9 Objek Wisata Cilawu Garut Paling Populer Musim Liburan

ANWARIZ BLOG - Daerah Cilawu Garut memang memiliki suasana daerah pedesaan yang masih alami. Banyak kebun, sawah dan pohon-pohon besar disepanjang daerah Cilawu. Pemandangan ini memang sangat indah, selain itu udara disekitar daerah Cilawu masih sejuk dan bersih. Jika kita mau ke daerah Cilawu maka kita akan melintasi Jalan Raya Garut-Tasikmalaya

8 Objek Wisata Cilawu Garut

8 Tempat Wisata Populer di Garut Khususnya Daerah Cilawu

Dibeberapa daerah Cilawu terdapat tempat wisata alam. Wisata alam disepanjang daerah Cilawu Garut bisa kita kunjungi baik itu dihari kerja maupun hari libur, berapa diantaranya yaitu:

1. Ngamplang

Siapa yang tidak tahu dengan lapang golf Ngamplang, sebenarnya di luar lapangan golf ini ada beberapa tempat yang Indah dan menarik yang biasa dijadikan tempat wisata dan tempat untuk berolahraga oleh warga sekitar maupun pengunjung dari luar daerah. Rumput yang hijau, pemandangan yang masih asri menjadi daya tarik sendiri bagi pecinta alam. 

lapang golf ngamplang garut
Dihari libur banyak pengunjung yang sengaja berolahraga disana atau sekedar berjalan -jalan kemudian makan dengan lesehan dengan tikar  yang digelar diatas rumput yang hijau. Pedagang pun banyak sekali yang berjualan disana, terutama di akhir pekan atau hari libur. Dan yang paling kita kenal tentunya ada jagung bakar dan jangung rebus sebagai ciri khas makanan dari Ngamplang.

2. Kolong Langit Cilawu/ Kolong Langit Coffee Camp

Terdapat pohon pinus yang berderet membentuk barisan membuat pengunjungnya berasa melepaskan lelah dan penat yang sudah dirasakan, di tempat ini terdapat fasilitas seperti cabin house, warung kopi, tempat bermain, tempat camping dan tentunya spot untuk menjadi selegram sangat banyak. Tiket masuknya pun cukup murah hanya Rp. 15.000, - per orang.

objek wisata kolong langit cilawu garut

3. Lamping Cirorek Bike (LCB)

Tempat wisata ini bermula dari tempat pertandingan Kejurnas balap sepeda. Tempatnya yang asri karena berada di dataran tinggi sehingga pemandangan dan suasana yang masih alami. Di lamping Cirorek terdapat spot indah yang sengaja dibuat untuk mendapatkan foto terbaik, ada pula tempat makan dan fasilitas lainnya, pada intinya tempat ini baik secara alamnya maupun secara sebgaja di buat  oleh pemiliknya memang sangat Indah.

Lamping Cirorek Bike Cilawu

4. Wisata Kampung Amsterdam Dayeuh Manggung

Dayueh Manggung merupakan daerah perkebunan teh yang sangat luas. Kebun teh yang sangat luas sudah memanjakan penglihatan kita, namun ternyata tidak cukup dikebun teh saja, melainkan ada tempat atau rumah peninggalan orang Belanda pada zaman dahulu yang masih berderet seperti bentuk aslinya terdahulu, sayang rumah tersebut ada yang terpelihara  dan ada yang dibiarkan begitu saja. ada pula rumah pohon, balai berbentuk perahu, dan spot-spot untuk mengambil foto agar media sosial kita terpenuhi oleh foto-foto disetiap daerah yang dikunjungi.

Wisata Kampung Belanda Dayeuh Manggung

5. Desa Wisata Sindangkasih

Desa wisata Sindangkasih juga menyuguhkan pemandangan alam yang indah dan udara yang sangat sejuk bahkan dingin. Kita di sana bisa sekedar berfoto, duduk dan makan digazebo yang disediakan atau bermain di sungai (river tubing) disepanjang jalur sungai yang sudah ditentukan oleh petugas disana. 

Untuk bermain river tubing akan lebih seru jika berkelompok, namun maksilal 5 orang saja agar terawasi dan terdampingi oleh pendamping khusus. Sebelum bermain river tubing kita harus memperhatikan hal-hal apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan agar kita aman.

6. Curug Cihanyawar

Curug atau air terjun juga menjadi salah satu tempat yang dicari wisatawan.

Baca: Objek Wisata Garut Paling Populer Banyak Dikujungi Wisatawan

Untuk menuju curug Cihanyawar biasanya dari parkiran kita berjalan kaki dengan pengunjung yang lainnya. Daya Tarik yang disuguhkan adanya air tejun yang airnya bening dan sejuk, ada pula pohon -pohon dan tanaman perkebunan. Fasilitas yang tersedia adanya warung dan tempat berganti pakaian.

7. Wisata Religi Masjid Hidayatul Muna

Lokasi Masjid Hidayatul muna berada di Desa Sukatani, letaknya berada di pinggir jalan raya. Pada awalnya Masjid Hidayatul Muna hanyalah masjid untuk beribadah dan rest area, akan tetapi karena tempatnya ditata begitu indah dengan kebersihan yang terjaga serta terdapat arena bermain untuk anak dan kolam ikan serta kopi gratis bagi mereka yang mampir untuk beristirahat, air yang tersedia di sana sangat melimpah dengan air yang bening serta sejuk sehingga selain yang singgah untuk sholat dan beristirahat ada pula orang yang sengaja datang ke sana hanya untuk berwisata. 

Juga: Pasar Ceplak, Tempat Wisata Kuliner Garut Favorit Keluarga

Fasilitas lainnya di sana ada warung-warung makanan. Disamping lokasi ini terdapat lestoran serta kedai-kedai makanan yang membuat perut kenyang dengan harga yang murah.  Tempat parkir pun dijaga oleh petugas parkir sehingga aman. 

8. Kolam Renang Paguci Cilawu Garut

Harga tiket ke kolam renang Paguci sangat murah sekali, padahal didalamnya selain terdapat kolam renang dengan air yang dingin dan segar serta alami, juga terdapat fasilitas ember tumpah dan prosotan yang menyenangkan bagi  anak-anak. Lokasinya pun, mudah dijangkau karena tidak jauh dari jalan raya, bahkan terlihat jelas dari pinggir jalan raya, parkirannya pun luas sehingga jika Anda mau membawa rombongan tidak perlu khawatir tidak kebagian tempat parkir, begitu pun dengan kolam renangnya yang sangat luas sehingga mamanjakan anak-anak yang senang bermain di kolam bersama banyak anak-anak yang lainnya. 

9. Wisata Situ Ciraab

Situ atau danau Ciraab ini airnya sangat  jernih, bahkan banyak warga sekitar yang sengaja mandi di sana. Airnya yang dingin namun segar serta luasnya danau membuat kita merasakan ketenangan. Wisata ini berada di Desa Sukatani. Jagalah kebersihan dan jangn buang sampah sembarangan di situ Ciraab karena airnya memang sangat bening dan terjaga keasliannya, bahkan air danau ini disalurkan ke rumah-rumah warga di beberapa desa/kelurahan daerah Cilawu.

Itulah beberapa daerah wisata populer di Cilawu yang bisa kita kunjungi. Apabila pergi ke daerah Cilawu kemudian kita ingin membawa oleh-oleh maka ada gula bojong loa yang sudah sangat dikenal, ada pula teh sebagai pelengkap minum di daerah yang dingin. Kemudian di daerah Pasanggrahan Cilawu terdapat pula pabrik serta toko dodol  dengan harga yang terjangkau akan tetapi kualitas rasanya enak sekali tidak kalah dengan Dodol yang lainnya. Di daerah ini juga terdapat pabrik teh, yang mana wanginya semerbak.  

Agar nyaman bepergian ke daerah Cilawu sebaiknya dilakukan dari pagi sampai siang hari, karena daerah Cilawu sering terguyur hujan. Bagi orang Cilawu sendiri ini sudah hal yang lumrah dan tidak aneh lagi jika semisal di Cilawu hujan lebat namun ketika berada di perempatan Sukadana jalanan kering. Jangan lupa pula sediakan jaket agar kita merasa nyaman dan tidak masuk angin dikemudian hari. Sediakan jas hujan selalu karena cuaca belum menentu. 

Walaupun Wisata Alam Disepanjang Daerah Cilawu Garut banyak, pilihan  tentu disesuaikan dengan selera masing-masing karena setiap tempat akan memiliki kesan tersendiri.

0 comments

Posting Komentar

Kami tunggu saran dan kritik via kolom komentar