Beramal Lewat Tanaman, Kenapa Tidak?

Beramal Lewat Tanaman - Bagi kita yang memiliki halaman yang cukup luas biasanya terdapat berbagai jenis tanaman sebagai hiasan dan resapan air. Kebanyakan dari perempuan yang menyenangi tanaman terfokus pada tanaman bunga yang dirawat dengan penuh ketelatenan dan ketelitian. Sedangkan tanaman lainnya hanyalah tanaman pelengkap saja. Untuk tanaman yang berukuran besar kebanyakan menanam pohon mangga yang dibeli dari hasil mencangkok.

beramal melalui media tanaman
Beramal Lewat Tanaman, Kenapa Tidak?
Sebenarnya ada beberapa pilihan tanaman yang bisa dijadikan alternatif atau pilihan lainnya selain bunga dan buah mangga. Kita bisa membuat apotek hidup di halaman rumah. apotek hidup adalah tanaman yang bisa dimanfaatkan sebagai obat-obatan contohnya kunyit, bawang merah, bawah putih, bawah daun, seledri, jahe, kumis kucing,  jawer kotok, daun sirih, cabai dimana dikala harga cabai melonjak tajam apabila kita memiliki tanaman tersebut, maka kita tidak lagi merasa susah, kita tinggal memetik cabai sebagai pelengkap makan. Semua apotk hidup tersebut bermanfaat untuk siapapun bukan hanya kita pemiliknya.

Tanaman lainnya adalah tanaman yang mudah ditanamnya tetapi menghasilkan banyak buah, yaitu pepaya. Tanaman pepaya mudah ditanam, hanya dengan menebar atau mengubur bijinya saja maka akan tumbuh, selain itu tumbuhan buah pepaya menghasilkan buah yang sangat banyak dan bisa kita manfaatkan untuk kita makan, membuat manisan terlebih kita bisa berbagi dengan saudara dan tetangga, baik dalam bentuk buahnya langsung maupun dalam bentuk olahan atau manisan. dan bijinya bisa kita tanam kembali dan tidak akan lama akan tumbuh besar dan berbuah lebat lagi dan berbagi lagi dengan saudaradan tetangga. Memang buah mangga pun bisa dijadikan ladang amal kita, terlebih pada ibu hamil.  

Selain mangga ibu hamil biasanya mencari buah delima, maka tanamlah buah delima di halaman rumah kita dan jadikan pula itu sebagai tanaman yang bisa kita amalkan pada yang membutuhkan walau sebenarnya di toko atau pasar buah pun banyak, tetapi ada kepuasan tersendiri dengan membagikan hasil panen tanaman dari kebun kecil di halaman rumah kita.

Selain tanaman apotek hidup dan buah –buahan tanaman jenis sayuran pun sebenarnya mudah ditanam di halaman rumah seperti  leunca yang sekali panen bisa banyak walau hanya satu tanaman saja, sawi dan kangkung. Untuk tanaman kangkung sediakan ember lebar berisi air dan masukkan potongan batang kangkung dan biarkan tumbuh banyak, setelah itu ajaklah saudara dan atau tetangga untuk makan bersama dengan lauk sawi atau kangkung serta leunca sebagai lalapannya.

Baca juga:

Nikmat menikmati hasil tanaman yang kita tanam, namun lebih nikmat lagi jika kita bisa berbagi dengan hal-hal yang dianggap sedikit atau sepele namun sebenarnya bermanfaat besar. Tanaman atau pohon lain yang sebenarnya mempunyai manfaat yang banyak adalah pohon kelapa. Pohon kelapa bisa dimanfaatkan segalanya, akan tetapi pohon kelapa tidak disarankan untuk di tanam di halaman rumah, selain akarnya yang akan merusak tembokan atau pun pondasi, lama kelamaan pohon kelapa akan semakin tinggi dan dikhawatirkan menimpa atap rumah apabila ada angin yang besar.

Tanaman yang mudah ditanam dan berbuah lebat lainnya adalah pisang. Menanam pisang dengan tunasnya, kemudian menunggu beberapa bulan saja sudah tumbuh tinggi dan ketika berbuah maka buahnya sangat banyak dan dengan beramal lewat tanaman pisang mampu membahagiakan setiap anak yang mampir ke rumah, karena biasanya buah pisang paling disukai anak.

[anwariz.com - ayu w.]