Saturday, November 23, 2013

Fungsi Utama Mesin Pencari (Search Engine)

fungsi mesin pencari search engine
Ilustrasi Search Engine
Fungsi Utama Search Engine - ANWARIZ.com - Semangat pagi sahabat, Salam Hangat! Diamana kita mempelajari Pengertian SEO maka kita akan dihadapkan dengan Fungsi Utama Search engine karena ini merupakan tingkat tertinggi dalam pelajaran SEO ketika kita bisa mengerti tentang Fungsi Utama Search Engine. Maka dari itu sekedar pengetahuan saya menulis artikel tentang fungsi utama Search Engine. Dengan hasil yang membingungkan juaga.. hehehe

Mesin pencari atau Search engine adalah program komputer yang dirancang untuk melakukan pencarian atas berkas-berkas yang tersimpan dalam layanan www, ftp, publikasi milis, ataupun news group dalam sebuah ataupun sejumlah komputer peladendalam suatu jaringan. Search engine merupakan perangkat pencari informasi dari dokumen-dokumen yang tersedia. Hasil pencarian umumnya ditampilkan dalam bentuk daftar yang seringkali diurutkan menurut tingkat akurasi ataupun rasio pengunjung atas suatu berkas yang disebut sebagai hits. Informasi yang menjadi target pencarian bisa terdapat dalam berbagai macam jenis berkas seperti halaman situs web, gambar, ataupun jenis-jenis berkas lainnya.

Fungsi Utama Search Engine

Mesin pencari web bekerja dengan cara menyimpan informasi tentang banyak halaman web, yang diambil langsung dari WWW. Halaman-halaman ini diambil dengan web crawler  browser web otomatis yang mengikuti setiap pranala/link yang dilihatnya. Isi setiap halaman lalu dianalisis untuk menentukan cara indeks-nya (misalnya, kata-kata diambil dari judul, subjudul, atau field khusus yang disebut meta tag). Data tentang halaman web disimpan dalam sebuah database indeks untuk digunakan dalam pencarian selanjutnya. Sebagian mesin pencari, seperti Google, menyimpan seluruh atau sebagian halaman sumber (yang disebut cache) maupun informasi tentang halaman web itu sendiri.

Selain halaman web, Mesin pencari juga menyimpan dan memberikan informasi hasil pencarian berupa pranala yang merujuk pada file, seperti file audio, file video, gambar, foto dan sebagainya, serta informasi tentang seseorang, suatu produk, layanan, dan informasi beragam lainnya yang semakin terus berkembang sesuai dengan perkembangan teknologi informasi.
Ketika seseorang mengunjungi mesin pencari dan memasukkan query, biasanya dengan memasukkan kata kunci, mesin mencari indeks dan memberikan daftar halaman web yang paling sesuai dengan kriterianya, biasanya disertai ringkasan singkat mengenai judul dokumen dan kadang-kadang sebagian teksnya.

Baca juga: 
Cara Tambah Visitor Blog Praktis

Ada jenis mesin pencari lain: mesin pencari real-time, seperti Orase. Mesin seperti ini tidak menggunakan indeks. Informasi yang diperlukan mesin tersebut hanya dikumpulkan jika ada pencarian baru. Jika dibandingkan dengan sistem berbasis indeks yang digunakan mesin-mesin seperti Google, sistem real-time ini unggul dalam beberapa hal: informasi selalu mutakhir, (hampir) tak ada pranala mati, dan lebih sedikit sumber daya sistem yang diperlukan. (Google menggunakan hampir 100.000 komputer, Orase hanya satu.) Tetapi, ada juga kelemahannya: pencarian lebih lama rampungnya.

Manfaat mesin pencari bergantung pada relevansi hasil-hasil yang diberikannya. Meskipun mungkin ada jutaan halaman web yang mengandung suatu kata atau frasa, sebagian halaman mungkin lebih relevan, populer, atau autoritatif daripada yang lain. Kebanyakan mesin pencari menggunakan berbagai metode untuk menentukan peringkat hasil pencarian agar mampu memberikan hasil terbaik lebih dahulu. Cara mesin menentukan halaman mana yang paling sesuai, dan urutan halaman-halaman itu diperlihatkan, sangat bervariasi. Metode-metode nya juga berubah seiring waktu dengan berubahnya penggunaan internet dan berevolusinya teknik-teknik baru.

Baca juga: 
Perbedaan Blog dan Website

Sebagian besar mesin pencari web adalah usaha komersial yang didukung pemasukan iklan dan karenanya sebagian menjalankan praktik kontroversial, yaitu membolehkan pengiklan membayar agar halaman mereka diberi peringkat lebih tinggi dalam hasil pencarian.

Update:

 Contoh Search Engine (Mesin Pencari)

Ask Search Engine
Ask diciptakan pada tahun 1996 oleh Gerret Gruener dan juga David Warthen. Saat ini Ask mulai bertumbuh mencoba bangkit menghadapi persaingan antar mesin pencari. Saat ini penggunaan search engine dengan menggunakan ask sudah mulai banyak digunakan oleh netizen diberbagai belahan dunia.


Bing Search Engine
Bing merupakan search engine yang juga banyak digunakan dalam mencari informasi online. Bing merupakan bawahan dari perusahaan induk Microsoft. Walaupun Bing search dikelola oleh perusahaan raksasa teknologi komputer, tetapi tetap saja belum bisa bersaing dengan penggunaan Google sebagai search engine terbesar.
 

Google Search Engine
Google merupakan salah satu search engine terpopuler dan juga banyak digunakan di dunia. Selain pencarian web, Google juga menyediakan jasa pencarian gambar, pencarian berita serta pencarian pada arsip USENET (newsgroup), serta direktori. Googgle terbilang andal dalam pencarian text karena didukung oleh algoritma super canggih.


Terkait

Keunggulan Google Plus sebagai Media Sosial
 
Yahoo Search Engine
Yahoo merupakan satu dari sekian portal terbesar di Internet, setelah MSN. juga salah satu search engine paling senior. Halaman depan yahoo kurang begitu menarik serta tidak ramah pengguna pencari info, namun tetap saja disediakan search.yahoo.com. Yahoo mengandalkan informasi dari database mereka, serta bekerjasama dengan jasa search engine Googgle dalam melakukan pencarian sumber informasinya. Keunggulan Yahoo! terletak pada direktorinya.


Setelah membaca artikel yang sekian banyak diatas. Yaa, seperti itulah dasarnya cara kerja Search Engine. Demikian artikel kali ini semoga bermanfaat menambah wawasan kita tentang teknologi internet dalam hal ini Mesin Pencari. Sampai jumpa di artikel saya berikutnya.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner