Manfaat Cuka dan Jeruk Nipis untuk Kebersihan di Rumah

manfaat jeruk nipis dan cuka untuk kebersihan
Manfaat Jeruk Nipis dan Cuka untuk Kebersihan Rumah

anwariz.com - Selain untuk masak-memasak, cuka dan jeruk nipis juga bermanfaat besar untuk menjaga kebersihan di rumah karena sifat asamnya. Ini bukan berarti bahan-bahan lain yang juga bersifat asam bisa Anda pakai untuk mewujudkan rumah bersih dan sehat secara aman dan tanpa meninggalkan noda. Oleh karena itu, Anda dianjurkan hanya memakai cuka putih agar tidak meninggalkan bekas pada permukaan benda yang dibersihkan.

Cuka dan perasan jeruk nipis memiliki beberapa keunggulan dibanding produk cairan pembersih dalam kemasan yang beredar di pasaran, antara lain:

•    Murah dan mudah didapat
•    Alami dan tidak mengandung bahan kimia buatan
•    Tidak berbahaya bagi anak-anak dan hewan piaraan
•    Lebih aman bagi kain dan perabotan di dalam rumah
•    Satu produk untuk berbagai permukaan

Kedua bahan dapur tersebut bisa dipakai secara murni tanpa diencerkan atau setelah dilarutkan di dalam air, tergantung jenis noda, kotoran, dan permukaan yang ingin dibersihkan. Berikut ini cara memanfaatkan air jeruk nipis dan cuka untuk membersihkan beberapa benda di rumah.

Air jeruk nipis

Belah jeruk nipis menjadi dua lalu gosokkan bagian belahannya langsung ke noda hingga hilang, kadang Anda perlu mendiamkannya beberapa jam sampai noda lenyap. Cara ini bisa Anda pakai untuk:

1.  Menghapus noda kunyit, noda cabai, dan noda karat di meja dapur yang terbuat dari batuan alami.
2.  Menghilangkan noda membandel di lantai dan permukaan di rumah yang berbahan marmer, granit, keramik, dan porselen.
3. Melenyapkan noda di kain sebelum dicuci seperti biasa. Gunakan air jeruk nipis untuk mengucek bagian kain yang bernoda.
4. Mengikis sisa masakan gosong di dalam panci. Anda perlu air jeruk nipis murni tanpa campuran air untuk merendam bagian yang ditempeli sisa masakan gosong.
5.  Menghilangkan sisa minyak dan lemak di peralatan makan. Tambahkan seiris jeruk nipis ke bak cuci piring atau campuran sabun cuci piring Anda.

Anda juga bisa memanfaatkan ampas jeruk nipis atau cukup seiris jeruk nipis untuk mengatasi noda yang tidak terlalu tebal. Perasan jeruk nipis meninggalkan bekas lengket di permukaan, jadi bilas bekas ini dengan air bersih setelah noda hilang.

Cuka putih
menjaga kebersihan rumah menggunakan cuka putih
Manfaat Cuka Putih, sumber gambar di sini
Campur cuka putih dan air bersih dengan takaran yang sama. Larutan ini bisa Anda pakai untuk:

1.  Menjernihkan kaca jendela, kaca meja, dan cermin. Anda tidak perlu membilas benda yang telah dibersihkan dengan larutan cuka, karena larutan ini tidak akan meninggalkan bekas. Bau asam memang akan tercium cukup tajam, namun ini lumrah demi mewujudkan rumah bersih dan sehat secara aman.
2. Menghilangkan kusam di gelas dan bekas teh atau kopi di cangkir. Rendam gelas atau cangkir di dalam larutan cuka selama semalaman. Jika kusam di gelas dan noda di cangkir lebih membandel, gunakan cuka tanpa diencerkan.
3. Membunuh jamur dan menghilangkan bau di dalam tabung mesin cuci. Pastikan tabung mesin cuci kosong, tambahkan secangkir cuka murni ke laci mesin cuci, lalu jalankan mesin cuci selama 30 menit.

Nah itulah manfaat cuka dan jeruk nipis untuk membersihkan rumah. Anda bisa mengeksplorasi sendiri benda-benda apa lagi yang bisa dibersihkan dengan cuka dan jeruk nipis. Silakan bagi tips di atas melalui jaringan media sosial Anda agar manfaatnya bisa dirasakan semakin banyak orang.

Penulis Tamu
Ady Nugroho (Cleanipedia)

0 komentar

Post a Comment