Lemon, Si Buah Kuning Penuh Khasiat

khasiat jeruk lemon buat kesehatan
Lemon, Si Buah Kuning Penuh Khasiat via Pixabay.com

Khasiat dan Manfaat Buah Lemon

Manfaat Lemon itu banyak sekali. Buah berwarna kuning ini sudah umum kita jumpai di masyarakat. Namun, seringnya lemon belum menjadi pilihan utama sebagai buah untuk dikonsumsi, kemungkinan karena rasanya yang kecut dan masam. Padahal banyak sekali manfaat yang akan didapat jika kita mengonsumsi buah lemon.

Sebelum mengetahui khasiat yang bisa dirasakan jika memakan lemon, ada baiknya jika kita lihat dahulu kandungan nutrisi yang dimiliki oleh lemon. Inilah alasan kenapa banyak sekali manfaat lemon, karena banyak kandungannya yang sangat baik untuk tubuh. Sebagai salah satu buah berwarna kuning, lemon mengandung vitamin C yang cukup tinggi (77%). Lemon juga mengandung vitamin A dan vitamin E, serat alami, serta beragam mineral seperti kalsium, zat besi, fosfor, dan masih banyak lagi.

Kandungan nutrisi sebanyak itu menjadikan lemon buah yang memiliki banyak khasiat bagi tubuh kita. Sebentar lagi kita akan mengetahui apa saja khasiat lemon bagi tubuh kita.

1. Penawar Racun

Lingkungan sekitar tempat kita hidup adalah tempat yang penuh polusi yang bisa mengakibatkan penyakit jika terpapar terus-menerus. Racun-racun polusi, radikal bebas dan sisa-sisa metabolisme yang masuk ke dalam tubuh harus dinetralisir karena merupakan zat yang tidak baik bagi kesehatan. Kandungan vitamin dan serat yang tinggi pada buah lemon pasti mampu mengeluarkan semua zat-zat berbahaya tersebut dari tubuh kita.

2. Menyehatkan Kulit

Manfaat yang disumbangkan lemon bagi kesehatan kulit sangat beragam. Mulai dari menghilangkan komedo dan jerawat serta mencerahkan kulit wajah, mengatasi kulit yang kering, serta memutihkan kulit yang menghitam. Zat antioksidan dan antibakteri yang terdapat dalam lemon memang berguna untuk kesehatan kulit. Setelah mengaplikasikan buah lemon pada kulit dengan cara menempelkan dan menggosokkan potongan buah lemon pada kulit yang kurang sehat, atau mengolah lemon terlebih dahulu lalu dioleskan sebagai masker wajah, maka kulit akan terasa lebih segar. Baca juga: Tips Putihkan Wajah Secara Alami

3. Mengobati Sakit Tenggorokan

Jika kita mengalami panas dalam atau menderita rasa sakit dan perih di tenggorokan, buah lemon mampu menjadi solusi bagi penyakit tersebut. Dengan mencampur perasan buah lemon dengan madu dan ditambahkan air hangat atau diminum bersama teh, lalu mengonsumsinya secara rutin dapat melegakan tenggorokan dan meredakan penyakit yang dialami. Selain itu, kandungan vitamin C yang tinggi membuat lemon mampu menyembuhkan penyakit seperti sariawan, batuk dan pilek, serta mempercepat penyembuhan luka.

4. Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker

Buah lemon merupakan salah satu buah yang bagus untuk dikonsumsi untuk menghambat pertumbuhan sel kanker. Ini karena lemon mengandung limonin, zat yang mempunyai efek antitumor, antivirus, analgesik, dan antiinflamasi. Limonin memiliki beragam kemampuan, seperti menjaga sel-sel tubuh tetap sehat, mencegah kerusakan sel-sel tubuh, memperbaiki kerusakan pada sel-sel tubuh, melindungi sel-sel tubuh yang masih normal dan meningkatkan kekebalan tubuh dari serangan penyakit.

Setelah mengetahui beragam khasiat dari si kuning ini, tidak ada salahnya untuk segera mengonsumsinya dan merasakan sendiri manfaatnya. Selamat menikmati manfaat lemon.


Artikel Sponsor
Bram Priambodo (Qilat.com)

0 komentar

Post a Comment