Mau Konten Blog SEO Disukai Google? Begini Cara Membuatnya!

ANWARIZ - Kesempatan kali ini saya mencoba membuat artikel blog SEO yang disukai Google. Namun, sebelumnya harus mengetahui dulu bahwa ada 2 tipe Teknik SEO yakni SEO ON-Page dan SEO OFF-Page. Mari kita bahas satu saja tentang SEO On-Page, lain halnya dengan optimasi off-page tentunya disini saya fokus ke internal blog itu sendiri.
membuat konten blog seo praktis
Ilustrasi Analisis SEO Blog
Mengingat bahwa SEO pada Blogger (Blogspot) agak berbeda dengan cara optimasi WordPress, maka jangan heran jika pada Blogger sedikit agak rumit. Jika pada WP cukup menggunakan plugin-plugin saja dan itu membuat kerjaan optimalisasi suatu website/blog menjadi lebih ringan.

Intinya adalah Konten

Sepakat jika banyak penulis mengatakan bahwa konten adalah raja. Untuk itu menjaga keaslian serta keaktualan suatu konten sangatlah penting sehingga terhindar dari penyakit copas. Algoritma milik Google sangatlah mutakhir, untuk itu tidak disarankan "mengakali" robot Google karena sehebat apapun jika hasil spin artikel pasti ketahuan. Sekali kena hukuman Google Sanbox, kecil kemungkinan bisa cepat-cepat terlepas dari cengkramannya.

Bangun kepercayaan terhadap pembaca Anda dengan membuat hanya konten berkualitas serta memiliki nilai SEO tinggi agar juga dipercaya oleh mesin crawler. Tunjukkan profesionalitas ngeblog karena saya melihat blogging merupakan aset masa depan jika dikelola dengan bijak.

Optimasi Kata Kunci

Apa saja tindakan untuk melakukan optimasi kata kunci ini?. Meletakkan kata kunci (keyword) pilihan Anda pada paragraph pertama, penting dilakukan mengingat nantinya paragraph pertama tersebut akan jadikan juga sebagai meta description pada browser.

Masukkan kata kunci bidikan kedalam judul, subjudul H2, H3 dan juga pada alt gambar. Optimasi juga gambar dengan menyertakan ALT text pada setiap gambar dalam artikel, ini cukup membantu menguatkan nilai SEO blog.


Sisipkan juga kata kunci pilhan pada  akhir postingan, ini bagin dari strategi SEO juga. Perhatikan pula kenyamanan pembaca, jangan terlalu padat memasukkan kata kunci karena itu akan sangat mengganggu. 
cara buat konten seo blog disukai google
Sumber image nsv.ie

Tambahkan Internal dan External Link

Hubungkan artikel satu dengan artikel lainnya menggunakan link, pastikan link tersebut berkaitan satu-sama lain. Artinya masih membahas topik yang sama, jangan samapai topiknya terlalu melenceng jauh. Cara ini cukup efektif membuat nilai Bounce rate mengecel karena pembaca akan lebih lama dalam menyelami artikel blog.

Kategorikan Postingan

Sebaiknya selalu gunakan tag atau kategori pada setiap postingan baru, tapi jangan juga berlebihan menempatkan tag tersebut sebab algoritma google akan membaca web anda sebagai spam jika tidak bijak menggunakannya. Sejauh ini kata kunci pada konten masih sangat memiliki kekuatan besar sesuai penempatan diatas.

Tambahkan gambar

Seharusnya menambahkan gambar atau video kedalam konten guna menambah pengalaman pembaca Anda. Selain sebagai pendukung keterbacaan artikel, ini merupakan nilai lebih dimata google sebagai konten berkualitas kaya akan manfaat.

Buat Meta Deskripsi

Buat semenarik mungkin meta deskripsi blog agar lebih mampu bersaing di laman pertama mesin pencari. Caranya seperti telah dijelaskan diatas, ambil 156 karakter dari pagargraph pertama dan pastikan juga terdapat kata kunci didalamnya.

Optimasi Mobile

Pengguna ponsel sudah sangat banyak, hampir setiap orang memilikinya maka pastika blog/website tersebut sudah bersahabat dengan ponsel. Segera ganti template blog dengan template responsive, agar bisa berdaptasi dengan perangkat mobile. Jangan melewatkan langkah ini jika tidak ingin kehilangan jutaan pembaca dari pengguna ponsel pintar.

Manfaatkan Fasilitas Google

Saran saya maksimalkan penggunaan fasilitas dari Google. Seperti menggunakan Gmail untuk e-mail Anda. Sharing posting terbaru ke Google Plus akan sangat membantu karena G+ adalah media sosial bertipe dofollow, tentunya daftarkan web anda ke google webmaster tool itu sangat disarankan. Untuk menggunakan semua fasilitas produk Google cukup memiliki satu akun saja yakni Gmail. Jika belum punya silakan buat saja dulu.. Tenang saja, sudah saya siapkan artikel khususnya, di link berikut ini Cara Praktis Membuat Google Mail.

Butuh perjuangan ekstra memang ketika membuta artikel/konten menari, tentu saja hasilnyapun akan berbanding lurus. Jika asal-asalan membuat konten nanti manfaatnya juga akan ngasal. Dari sederet ulasan diatas dicukupkan sampai disini saja tutorial tentang Artikel yang disukai Google, sedikit banyak semoga ada manfaatnya bagi keberhasilan Anda dalam mengelola sebuah blog berkualitas. Salam senyum!

6 komentar:

  1. Dari dulu suka pusing kalo omongin SEO padahal penting tuh buat blog, tulisan mas cukup memberi gambaran kalo SEO itu mudah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar mas, saya juga mengalami masa-masa sulit itu.. Makanya sampai saat ini masih belajar. Dan setelah tahu caranya tidak serumit yg dibayangkan.

      Delete
  2. Optimasi mobile memang sangat penting, apalagi saya liat di webmaster indeks versi mobile dan versi dekstop sudah berbeda. Salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar Bung... Perasaan sebelumnya kita pernah bertemu komentar bung rudy..hehe

      Delete
  3. saya mengajukan banding,
    tapi bingung apa yang mau saya bandingkan..hihi
    btw, makasih infonya bang ali

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asik nih Kang Arief ini bisa aja.. Oke kang, terimakasih sudah berkunjung ke istana sederhana saya.
      :-bd :-bd :-bd

      Delete