3 Trik Memaksimalkan Pencarian Informasi di Google Search

Trik memaksimalkan pencarian informasi di google
Trik Efektif Mencari Informasi di Google, sumber disini

3 Trik yang Dapat Dilakukan Untuk Memaksimalkan Pencarian Informasi di Google Search
Sejak meluasnya penggunaan internet dan diluncurkannya berbagai mesin pencari seperti Google, cara kita mencari dan memperoleh informasi tentunya mulai berubah drastis. Yang pada awalnya untuk mencari informasi mengenai sesuatu, kita harus pergi ke perpustakaan atau membuka berbagai buku cetak, sekarang ini menjadi berubah. Baca artikel apa itu Google?

Dengan hanya menggunakan gadget berupa Smartphone, PC maupun Laptop, kita dapat memperoleh berbagai informasi yang kita butuhkan melalui internet dengan menggunakan mesin pencari seperti Google Search. Nah kali ini kita akan membahas mengenai trik-trik yang dapat dilakukan agar pencarian informasi di Google search menjadi makin mudah dan memberi hasil maksimal.

1. Gunakan Tanda Kutip (“) Untuk Pencarian Kalimat dengan Urutan Kata Spesifik
 

Google sebagai mesin pencari, akan menampilkan informasi berupa halaman-halaman web yang mengandung kata kunci yang dicari. Dalam menerka halaman yang berhubungan dengan kata kunci yang kita cari, Google tidak akan terlalu memperhatikan urutan kata kunci yang dimasukan. 

fungsi tanda kutip hasil pencarian google
Gunakan Tanda Kutip pada Kata Kunci Pencarian
Misalnya saja kita mencari kutipan kalimat dari Ir. Soekarno yaitu (Barangsiapa ingin mutiara, harus berani terjun di lautan yang dalam) tanpa menggunakan tanda Kutip, maka hasil yang akan kita temui beragam. Mulai dari web yang menjelaskan mengenai mutiara, menjual mutiara, ikan yang ada di laut dalam dan berbagai hal lainnya. Tapi jika kita menggunakan tanda kutip seperti "Barangsiapa ingin mutiara, harus berani terjun di lautan yang dalam" maka hasil pencarian yang akan kita peroleh menjadi sangat spesifik seperti pada gambar diatas.

2. Anda Dapat Mengkonversi Nilai Mata Uang Atau Nilai Satuan Hitung Dengan Mudah
 
mudah melakukan perubahan mata uang di mesin pencarian
Konversi Mata Uang dengan  Mudah di Google
Anda ingin mengkonversikan nilai mata uang atau nilai satuan hitung ?...., anda tidak perlu dengan susah payah mencari informasi mengenai harga mata uang tersebut saat ini, kemudian mengkonversikannya secara manual. Kini dengan bantuan Google Search anda dapat mengkonversikan nilai mata uang dan nilai satuan hitung dengan mudah. Anda hanya perlu memasukan perintah :

·    (Jumlah) ( jenis mata uang/satuan)  to ( jenis mata uang/satuan)
Contohnya:
·    100 Euro to IDR
·    2 KM to M
Setelah memasukan perintah tersebut selanjutnya tinggal search, maka secara otomatis Google Search akan langsung menampilkan hasil konversi dari dari mata uang atau satuan yang ingin kita konversikan seperti pada gambar diatas.

3. Mencari Berkas yang Memiliki Jenis/Format Tertentu dengan Mudah

trik mencari data tertentu di google
Trik Mencari Format Tertentu di Google Search Engine
Jika anda ingin mencari berkas/file dengan jenis atau format tertentu, trik googling yang satu ini pastinya akan sangat mempermudah pencarian anda tersebut. Anda hanya perlu memasukkan perintah berikut ini:
·    (nama berkas/file) filetype:(jenis berkas/file) 


Contohnya:   
·    satelit dan fungsinya filetype:doc
·    teori asal usul tata surya filetype:pdf

Setelah anda memasukan perintah tersebut dan search, Google Search akan memberikan hasil pencarian berupa semua berkas/file yang memiliki jenis/format sama seperti yang anda masukan dalam perintah.


Baca juga:
Bagaimana cara teknologi google mampu membantu kita belajar secara online

Nah semoga dengan trik trik tadi, anda dapat menggunakan Google search untuk mencari informasi yang anda inginkan dengan cepat. Semoga membantu, salam!

Artikel Sponsor
Bram Priambodo (Qilat.com)

0 komentar

Post a Comment