Jenis Artikel Blog Paling Banyak Dicari Pengunjung di Internet

ANWARIZ.com | Jenis Artikel Paling Banyak Dicari di Internet - Menulis lewat blog (blogging) adalah kegiatan menyenangkan dilakukan kapan saja dan dimana saja asal tersedia koneksi internet. Sudah barang tentu membuat konten tidak akan pernah terlepas dari aktifitas blogging tersebut. 

jenis konten artikel paling disukai di internet

Konten merupakan unsur terpenting dalam sebuah blog, mana mungkin ada blogging tanpa konten, bukan? Seperti yang sudah banyak dikemukakan oleh pakar internet marketing bahwa konten adalah raja. Artinya jika blog ingin ramai dikunjungi maka mau tidak mau harus mampu membuat konten berkualitas serta menarik. 
'
Beberapa blogger memiliki bakat alamiah untuk membuat konten blog yang menarik dan disukai penggunanya. Adapun blogger yang tidak memiliki bakat seperti saya ini, harus ekstra belajar, mengasah kemampuan menulis dari waktu ke waktu. Blog Anwariz ini, tak ubahnya seperti kebanyakan blog lain pada dasarnya berisi konten berbentuk tulisan (text) artikel. Nantinya, artikel yang muncul di halaman depan mesin pencari seperti Google, Yahoo, Bing lah yang akan dibaca oleh para pencari informasi di internet. Didukung pula dengan Strategi Optimasi Blog (SEO) agar bisa meraih peringkat pertama halaman search engine.

Pada kesempatan kali ini saya akan sedikit mengupas tentang jenis artikel, postingan blog yang umumnya banyak dicari serta menarik dimata pengguna internet (netizen) seluruh dunia maya. Dengan mengetahui jenis artikel apa saja yang disukai pembaca, akan memudahkan pembuat konten agar menyesuaikan dengan minat pembacanya. Lalu, apa saja jenis artikel yang disukai pembaca di internet?

Jenis Artikel Paling Disukai dan Dicari Pembaca Blog

Artikel Beragam Info

Konten jenis ini biasanya menyuguhkan macam-macam informasi dari A-Z, mulai dari gossip sampai teknologi ruang angkasa ada disana. Karena banyaknya informasi yang tersedia didalamnya, sehingga orang yang search apa saja di browser banyak yang menuju blog dengan konten/artikel semacam ini.

Artikel Cara (How To)

Tidak sedikit orang yang memiliki masalah dan sangat membutuhkan solusi secepatnya. Kemudian mereka akan membuka browser pada gadget atau komputer mereka dengan harapan dapat membantu. Maka, mulailah mereka mengetikkan kata kunci seperti: “bagaimana cara”. Artikel cara (how to) membuat, melakukan, atau menyelesaikan sesuatu akan muncul di halaman depan hasil pencarian browser. Saya yakin Anda juga sudah terbiasa mengetikan kata kunci semacam itu, maka lakukan hal yang sama ketika blog ingin ramai pengunjung tidak ada salahnya membuat konten tentang cara (how to) seperti ini.

Artikel Tips & Trik

Selain mencari artikel tentang cara (how to) seperti sudah dipaparkan diatas, kebanyakan orang juga mencari tips melalui akses internet mereka. Semua orang pasti ingin mendapatkan manfaat dari sesuatu hal kecil kemudian mudah dilakukan (keep it simple) begitulah sebuah tips ditujukan. Maka tak heran jika pengguna internet banyak mencari tips dan trik. Model artikel tentang tips dan trik ini bisa dari tips perawatan kesehatan, pengoprasian gadget, atau tips melangsingkan badan bagi wanita, hingga tips resep memasak bagi kaum ibu. Menuliskan artikel jenis ini dengan bahasa interaktif namun santai akan sangat baik dimata pembaca.

Artikel Referensi

Artikel ini banyak dijumpai pada blog-blog bertemakan pendidikan, baik itu sekolah maupun tingkat perguruan tinggi. Hal ini dikarenakan bahan tulisan mereka adalah buku mata pelajaran ataupun modul perkuliahan. Artikel dengan bentuk tulisan yang menyarikan sebuah buku atau topik tertentu yang dikumpulkan dari buku-buku referensi ini banyak dicari pengguna internet dari kalangan mahasiswa. Ketika para mahasiswa itu sedang membuat tugas dalam bentuk makalah, atau para siswa yang mencoba menjawab tugas-tugas atau PR mereka, maka artikel ini akan menjadi rujukan pertama mereka.

Mengapa demikian? Ini adalah hal termudah yang dapat mereka lakukan. mereka tinggal buka internet untuk menemukan topik tertentu terkait tugas yang diberikan pada mereka. Tentang definisi, pengertian, penjelasan, sampai beragam contoh tersaji dihadapan. Banyak sekali pencari informasi jenis ini di internet, tentunya menjadi lahan segar untuk digarap oleh blogger sebagai pembuat konten untuk dibagikan kepada mereka. 

Tipsnya buatkan artikel berdasarkan jurusan atau disiplin keilmuan agar mudah diakses oleh pencari informasi. Artikel kesehatan, ilmu pendidikan, bahkan tentang ilmu keteknikan pun bisa Anda sajikan. Sertakan pula daftar pustaka yang Anda gunakan ketika hendak membuat artikel referensi seperti ini. Agar memudahkan pembaca untuk dapat langsung merujuk kepada buku aslinya.

Artikel Daftar (List)

Besarnya rasa penasaran calon pengunjung blog Anda menjadi modal utama dalam menyajikan artikel tentang urutan daftar (list) ini. Pengguna internet memang suka dengan informasi ringan namun berbobot, tak ayal mereka akan menjadikan saat browsing di internet sebagai bagian dari refreshing ditengah kesibukan. Tidak sedikit pembaca blog yang menyukai aktivitas membaca sambil menyegarkan kembali pikiran. 

Pengetahuan ringan akan informasi terbaru seperti 16 Blogger Hebat Indonesia, atau 7 Alasan Kenapa Buah Pisang Digemari Orang Indonesia akan menarik perhatian pengguna internet. Walaupun mudah sekali menulis artikel jenis ini, penulis blog jenis ini seringkali terjebak oleh masalah hak cipta, baik itu foto maupun isi dari konten tersebut. Gaya bahasa dan pembawaan santai akan sangat cocok digunakan saat mempublikasikan artikel tentang daftra seperti uraian diatas.

Baca juga: 10 Tips Membuat Artikel Menarik Perhatian Pembaca

Kabar Terkini

Membuat konten jenis ini boleh dibilang susah-susah gampang. Alasannya seperti pada saat menulis artikel berbentuk daftar (list), pembuat konten biasanya disulitkan oleh mencari konten pendukung berupa gambar, namun bukan gambar yg memiliki hak cipta. Mengambil gambar dari media lain tanpa seizin pemiliknya atau tanpa mencanumkan sumber aslinya tentu ini kurang etis. 

Beberapa blogger mengatasi hal ini dengan mencari gambar-gambar terkait yang bebas hak cipta (domain public, atau dengan lisensi creative common). Akibatnya, mereka menggunakan gambar-gambar atau foto-foto yang sama berulangkali. Tetapi ini sebenarnya tidak terlalu masalah karena inti dari artikel jenis ini adalah isi beritanya. Pengutipan kata-kata dari seorang tokoh pada sebuah konfrensi pers dalam bentuk satu kalimat saja bisa dijadikan dasar untuk menulis beberapa artikel atau blog post. 

Tips utama sebaiknya dilakukan jika ingin menulis artikel jenis ini adalah berlomba dengan waktu. Kesuksesan suatu berita adalah siapa yang paling cepat maka dia juaranya, tentu dengan kualitas berita relevan dengan fakta atau peristiwa ya. Terus terang saya belum bisa membuat konten jenis ini karen berbagai faktor alasan.

Artikel Cerita

Yang terakhir adalah artikel jenis Cerita. Ya, artikel cerita merupakan konten blog yang lumayan sering di kunjungi oleh banyak orang, walaupun pengunjungnya tidak sebanyak artikel tips dan artikel how to. Tetapi biasanya konten jenis ini memiliki keistimewaan tersendiri, yaitu mempunyai pengunjung tetap alias pembaca setia. Biasanya artikel seperti ini hanya digunakan sebagian blogger untuk menyalurkan hobi membuat  cerita. Pengunjungnya boleh dikatajan banyak mencapai ribuan hingga puluhan ribu setiap harinya.

Demikianlah uraian singkat mengenai beberapa Jenis Artikel Paling Banyak Dicari di Internet. Saya tahu Anda memiliki opini tersendiri tentang hal ini, ya kan? Untuk itu silakan berkomentar untuk menambahkan beberapa jenis artikel yang luput dari pengetahuan saya saat ini. Semoga tulisan sederhana ini bermanfaat untuk Anda pembaca setia Cara Membuat Blog. Salam senyum!

2 komentar:

  1. Replies
    1. Semoga bermanfaat bro... Thanks a lot sudah mampir ke gubuk saya..

      Delete