3. Siapkan makanan yang ingin di buat misalnya ayam yang ingin di opor beserta bumbu opor lengkap yang sudah jadi atau instan jangan lupa siapkan santan pula. Cara membuatnya potong ayam sesuai selera kemudian cuci setelah itu masukkan ke dalam magic com kemudian masukkan bumbu, masukkan air  secukupnya dan santan aduk dulu setelah itu nyalakan magic comnya tekan tombol cook tunggu sampai mendidih dan mengeluarkan uap kemudian cek kematangan daging. 

Baca juga:

Setelah sudah dirasa dagingnya matang dan empuk maka tekan tombol cook pinahkan ke tombol warm jangan menunggu pindah secara  otomatis, karena tombol tersebut pindah secara otomatis apabila kadar airnya sudah tidak ada atau tinggal sedikit, sehingga karena ini membuat makanan berkuah pastikan kita yang menekan tombol cook ke tombol warm apabila makanan sudah matang.  Untuk catatan air jangan terlalu penuh agar tidak meluap keluar.  Masakan lainnya bisa sayur sop, sayur asam, daging sapi dll dengan proses yang sama. Untuk membuat pepes ayam dan ikan kita sediakan ayam atau ikan beserta bumbunya lengkap tambah kemangi, serei dan daun salam serta bawang daun. 

Ayam atau ikan yang sudah dicuci di lumuri bumbu dan masukkan alam magic com tambahkan air seperempat gelas sampai setengah gelas saja tergantung banyaknya bahan, catatannya air hanya sedikit saja karena ayam dan ikan yang sudah dicuci sudah mengandung air, setelah itu langkah dan prosesnya sama saja seperti tadi. Hal yang harus diingat adalah tidak menunggu tombol cook pindah otomatis ke tombol warm, melainkan kita sendiri yang memindahkannya setelah memastikan bahan masakan matang.

4. Setelah matang tidak usah dipindahkan ke wadah yang lain, biarkan tetap hangat bahkan mungkin terasa panas. Walaupun nasinya sudah mendingin tetapi lauknya tetap hangat atau panas dan terasa lebih nikmat. Praktis Bukan ? Itulah beberapa tips praktis memasak untuk anak kost.

[anwariz.com - ayu w.]