Jenis Bisnis Online Lengkap Dengan Pengertiannya

Bisnis Online itu Apa Aja Sih? Yuk Simak Penjelasannya...

The Best Indonesian Blogger, Anwariz.com | Terdapat berbagai cara untuk memulai suatu bisnis, salah satunya dengan bisnis online. Semakin berkembangnya kemajuan teknologi membuat semua orang dengan mudah dapat melakukan bisnis lewat internet atau sering disebut dengan bisnis online. 
pengertian bisnis online lengkap pengertiannya
Pengertian Bisnis Online 
Banyak alasan yang membuat orang melakukan bisnis online, diantaranya karena bisnis online bisa dilakukan di mana saja yang penting ada koneksi internet atau mungkin bisa dilakukan di warnet, selain itu juga anda tidak terikat banyak peraturan maksudnya adalah anda bekerja untuk diri sendiri dan tidak terikat jam kerja. 

Anda bisa mendapatkan income yang cukup lumayan bahkan mungkin memuaskan asal anda ulet dan tekun menjalaninya. Untuk masalah modal, pada bisnis online ini tidak terlalu mengeluarkan modal besar bahkan sebagian bisnis online dapat dilakukan tanpa modal atau gratis. Saya akan mengenalkan bisnis online untuk anda tapi perlu diingat, untuk memulai bisnis ini dibutuhkan kesabaran, ketekunan, dan keuletan supaya anda bisa menjadi pebisnis online yang Profesional dan bisa menghasilkan Income yang memuaskan.


Pengertian Bisnis Online

Berikut ini penjelasan definisi tentang bisnis online. Langsung saja enggak usah basa-basi simak dan pelajari artikel yang saya posting di bawah berikut.
jenis bisnis online lengkap dengan pengertiannya

Bisnis Online terdiri dari 2 kata yakni Bisnis dan Online. Bisnis adalah suatu usaha atau aktivitas yang dilakukan oleh kelompok maupun individual, untuk mendapatkan laba dengan cara memproduksi produk maupun jasanya untuk memenuhi kebutuhan konsumennya.

Sedangkan kata Online adalah suatu kegiatan yang terhubung melalui jaringan komputer yang dapat diakses melalui jaringan komputer lainnya. Jadi dapat disimpulkan bahwa Bisnis Online adalah suatu kegiatan atau aktifitas yang dilakukan di media internet untuk menghasilkan uang. Seperti halnya sebuah kegiatan bisnis di kehidupan nyata, bisnis online yang di jalankan via Internet ini pun memiliki tujuan yang sama yaitu menghasilkan suatu keuntungan.

Menurut situs wikipedia.org, Bisnis online dikenal dan digambarkan sebagai Perdagangan elektronik.

“Perdagangan elektronik atau e-dagang (bahasa Inggris: Electronic commerce, juga e-commerce) adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-dagang dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis”. (http://id.wikipedia.org/wiki/Bisnis_online)

Pengertian Internet Marketting

Pada dasarnya antara Bisnis Online dan Internet Marketing mempunyai kesamaan arti atau makna yang sama yakni sama – sama memiliki tujuan untuk memperoleh penghasilan melalui dunia maya. Namun untuk Internet Marketing lebih berorientasi terhadapat ilmunya atau teknik – teknik mendapatkan uang dari bisnis online tersebut.

Jadi dapat disimpulkan bahwa Internet Marketing adalah suatu ilmu wajib yang digunakan bagi setiap orang yang ingin mengembangkan usaha atau meraih penghasilan dari internet. Dengan mengetahui cara dan strategi internet marketting yang tepat maka Anda akan mengerti dasar dari pemasaran melalui media internet.

Baca: Cara Mudah Mendapatkan Uang dari Blog

Sebagai contoh apabila anda mempunyai skill atau kemampuan menjual produk – produk dari produsen atau lebih familiarnya Affiliasi. Maka anda pastinya membutuhkan apa yang namanya tempat atau wadah untuk berpromosi. Kemudian anda membuat sebuah blog atau web dan anda kembangkan blog tersebut dengan berbagai teknik untuk mendatangkan pengunjung supaya mereka (pengunjung) membeli produk dari anda. 

Dengan membuat dan mengembangkan blog inilah anda sudah menerapkan teknik dari Internet Marketing. Dan masih banyak teknik Internet Marketing lainnya tidak hanya dengan membuat dan mengembangkan blog, saya beri contoh dengan berpromosi melalui forum – forum, melalui jejaring sosial, website iklan baris, chat online, dan sebagainya.

Macam-macam Bisnis Online di Internet  :

1. Bisnis Affiliasi

Pada bisnis affiliasi ini kita dibayar untuk promosi suatu produk tertentu. Mungkin banyak perusahaan atau seseorang susah dalam menawarkan produk mereka maka orang tersebut mencari affiliasi untuk menyebar luaskan produknya. Kita akan dibayar jika ada orang yang membeli produk mereka, biasanya kita mendapat persenan dari penjualan produk tersebut, masalah berapa persen kita mendapatkan hasil tergantung perusahaan yang mengikuti program tersebut. 

Kita bisa memasang produk mereka lewat blog/website atau mungkin melalui adsense, adword dan lain-lain. Cukup mudahkan...., kita tidak perlu punya suatu produk sendiri, kita cuma promosi, ibaratnya makelar kita akan mendapat hasil jika produk tersebut laku...

Dibawah ini beberapa website yang menawarkan program affiliasi :
Amazon, clickbank, linkshare, forexaffiliate dan lain-lain.

2. Toko Online

Bisnis ini juga termasuk bisnis online, ibaratnya kita mempunyai sebuah toko di internet untuk menjual produk-produk kita atau dagangan kita, biasanya dilakukan oleh para wirausaha atau pengusaha kecil maupun besar dimana mereka membuka toko mereka lewat internet dengan menampilkan produk-produk mereka di internet, untuk transaksi pembayarannya juga bisa dilakukan dengan pembayaran  online. 

Jadi jika anda mempunyai suatu produk dan anda tidak ada waktu untuk menawarkan secara langsung dengan pembeli, bisnis ini cocok untuk anda, jadi kita tidak perlu cape-cape mencari pelanggan, anda hanya melakukan penawaran lewat internet. Contoh toko online yang sudah terkenal adalah: www.olx.co.id ,www.bukalapak.com dan lain lain.

Baca juga: Tips Memulai Usaha Online Sukses

Jika anda suka membuat blog, bisnis toko online merupakan ladang uang jika kita ulet dan tekun, kita tinggal buat blog dan pajang gambar produk dan harga sehingga pengunjung blog bisa tertarik. Buat blog yang menarik supaya banyak pengunjungnya. Untuk semua usaha tentunya dibutuhkan keuletan dan ketekunan.

3. PTC (Paid To Click)

Untuk bisnis ini tergolong sangat mudah, maka banyak Pemula yang memulai bisnis online lewat bisnis PTC. Sesuai namanya, cara kerjanya juga sangat simple kita akan dibayar untuk mengklik, artinya kita akan mendapat bayaran jika kita mengklik iklan-iklan yang disediakan oleh PTC. Untuk menjadi member PTC biasanya gratis, biasanya PTC menyediakan iklan setiap hari untuk kita klik. Untuk bayarannya tergantung PTCnya, ada yang membayar 0.01-0.1 $, memang sedikit tapi jika kita ulet mengklik pasti akan mendapat income lumayan. Saya berikan beberapa bisnis PTC untuk anda, jika anda tertarik silakan klik nama PTC di bawah ini :

- BUXP
- Donkey Mails
- Neobux
- Clicksense, dan lain-lain.

4. PPC (Paid Per Click)

Bisnis PPC adalah bisnis online dimana kita akan dibayar jika ada orang yang mengklik iklan yang ditampilkan diblog/web milik kita. Cukup mudah, kita hanya menampilkan iklan yang diberikan oleh PPC dan jika ada pengunjung blog/web yang mengklik iklan tersebut maka kita akan dibayar. Untuk bayarannya tergantung masing-masing PPC. Mungkin orang-orang bisa mendapatkan ribuan dollar dari PPC, tapi sang pemilik program PPC bisa saja mendapatkan lebih banyak. 

Tergantung berapa persentase bagi hasil yang ditetapkan oleh si empunya PPC. Alasan itulah yang menyebabkan berjamurnya program-program PPC baik lokal ataupun internasional. Ada yang sukses, ada pula yang harus gulung tikar di tengah jalan. Contoh PPC yang terkenal adalah Google Adsense.

Artikel Menarik: Tips Membangun Bisnis Pemasaran Jaringan

5. PTR   (Paid To Review)

Pada bisnis ini diperlukan blog/website untuk memulainya, kita hanya ditugaskan untuk menulis review tentang produk, website, blog dan lain-lain sesuai advertiser atau pengiklan. Sebagai persyaratannya blog/web kita harus memiliki rank tinggi. Selain bayarannya cukup tinggi, bisnis ini juga bisa meningkatkan rank blog/website anda, semakin tinggi rank blog/website anda semakin tinggi pula bayaran anda. 

Semikian artikel tentang Jenis Bisnis Online dan Penjelasannya semoga bermanfaat bagi pembaca setia blog ini. Salam senyum!

6 komentar:

  1. Memang mas online marketing ini semakin maju keilmuan seiring banyaknya yang membutuhkannya.

    Yang udah saya lakukan bisnis cpm, bisnis pop-under, bisnis ptr, dan bisnis jasa online.


    Makasih mas inspirasinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Begitulah fakta dilapangan pak... Bisnis online semakin dilirik hampir oleh semua kalangan. Kemajuan jaman menuntut kita untuk lebih kreatif dan inovatif dalam menelurkan ide-ide bisnis, tak terkecuali bisnis online. Hingga saat ini saya juga mengelola beberapa blog dan website network marketing. Kembali kasih pak...

      Delete
  2. Artikelnya semakin mantap dengan penjelasannya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih banyak mas, saya masih harus belajar banyak tentang menulis dan menyuguhkan artikel yang baik untuk pembaca setia blog ini umumnya untuk semua netizen.

      Delete
  3. Makasih banyak informasi seputar bisnis online dan pengertiannya bang, lengkap sekali.. Jadi makin semangat memulai bisnis nih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisnis Online memang bisa dikatakan mudah kalau sudah tahu cara dan strateginya. Terimakasih jika artikel ini bermanfaat buat Anda. Sukses selalu untuk bisnnisnya

      Delete