Dodol Garut Mana Favorit Kamu Nih? Yuk Simak Jenis Dodol Khas Garut

ANWARIZ.COM - Cintaku Semanis Dodol Garut, begitu kata judul sinetron. Di Indonesia Banyak sekali macam-macam dodol yang tersebar luas di beberapa daerah Nusantara hampir setiap daerah punya dodol khas nya masing-masing.Dengan aneka varian rasa, bentuk, warna, harga maupun tekstur. Salah satu Dodol yang terkenal yaitu Dodol khas Garut.

dodol garut

Dodol Khas Garut - Image via mmc.kalteng.go.id

Sejarah Dodol Garut sendiri pertama kali di kembangkan oleh Karsinah pada tahun 1926.Pada saat ini Dodol Garut banyak mengalami perkembangan yang sangat pesat baik dalam penjualan maupun teknik pembuatan dan modifikasi, varian rasa, warna dan tekstur. 

Yang membuat Dodol Garut berbeda dari yang lain adalah dari tekstur nya kenyal dan lengket serta warna nya yang kecoklatan karena pada adonan di campur oleh gula aren sehingga membuat Dodol menjadi warna coklat dan beraroma khas, menjadikan Dodol Garut sebagai buah tangan yang wajib di beli saat berada di Kota Intan. 

Saat ini sudah banyak varian rasa yang sudah dimodifikasi pada Dodol Khas Garut ini baik bahan baku yang terbuat dari sari buah-buahan maupun dari kacang-kacangan.Banyak pengusaha yang membuka peluang usahanya sebagai produsen Dodol, hal ini dikarenkan bahan baku dodol sangat sederhana dan mudah di dapat .Yu kita intip beberapa varian dodol dan rasa yang ada pada dodol khas Garut di masa milenial ini.

 1.Dodol Zebra 

Nah dodol ini juga tidak kalah populernya dengan dodol garut biasa, untuk tekstur dodol zebra lebih kenyal dan lebih lengket serta permukaan yang berminyak beda dengan dodol biasa yng tekstur luar nya kering. Disebut Dodol zebra karena warnanya yang mirip sekali motiv kuda zebra yaitu belang-belang.Ada beberapa varian rasa yang bisa kamu pilih diantaranya, merah- stroberi, kuning- durian, hijau- pandan, dan coklat-cokelat. 

2.Dodol Kacang

Biasanya kacang yang sering digunakan untuk membuat dodol adalah kacang merah, setelah direbus kacang merah akan di haluskan kemudian dicampurkan dengan adonan dodol.

3.Dodol Buah

Disebut dodol buah sudah pasti karena dodol ini terbuat dari sari buah- buahan. Rasanya asam manis dan teksturnya kurng padat dari dodol biasanya, dodol ini cocok sekali untuk kamu yang kurang suka makanan manis, karena terdapat rasa asam dari sari buah. 

4.Coklat Dodol (Chochodot) 

Pasti kamu sangat populer dengan kata chochodot, nah chochodot ini merupakan inovasi antara makan tradisional dodol dan mkanan modren yaitu coklat. Perpaduan rasa dodol yang di balut coklat  yang khas membuat chochodot disukai banyak kalangan anak muda maupun orang tua. 

5.Dodol wijen

Perbedaan dodol wijen dengan dodol lain nya adalah bagian luar yang di selimuti biji wijen, menambah rasa nikmat pada rasa dodol yang manis dan legit. 

6.Dodol Picnic

Salah satu produsen terbesar di garut yang terkenal adalah produk dodol picnic, badan hukum dengan status Perseroan Terbatas (PT) Sudah puluhan tahun PICNIC menghasilkan produk dodol yang berkualitas dan higenis, sehingga tidak diragukan lagi kebersihan produk dan rasa yang dihasilkan.Dodol Picnic sudah banyak mengalami perkembangan dari waktu ke waktu maka tak heran varian rasa yang di produksi pun banyak dengan kemasan yang menarik pula.

Baca: Tempat Wisata di Cilawu Garut Lagi Viral

Nah itulah beberapa macam dodol yang ada di garut, sebagai referensi kamu ketika datang ke kota garut jangan lupa untuk membeli buah tangan yang satu ini. Dodol Garut ini juga sangat mudah ditemukan di pasar-pasar tradisional , pasar modern maupun di jalan-jalan yang yang menjadi gerbang utama untuk ke daerah diluar garut.

Untuk harga Dodol Garut biasanya dihitung perkilo.Karena rasanya yang enak Dodol garut tidak hanya dijual di Garut saja loh, bahkan di luar Garut pun seperti Bandung sudah banyak toko swlayan maupun toko oleh-oleh yang menjajalkan Dodol Garut. Dodol Khas Garut ini sudah menjadi icon yang sangat melekat pada Jawa Barat. 

Referensi - picnicdodolgarut.com / infogarut.id

0 comments

Posting Komentar

Kami tunggu saran dan kritik via kolom komentar