Resep Rahasia Cara Membuat Dodol Garut Biar Lebih Nikmat dan Legit

anwariz blog - Resep Membuat Dodol Garut ternikmat ini saya gunakan sebagai judul agar lebih enak saja dibacanya dan sekarang bukan lagi rahasia. Terlepas dari itu, dodol Garut adalah makanan khas dari Garut, Jawa Barat. Terbuat dari : Beras ketan, kelapa, gula pasir, susu, coklat, wijen, mentega, lemak nabati dan vanilli dengan cita rasa nikmat.


resep cara rahasia membuat dodol


Apa itu dodol Garut? dan Bagaimana Cara Mengolah Dodol Di Rumah?


Menurut situs Wikipedia, Dodol Garut merupakan camilan khas Sunda dari kota Garut, Jawa Barat. Terdapat banyak jenis dodol Garut diantaranya dodol kacang, dodol wajit, aneka dodol buah seperti dodol nanas, dodol nangka, dodol tomat, dodol durian dan buah-buahan lainnya, chocodot (cokelat isi dodol pertama di dunia), dodol piknik yang merupakan dodol paling populer dan menjadi salah satu ikon kota Garut serta masih banyak jenis dodol lainnya. Dodol ini termasuk makanan camilan yang rasanya manis dan lezat. 


Bagaimana sih caranya membuat dodol garut? Teernyata membuatnya tidak sesulit yang dikhawatirkan. Makanan manis khas tanah pasundan tepatnya berasal dari Kabupaten Garut, Jawa Barat ini sudah menjadi icon kota tersebut sampai-sampai dikenal hampir siseluruh penjuru tanah air bahkan sampai melanglangbuana ke mancanegara. 

Makanan manis kenyal ini seringkali dijadikan sebagai oleh-oleh ketika berkunjung ke kota Garut. Bahkan, dodol garut ini banyak dijajakan di toko-toko ataupun warung di provinsi Jawa Barat khusus penjualan penganan oleh-oleh khas sunda. Rasanya cukup bersahabat dengan lidah orang Indonesia pada umumnya, maka tak heran jika digemari semua kalangan. Terdapat beragam rasa hasil kreasi perajin makanan manis dodol garut.

Baca juga: Resep Membuat Kue Getuk Goreng

Dibawah ini adalah tips membuat dodol garut lengkap resep dan cara praktis sehingga mudah iikuti di rumah masing-masing. Caranya cukup mudah, Anda bisa membuatnya di rumah sebagai makanan camilan atau dijadikan usaha jual beli dodol hasil kreasi Anda.

Sediakan bahan-bahan berikut ini untik membuat penganan nikmat si dodol garut:

  • 1 kg tepung ketan
  • 2 kg gula merah, diiris halus
  • 2 sdm santan cair
  • 2 ons gula pasir
  • 5 buah kelapa tua (ambil santan kentalnya)
  • Garam secukupnya

Cara membuat dodol garut enak dan lezat:

Campurkan tepung ketan, bersama irisan gula merah, kemudian masukan santan cair dan beri sedikit garam. Setelah itu, rebus campuran tadi hingga mengental lalu tuangkan kembali santan kental dan gula pasir. Masak terus campuran adonan sampai tercium aroma harus serta teksturnya mengental sekali selama 3 ½ jam kurang lebih.


Setelah itu, lanjut dengan menuangkan adonan dodol di atas wadah yang besar yang sudah diberi kertas minyak sebelumnya. Sesudah dituang, langkah selanjutnya oleskan minyak goreng hingga merata. Setelah itu, dinginkan terlebih dahulu lalu gulung hingga membentuk bulat lonjong seperti bentuk dodol pada umumnya, atau bisa juga sesuai selera Anda.
Langkah terakhir bungkus adonan dodol menggunakan kertas minyak.

Selain dikenal kota dodol, terdapat pula tempat wisata di garut dengan tingkat pengunjung boleh dibilang tidak pernah sepi. Karena memang Garut ini asri nan indah. Nah, itulah resep rahasia membuat dodol yang iconic di Garut. Kalau kebeulan sedang bermain ke kota indatn (garut) jangan sampe ketinggalan membawakan oleh-oleh dodol untuk keluarga tercinta. Selamat mencoba!

0 komentar

Post a Comment