Berbisnis Tidak Selalu Harus Mengeluarkan Modal Besar

berbisnis tidak selalu harus mengeluarkan modal besar
Berbisnis Tidak Selalu Harus Mengeluarkan Modal Besar, sumber gambar disini
Bisnis Modal Kecil, Bisa! | Anwariz.com - Ketika mendengar kata bisnis apa yang terbersit didalam benak kita? Menguntungkan? Kaya? Ya, semua hal itu tidak ada yang salah karena kita melihatnya dari sudut pandang yang berbeda-beda.
Dalam kata lain, berbisnis adalah suatu proses menciptakan “nilai tambah” kedalam suatu produk atau jasa sehingga menghasilkan barang yang bernilai jual.

Memulai Bisnis Tanpa Modal Besar? Sangat Bisa!

Pada mindset orang kebanyakan, mereka selalu berpendapat bahawasanya untuk melakukan sebuah bisnis atau usaha kita harus memiliki modal yang banyak dan resiko yang besar pula.

Nah persepsi itulah yang harus kita luruskan.

Tidak semua bisnis membutuhkan modal yang besar, contohnya saja menjadi pelaku bisnis reseller atau dropship, kita tidak perlu menyetok barangnya dikediaman kita, apalagi sampai harus mengeluarkan modal cukup besar.

Terutama bagi kita para pemula atau awam di dunia professional, kita dapat memulainya dari skala kecil terlebih dahulu untuk mempelajari segala aspek-aspek bisnis.

Bagi para awam modal kecil adalah hal yang menguntungkan. Mengapa menguntungkan? Karena kita bias menekan atau menimimalisir biaya dan resiko yang kita keluarkan. Mungkin memang pernah ada pegiat bisnis yang mengatakan bahwa “modal besar seperti hentakan yang mengharuskan pengusaha bekerja keras.”

Statement tersebut tidak sepenuhnya salah dan tidak sepenuhnya benar pula. Akan tetapi saya percaya bahwa keterbatasan modal bukanlah halangan bagi kita untuk meraih kesuksesan.

Yang terpenting dalam sebuah bisnis adalah konsep atau nilai dari bisnis itu sendiri. Hal tersebut adalah modal awal kita untuk bisa berkembang lebih maju lagi.

Dengan konsep dan prospek bisnis yang menguntungkan, nanti dengan sendirinya dana akan datang untuk mengembangkan bisnis ktia, mulai dari investor, penjualan saham, dan lain sebagainya.

Tidak ada yang salah dengan memulai bisnis bermodal kecil, karena dapat kita lihat dari contoh para pengusaha sukses sekarang, tak sedikit dari mereka yang memulainya dari 0 (nol) bahkan hidup tidak berkecukupan sebelum mereka sukses.
Baca juga:
Jenis Bisnis Online Lengkap dengan Pengertiannya

Justru niat dan tekadlah yang menjadi pembeda antara orang sukses dengan yang tidak. Mereka berani mengambil keputusan sedangkan orang lainnya berdiam diri di dalam zona nyamannya, jadi hidup mereka akan seperti itu terus menerus.

Namun, kita juga tidak boleh bodoh dan gegabah dalam mengambil keputusan, kita harus  menganalisa serta penuh pertimbangan matang sebelum memulainya.

Memang harus memiliki nyali dan komitmen untuk menjadi seorang  pengusaha, tetapi kita juga harus cerdik untuk melihat peluang dan memanfaatkan momentum tersebut sebaik-baiknya dalam bisnis tanpa modal besar.
[Sponsored Post]

0 komentar

Post a Comment