Tempat Wisata Kuliner ini Wajib Anda Coba Saat Berkunjung Ke Garut

anwariz.com - Pengertian kata Kuliner. Sepertinya istilah kuliner ini sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat, terutama mereka yang suka makan-makan karena memang kata kuliner sering didengar, dibaca melalui berbagai media. 


pengertian dan definisi wisata kuliner

Istilah kuliner pun semakin menyebar luas setelah salah satu acara televisi menghadirkan program tentang masak-masak, makan-makan, lalu mengajak pemirsa dengan jargon khasnya "Maknyuuusss..." Semenjak saat itu geliat kuliner kian terkenal sampai hadir para food blogger menyajikan review tentang makanan kesukaannya. 

Pengertian #Kuliner erat kaitannya dengan aktivitas masak-memasak, makanan, rasa dan kepuasan perut pecinta makan. Kuliner juga dapat di artikan sebagai hasil olahan yang berupa masakan berupa lauk-pauk, panganan maupun minuman.

Kata kuliner merupakan unsur serapan bahasa Inggris yaitu culinary yang berarti berhubungan dengan memasak. Sedangkan orang yang bekerja di bidang kuliner disebut koki atau chef.

Penggunaan Istilah Kuliner

Dewasa ini penggunaan istilah kuliner sudah semakin meluas bahkan tidak sekedar pada makanan semata, melainkan digunakan pula pada berbagai kegiatan lomba memasak, kreasi makanan, seni mengolah sesuatu makanan. Pada sisi lain istilah wisata kuliner banyak pergunakan oleh mereka pecinta jalan-jalan sekaligus sambil jajan-jajan di suatu daerah wisata tertentu. Misalnya wisata kuliner di kota Garut  bisa diartikan menikmati makanan tradisional dari daerah tersebut.

Ya.. Menikmati suasana liburan sembari menyicip kuliner baru itulah kemudian dinamakan wisata kuliner. Dengan kata lain istilah kuliner dapat diartikan secara bebas tanpa mengubah makna perpaduan antara mencoba masakan khas daerah tententu sambil menikmati suasana santai bersama keluarga

Kuliner sudah menjadi gaya hidup bagi sebagian terutama diperkotaan. Namun, orang pedesaan bukan berarti tidak mengenal istilah ini. Banyak pula mereka datang dari kota menyambagi kampung tertentu sekedar untuk mencoba lezatnya makanan.

Tempat Wisata Kuliner di Garut

Salah satu tempat kuliner terkenal di kota ini adalah pasar ceplak. Di sana terdapat banyak pilihan jajanan khas kota dodol, tentu saja termasuk dodol itu sendiri tersedia dalam berbagai varian. Jika sedang berkunjung kemari, rasanya kurang afdol jika kelewatan mampir ke pasar "ceplak" pusat makanan tradisional khas garut.


Berikutnya, jika Anda suka makanan manis maka sangat cocok sekali mampir ke daerah Malangbong di perbatasan Garut-Sumedang. Sebab di sana terdapat penganan kenyal dan nikmat, LADU namanya. Ladu ini dibuat dari beras ketan dan diolah sedemikian rupa sehingga menjadi salah satu kuliner khas yang rasanya berbeda dari makanan manis lainnya seperti dodol. Benar sekali, masyarakat Malangbong Garut yang pertama kali mengkreasikan makanan manis lezat ini sampai akhirnya dikenal diberbagai daerah sebagai oleh-oleh wajib ketika berkunjung ke Garut.

Tak hanya itu, kota ini juga menyimpan sejuta warna dari sisi kuliner. Bukinya tak sedikit rumah makan dengan pelayanan kelas dunia. Waduh kok jadi melebar begini ya, hehe... Sepertinya sampai di sini dulu tulisannya. Karena inti bahasannya tentang pengertian wisata kuliner. Semoga bermanfaat!

0 komentar

Post a Comment