10 Tradisi Unik Ini Cuma Ada di Filifina

anwariz.com | Tradisi Unik dari Filifina - Menurut Wikipedia, Filipina atau Republik Filipina adalah sebuah negara republik di Asia Tenggara, sebelah utara Indonesia, dan Malaysia. 
tradisi unik negara filifina
Sumber Wikipedia


Filipina merupakan sebuah negara kepulauan yang terletak di Lingkar Pasifik Barat, negara ini terdiri dari 7.641 pulau. Selama ribuan tahun, warga kepulauan Filipina yang bahagia, dan pekerja keras ini telah mengembangkan sistem cocok tanam Padi yang sangat maju, yang menyediakan makanan pokok bagi masyarakatnya.

Kebudayaan Filipina merupakan perpaduan tradisi antara kebiasaan asli penduduk setempat dengan tradisi yang diperkenalkan pada zaman kolonial. Namun baikyang asli keturunan Filipina atau pengaruh budaya asing, beberapa kebudayaan telah dianggap sebagai kebudayaan khas Filipina. Terdapat beberapa tradisi unik dari Filifina dan hanya ada di dsana.. Keunikan seperti apakah itu? Mari kita simak bersama.

10 Hal Unik ini Cuma ada di Filifina


Balut

Dianggap sebagai makanan paling eksotis di Filipina, balut telah dicap sebagai makanan yang harus dicoba oleh wisatawan asing yang ingin mencoba rasa makanan lokal. Makanan jalanan yang merupakan embrio bebek yang direbus hidup-hidup dan dimakan dari cangkangnya, dipercaya dapat merangsang vitalitas dan obat untuk mabuk berat.

Tamaraw

Tamaraw atau kerbau kerdil Mindoro merupakan satu-satunya sapi endemik di Filipina. Pemerintah Filipina mengatakan bahwa kurang lebih 10 ribu ekor tamaraw hidup di Mindoro di awal tahun 1900-an, namun karena beberapa hal, spesies tersebut telah dinyatakan hampir punah sejak tahun 2000.

Jeepney

Kendaraan yang disebut "Raja Jalanan" ini adalah ikon populer pariwisata Filipina karena Jeepney hanya ada di Filipina! Dianggap sebagai kendaraan umum yang paling banyak dipakai di negara tersebut, Jeepney sebenarnya dibuat dari mobil Jeep militer AS yang digunakan di Perang Dunia II.

Sinarapan

Sinarapan, yang secara ilmiah disebut Mistichthys luzonensis, merupakan spesies ikan terkecil yang diperdagangkan di dunia. Spesies ini hanya ditemukan di wilayah Bicol, perairan Camarines Sur, termasuk Danau Buhi dan Bato. Usaha konservasi telah dilakukan, setelah ikan tersebut terancam punah karena terlalu banyak ditangkap.

Halo-halo

Makanan penutup khas Filipina yang terkenal ini, yang namanya secara harafiah berarti "campur-campur" dibuat dengan meletakkan manisan buah dan kacang-kacangan di atas es serut atau terkadang es krim. Makanan yang merupakan cara ternikmat di Filipina untuk melawan terik matahari, telah dikenal sampai mancanegara

Dinuguan

Namanya menggambarkan makanan itu sendiri. "Dinuguan" yang berarti "berdarah" adalah rebusan daging babi yang dimasak dengan darahnya. Makanan yang pada awalnya hanya dimasak oleh orang-orang kurang mampu, karena menggunakan bahan masakan yang tidak sesuai dengan menu makanan mahal, sekarang bahkan disajikan di sajian makanan Filipina yang paling mewah.

Menunjuk bibir

Selain "sit-sit," menunjuk menggunakan bibir juga dipercaya merupakan keunikan yang ditemukan oleh orang Filipina untuk menyampaikan pesan-pesan rahasia. Orang tua juga melarang anak muda Filipina menunjuk menggunakan jarinya, karena dipercaya dapat menyinggung makhluk-makhluk gaib.

Sisig

Makanan yang dianggap oleh orang Filipina sebagai makanan khas warga Kapampangans, sisig adalah makanan renyah dan gurih yang terbuat dari kuping, wajah, liver dan terkadang perut babi. Bagian-bagian tersebut direbus, dipanggang, dan dibakar secara tradisional, memberikan rasa asap yang nikmat. Daging ini biasanya dilumuri bumbu calamansi, dan di versi modernnya menggunakan mayonnaise.

Black Nazarene

Kesetiaan kepada sosok Yesus berwana hitam memikul salib mungkin dikenal Vatikan sebagai hari raya Katolik, namun sosok tersebut, dikenal sebagai "Poong Nazareno" adalah asli Filipina. Sosok yang dipercaya membawa keajaiban ini, pada mulanya merupakan Yesus berkulit putih yang menjadi hitam karena kebakaran yang terjadi di kendaraan yang membawanya dari Mexico. Patung tersebut sekarang diletakkan di Gereja Quiapo dan perayaannya. Baca juga: Kesenian Tradisional Garut, Surak Ibra

‘Psst’

Katanya, salah satu cara termudah untuk membedakan orang Filipina di dalam sebuah kerumunan adalah dengan memanggil mereka via "sit-sit." Ya, cara aneh yang digunakan untuk menarik perhatian seseorang dengan menggunakan desisan dibandingkan kata-kata dipercaya menjadi keunikan tersendiri bagi orang Filipina. Beberapa ahli mengartikan ini sebagai kebutuhan untuk dapat menyampaikan pesan kepada orang lain secara diam-diam.

Nah, itulah 10 tradisi unik negara filifina yang hanya bisa Anda temukan di sana. Jangan perrnah sungkan menyaksikan berbagai pertunjukan kebudayaan filifina ketika berkunjung. Selamat menikmati perjalanannya.

0 komentar

Post a Comment