10 Tips Jitu Membuat Artikel Blog Disukai Pembaca - Anwariz.com

10 Tips Jitu Membuat Artikel Blog Disukai Pembaca

ANWARIZ.com | 10 Tips Praktis Membuat Artikel Blog agar Disukai Pembaca - Membuat artikel blog dengan banyak peminat serta disukai oleh pencari informasi di internet memang gampang-gampang susah. Pasalnya tidak semua blogger memiliki bakat alami dalam membuat konten, terkadang ada yang harus belajar ekstra keras agar dapat menyajikan artikel berkualitas

cara buat konten blog menarik
Ilustrasi Konten Blog

Bisa jadi Anda adalah blogger yang tengah risau dengan masalah jumlah pengunjung/traffic blog? Jika ya, berarti Anda tepat membaca artikel ini. Memiliki blog dengan tingkat popularitas tinggi serta disukai banyak orang adalah harapan kebanyakan blogger disaat awal pengembangan blognya. Tidak perlu risau lagi dengan masalah pengunjung sebab sebentar lagi akan saya bahas.

Saya mengalami hal demikian pada saat pertama kali membuat blog, jadi Anda tidak perlu khawatir lagi tentang itu. Setelah kemudian belajar banyak tentang dunia blogging, saya dapat mengambil pelajaran berharga dimana kontenlah rajanya "content is the king" dalam sebuah blog. Ternyata konten dari blog itulah yang menjadi salah satu penentu baik tidaknya suatu blog dimata pengunjung.
Baiklah mari langsung saja menuju pokok bahasan tentang  

10 Tips Ampuh Membuat Artikel Blog agar Disukai Pembaca.


Buat Judul Menarik
Ketika melakukan pencarian di browser (Google, Yahoo, Bing) dll, apa yang membuat kita memilih salah satu blog? Pasti judulnya duluan. Sepakat?
Judul terlihat pertama kali sebelum melihat isinya. Sebagus apapun artikel Anda, jika judulnya kurang menarik maka tidak akan ada yang membaca. Dari 100 orang yang mampir ke blog Anda, 80 orang akan membaca judul artikelnya. Namun hanya 20 orang yang lanjut baca isinya.  Maka jangan sampai kehilangan potensi pembaca yang sangat besar, untuk itu buatlah judul yang menarik untuk mendatangkan banyak pengunjung.

Menulis Sesuai Passion
Sebagian orang mengatakan bahwa cintalah aktivitas menulisnya bukan mencintai topiknya. Namun setelah saya mendalami pendapat tersebut, ternyata menulis itu cakupannya sangatlah luas sehingga kurang tepat jika mengatakan hal terpenting itu mencintai menulisnya bukan temanya. Menurut saya, ketika menulis sesuai dengan gairah (passion) hasilnya akan jauh lebih mencintai aktivitas menulisnya. Intiny, saya hanya menempatkan passion di urutan depan saja, baru kemudian aktivitas menulisnyapun akan semakin dicintai karena kita sudah lebih dulu mempunyai gairah atas apa yang ditulis.

Gunakan Gambar
Menambahkan gambar pada artikel akan sangat membantu pembaca dalam memahami maksud tulisan lebih mendalam. Selain itu, gambar juga akan menarik lebih banyak pembaca yang mencari gambar seperti menggunakan Google Image. Ketika gambar Anda menarik, kemungkinan besar akan mengunjungi situsnya juga. Jadi, jangan lewatkan tips ini agar artikel buatan Anda lebih menarik.

Konsisten Menulis
Salah satu rahasia yang menjadi pembeda antara blog satu dengan blog lain diantaranya adalah konsistensi. Pada dasarnya pembaca hanya menginginkan bahan bacaan sederhana saja. Ketika mereka sudah menyukai hasil tulisan kita maka akan menjadi pembaca setia bahkan selalu menantikan tulisan-tulisan berikutkan dari sang penulis tersebut. Oleh karenanya, mulailah konsisten dalam menulis konten blog!

Konten Tidak Terlalu Panjang
Perbedaan antara menulis blog dan media cetak adalah bahwa blog tentu dibaca di layar elektronik yang secara relatif melelahkan mata. Buatlah sebuah artikel yang sederhana dan pendek saja, maksimal 450-600 kata. Pembaca di blog lebih suka tulisan yang habisa sekali baca dan tepat sasaran.

Buatlah Tulisan Simpel
Sebuah blog bisa menjadi sebuah media untuk menunjukkan expertise Anda. Namun sekali lagi, pengunjung yang datang ke blog Anda belum tentu sama expert nya dengan Anda. Jadi, tetaplah buat tulisan yang sederhana dan mudah dipahami. Buatlah yang rumit bisa dijelaskan dengan sederhana. Bukan justru menjelaskan hal sederhana dengan jalan yang rumit.

Koreksi Kesalahan
Dalam beberapa tulisan saya sebelumnya, saya menyarankan bagi Anda yang ingin memulai blogging, maka tulislah apa yang ada di pikiran Anda dan biarkan mengalir. Hanya seringkali blogger lupa untuk melakukan cek terakhir sebelum tulisan dipublikasi. Koreksi kesalahan sebaiknya setelah tulisan jadi, bukan saat kita sedang menulis karena itu bisa sangat mengganggu.

Abaikan bahasa G4uL
Sesuai namanya, bahasa gaul merupakan bahasa pesan singkat. Penggunaan bahasa singkat ini biasanya terjadi pada blogger yang menggunakan perangkat ponsel dalam aktivitas menulisnya atau biasa disebut mobile blogging. Namun tidak sedikit yang menggunakan bahasa gaul ketika menulis via komputer. Sebagai contoh, 4baikAn g4y4 p3nul154n s3p3rt1 iN1.

Cek Sebelum Posting
Mengecek hasil tulisan biasanya dilakukan sebelum artikel tersebut dipostingkan. Hal ini dilakukan untuk memastikan apakah tulisan sudah benar-benar runtut atau belum. Pastikan tulisan tersebut sesuai antara awal artikel dengan penghujung artikel.

Minta Saran Pembaca
Setelah melakukan posting biasanya pembaca setia akan langsung berinteraksi dengan penulisnya melalui kotak komentar. Jangan sia-siakan kesempatan ini untuk meminta pendapat kepada mereka. Dengan begitu blogger bisa melakukan koreksi (update) pada postingannya. Hal ini juga membuat sang blogger semakin mengetahui tulisan seperti apa yang sangat dibutuhkan pembacanya.

Demikianlah ulasan singkat mengenai cara jitu membuat artikel blog disukai pembaca. Saya melakukan teknik diatas ketika menuliskan artikel baru di ANWARIZ.com sehingga setiap selesai posting sudah ada pembaca yang setia menunggu. Saya sangat mengharapkan teman-teman blogger menambahkan sesuatu hal bermanfaat via kolom komentar. Terimakasih dan Salam senyum!


8 komentar:

  1. Wah artikelnya mantab banget ni bang ali, sangat cocok buat blogger seperti saya yang blognya masih sepi pengunjung

    BalasHapus
    Balasan
    1. Happy Friday mbak Alvi.. haha yang biasanya merendah itu ilmunya diatas langit. Itulah owner AlviyatuN. Saya justru banyak belajar dari situs keren itu lho. Terimakasih sudah berkunjung kembali ke gubuk saya.

      Hapus
  2. hehehe s4y4 buk4N 0124n9 64ul
    menarik juga posting ditas untuk disimak.. semangat and happy blogging

    BalasHapus
    Balasan
    1. :-bd ahaaa... thanks bro sudah mampir. Pastinya tetap semangat dong! Sukses selalu!

      Hapus
  3. yang paling ampuh emang hasil tulisan sendiri bang..selain unik juga punya kesempatan besar untuk di page one

    BalasHapus
    Balasan
    1. Begitulah sejadinya ngeblog om Hilman... Menciptakan konten untuk dibaca oleh orang lain. Semoga saja memperoleh peringkat pertama di laman pencarian.

      Hapus
  4. Yang bedain blog kita dengan blog blog mastah itu cuma etos kerja dan konsistensi admin yang mengelola blog tersebut.

    Kita bisa besar asal bisa konsisten menulis, setuju dengan beberapa poin di atas

    Thanks sudah sharing mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kembali kasih Mas Alfan. Bener sekali, semoga bisa terus konsisten membuat konten-konten terbaik. Dengan begitu tujuan berbagi pengalaman kepada pembaca bisa terwujud secara baik. Sukses buat Mas Alfan

      Hapus

Terimakasih atas kunjungannya:

1. Silakan berikan komentar terbaik Anda.
2. Saran & Kritik akan saya terima dengan lapang dada (bukan lapang bola, yaa) sebagai bentuk evaluasi konten blog ini.
3. Dilarang menyertakan LINK hidup atau mati.
4. Jika Anda tidak terima, silakan mengajukan 'banding'!!