Jenis Blog Berdasarkan Topik, Tujuan dan Formatnya - Kumpulan Artikel Populer | Tips SEO Blogging | Anwariz.Com

Jenis Blog Berdasarkan Topik, Tujuan dan Formatnya

ANWARIZ.com | Jenis-Jenis Blog Berdasarkan Topik, Tujuan, dan Formatnya - Blog merupakan sebuah media web berisikan beragam jenis tulisan, artikel, catatan untuk diposting secara online dan sifatnya pun terbuka untuk umum. Dengan kian beragamnya pengguna blog yang bermunculan, maka harus diadakan pengelompokan atau pengkategorian dari tema, tujuan, dan format blog tersebut. 


jenis jenis blog paling populer di internet
Jenis Jenis Blog
Blog juga kini dipandang sebagai salah satu media di dunia internet yang informasinya banyak dibutuhkan orang, blog yang awalnya berupa blog gratisan namun sekarang telah berkembang dalam berbagai bentuk sesuai dengan kreasi sang Blogger. Untuk itu kali ini saya ingin mengulas sedikit tentang Jenis Blog di Internet. Mari kita mulai saja...

Jenis- Jenis Blog Berdasarkan Tema Pembahasan


1. Blog Umum (General Blog)

Umumnya blog jenis ini disalamnya terdapat banyak topik, bahkan hampir semua kategori disajikan pada blog jenis ini, biasanya blog seperti ini seperti pasar internasional yang selalu di kunjungi dari berbagai latarbelakang dengan jangkauan pembaca sangat luas.

2. Blog Topik (Niche Blog)

Blog jenis ini dikemas dengan topik/niche sedikit bahkan hanya mengedepankan satu topik saja. Seperti blog topik tentang bisnis, blogging, komputer, teknologi, selebriti, gosip, produk, dll. Blog seperti ini biasanya memiliki banyak pembaca tetap karena mereka akan penasaran dengan tulisan terbaru di topik tersebut.

3. Micro Niche

Blog jenis ini menyajikan tulisan berdasarkan tema namun lebih sempit dari Niche Blog. Perbedaannya terletak pada kedalaman pembahasan mengenai topik tertentu. Misal blog tentang kanker, maka isinya mendetail semua tentang penyakit kanker, mulai dari sejarah, penyebab, tips mengatasi, pencegahan dan lain sebagainya


Jenis Jenis Blog Berdasarkan Maksud dan Tujuan Pembuatannya


1. Personal Blog

Blog seperti ini dibuat dengan ide sendiri dan karya sendiri, misalnya cepern, puisi, atau mungkin diary dll. Contohnya: http://anwariz.com

2. Personal Branding Blog

Blog jenis ini di buat supaya menjadi di kenal oleh banyak orang di dunia maya, dan melakukan promosi diri. Gaya bahasa dalam blog ini biasanya formal dan semi formal. Contohnya jokosusilo.com

3. Katalog Blog

Blog seperti ini berisikan informasi sebagai bahan rujukan dan referensi.

4. Monetasi Blog

Blog jenis ini dibuat untuk dijadikan sarana bisnis, dan blog seperti ini biasanya mengendalkan optimasi SEO supaya banyak pengunjung.

Jenis Jenis Blog Berdasarkan Format Penyajiannya


1. Vlog

Blog jenis ini berisikan video untuk disajikan ke publik.

2. Blog Copy Paste

Blog seperti ini dikelola dengan menduplikat tulisan (konten) yang sudah ada dari blog lain. Tanpa adanya perubahan sedikitpun mereka pengguna blog ini langsung saja memposting hasil duplikasinya.

3. Sketchblog

Blog seperti ini dengan format konten tentang kumpulan portofolio seseorang, baik itu tokoh negara, artis, seniman dll.

4. Linklog

Blog jenis ini didalamnya terdapat banyak sekali link yang merujuk kehalaman blog lain.

5. Photoblog / phlog

Blog seperti ini hanya berisikan gambar dan foto-foto. Contohnya seperti Picasaweb.

6. Audioblog

Blog jenis ini khusus berisikan tentang audio/musik yang biasanya untuk share kepada orang lain.

7. Tumbleblogs

Blog seperti ini hanya dapat memuat konten-konten dengan karakter teks pendek. Seperti : poetsch.org

8. Typecasting Blog

Blog jenis ini berisikan kumpulan tulisan tangan, notes atau mesin tik yang discan terlebihdahulu sebelum diposting.

9. Splog

Blog jenis ini berisikan iklannya dengan isi bermacam-macam. Blog seperti ini di anggap spam, karena kehadirannya terkadang tidak diperlukan oleh sang pencari berita dan juga mengganggu.

10. Blog Iklan Baris

Blog seperti ini berisikan kumpulan iklan baris, yang dipakai oleh sebagian orang sebagai sarana memperomosikan usahanya. Contoh : olx.co.id, pasangiklan.co.id, iklanbaris.com

Mungkin itu saja tulisan kali ini tentang macam-macam blog di internet yang sering dibaca hampir sebagian besar pengguna internet di dunia. Semoga ulasan sederhana ini dapat memberikan manfaat kepada kita semua. Sampai jumpa di lain kesempatan dengan konten-konten lebih menarik lagi. Salam senyum!


4 komentar:

  1. Bang Ali, Salam Kenal!, saya ingin bertanya seputar blogging, apakah jika kita mengisi konten blog kita dengan merujuk pada artikel yg sudah ada dari web atau blog orang lain, apakah itu bisa dikatakan menjiplak ide mereka? Terima Kasih sebelumnya 😊.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selama kata-katanya tidak sama persis tidak dikatakan menjiplak. Menurut saya itu adalah proses kreatifitas. Karena ada sebuat teori mengtakan AMATI-TIRU-MODIFIKASI (ATM). Tentu saja dengan batasan-batasan mengutip konten orang lain ya... Terimakasih sudah berkunjung. Salam kenal kembali..

      Hapus
  2. Balasan
    1. Syukurlah jika memang tulisan di atas bermanfaat baut Anda mas Ardian.. Terimakasih sudah mampir. Jangan sungkan untuk mengeksplor konten terbaik dari Anwariz.

      Hapus

Terimakasih atas kunjungannya:

1. Silakan berikan komentar terbaik Anda.
2. Saran dan kritik sangat saya harapkan.
3. Dilarang menyertakan LINK hidup atau mati.
4. Jika Anda tidak terima, silakan mengajukan 'banding'!!

Headline

Pencegahan PTM Berbasis Germas Dimulai dari Keluarga