Mikroba: Salah Satu Rahasia Diet yang Banyak Dilupakan

tips diet rahasia mikroba
Rahasia Diet Mikroba yang Banyak Dilupakan
Sumber: Pixabay.com
Tips Diet Rahasia, Anwariz.com - Semakin lama obesitas semakin “mewabah”, semakin banyak penderitanya. Kita telah mencoba berbagai cara untuk mencapai berat ideal. Kita lakukan diet yang ekstrim, olahraga yang melelahkan, bahkan operasi dan sedot lemak.

Tips Rahasia Diet Mikroba


Sebagian orang yang lolos dari jerat obesitas  adalah mereka yang mau mengevaluasi dan mengubah gaya hidup. Termasuk mencari pengetahuan yang benar, disiplin, dan sabar.
Sementara lainnya terjebak pada diet-diet yang menjanjikan hasil cepat, namun nyatanya tidak bertahan dalam jangka panjang. Misalnya, yang sedang kekinian ketika orang berbondong-bondong melakukan diet General Motors yang sedang populer.

Terkait obesitas, ada salah satu rahasia diet yang jarang dibahas di artikel-artikel tentang diet dan penurunan berat badan. Tahukah kamu, bahwa  dalam tubuh kita terdapat mikroba yang ikut berperan dalam memerangi obesitas.

Bisa dibilang setiap makhluk hidup di dunia mempunyai mikroba dalam tubuhnya. Kita tentu jarang dalam sehari-hari  memikirkan dan membahas tentang mikroba. Bahkan mungkin ketika terpikir tentang mikroba, yang kita pikirkan adalah semacam virus yang bisa menyebabkan sakit. 

Memang benar ada beberapa jenis mikroba yang buruk bagi kesehatan kita. Tetapi di antara jutaan spesies mikroba yang ada sebetulnya hanya sebagian kecil saja yang buruk. Di dalam tubuh kita sendiri banyak hidup mikroba yang sangat berguna bagi tubuh kita.

Kita terlahir bebas dari mikroba. Tapi segera setelah kita lahir di dunia, mikroba mengerumuni kita. Mereka datang dari orang di sekitar kita, udara yang dihirup, makanan, minuman, dan lain-lain.

Begitu masuk ke tubuh kita, mikroba-mikroba itu langsung bekerja. Mereka membantu mencerna makanan, menyerap kalori dengan baik, menyediakan enzim dan vitamin, dan meningkatkan sistem imun. Tanpa mikroba kita tidak bisa tumbuh, berkembang, dan berfungsi dengan baik.

Semakin bervariasi jenis mikroba di dalam tubuh kita, semakin sehatlah kita. Cara mempebanyak variasi mikroba tersebut adalah dengan mengonsumsi beragam makanan alami. Sehingga mikroba di dalam makanan alami tersebut akan berpindah ke dalam tubuh.

Seratus atau dua ratus tahun lalu hal itu bukan sesuatu yang sulit. Namun sekarang dunia kita dipenuhi makanan prosesan/pabrikan yang lambat laun menghancurkan proses diversifikasi mikroba.

Lihatlah sekeliling kita, betapa banyak makanan dan minuman prosesan yang datang dari pabrik. Susu bubuk, mie instan, buah kaleng, sayuran kaleng, sosis, nugget, jus buah dalam kemasan, minuman bersoda.

Kebanyakan dari kita sekarang ini makan makanan alami jauh lebih sedikit dibanding orang-orang di jaman dahulu. Banyak sekali makanan yang kita konsumsi datangnya dari pabrik, dan telah kehilangan mikroba dan nutrisi esensial dalam proses produksinya.

Jadi tidak heran kan jika penyakit dan obesitas semakin “mewabah” dari waktu ke waktu? Semakin jauh kita dari diet yang alami dan seimbang, semakin banyak kerusakan yang kita timpakan pada tubuh kita.

Baca juga:
Konsumsi Yoghurt untuk Diet

Kita membunuh mikroba baik dengan makanan prosesan yang kita konsumsi, dan menyebabkan mikroba buruk berkembang biak dalam tubuh. Kita merampas nutrisi esensial dari tubuh dengan diet yang tidak seimbang, hasilnya kita hanya menyakiti kesehatan kita sendiri.

Jadi salah satu rahasia diet sehat adalah tubuh harus penuh dengan mikroba baik. Untuk menjaga populasi mikroba itu kita perlu mengonsumsi makanan bernutrisi dan alami. Mikroba  yang baik ini akan membantu kita tetap sehat dan langsing.

Mulai sekarang juga, kurangilah makanan prosesan/pabrikan. Perbanyak makanan alami seperti sayur segar, buah segar, ikan segar, dan lainnya. Lebih baik lagi jika kita mau menanam satu dua jenis sayur dan buah di halaman rumah kita. 

Penulis Tamu
Nama : Purwanto
Situs   : PagiIni.com

0 komentar

Post a Comment