Mengintip Keunggulan Pipa PVC

 


Pipa PVC merupakan sebuah produk pipa thermoplastic pertama yang kerap digunakan untuk membuat saluran air. Bahkan, hingga sekarang ini pipa PVC sering menjadi pilihan urama karena memiliki beragam manfaat. Sesuai dengan namanya, pipa tersebut mengusung material berbahan polivinil klorida alias PPVC.

Perbandingan Pipa PVC dan uPVC

Sejatinya, jenis pipa plastik yang ada dipasaran itu terbagi kedalam dua jenis yaitu Pipa PVC dan uPVC. Untuk jenis uPVC itu sendiri merupakan pengembangan dari material PVC konvensional sehingga memiliki kualitas yang jauh lebih baik. Sedangkan material PVC memiliki tekstur yang keras, namun masih tetap mudah dibentuk maupun dipotong. Itu sebabnya, mengapa jenis pipa PVC sering digunakan untuk membuat berbagai perkakas, seperti tempat sampah, ember, rak plastik, dan lain sebagainya. Tak hanya itu, harga pipa yang berbahan PVC juga dinilai lebih murah dibanding jenis uPVC. 

Sejarah Bahan Pipa PVC

Menurut informasi yang didapat, awalnya bahan PVC ditemukan tidak sengaja oleh Henri Victor Regnault yang merupakan seorang ilmuwan ahli kimia dari Rusia pada tahun 1835 silam lalu. Pengembangan material PVC ini kemudian dilakukan oleh ilmuwan lainnya yang juga berasal dari Rusia, yakni Eugen Baugman pada tahun 1872.

Tak hanya untuk bahan pembuatan pipa, material PVC ini juga sering digunakan untuk membuat berbagai kebutuhan lainnya, seperti pakaian, kabel listrik, hingga kebutuhan rumah tangga. Lantas, seperti apa sajakah keunggulan dari pipa PVC tersebut? Nah, biar kalian gak penasaran, mending kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

Keunggulan Pipa PVC

1. Prosedur Instalasi yang Mudah

Ketimbang produk pipa yang berbahan besi, pipa dari material PVC ini dinilai memiliki prosedur instalasi pemasangan yang lebih mudah. Bahkan, pipa PVC ini sangat mudah dipotong tanpa kesulitan apapun lho. Berbeda halnya dengan pipa yang berbahan besi, sehingga membutuhkan alat khusus untuk memotongnya yang tentu saja akan memakan biaya yang cukup besar. Tak hanya mudah dari segi instalasinya saja, pipa yang berbahan PVC ini juga memiliki bobot ringan sehingga enteng dan mudah dibawa kemanapun.

2. Anti Korosi

Masalah krusial yang satu ini kerap dialami pada pipa yang berbahan besi, sehingga membuat usia penggunaannya pun menjadi pendek. Namun, masalah tersebut tidak berlaku bagi pipa yang berbahan PVC seperti thermoplastic yang memiliki karakter anti korosi. Tak hanya itu saja, pipa yang berbahan PVC ini juga tahan terhadap bahan kimia tertentu seperti alkalin maupun senyawa kimia lainnya.

3. Harga yang Relatif Lebih Murah

Dibandingkan dengan produk pipa besi, pipa thermoplastic yang berbahan PVC ini menawarkan harga Pipa PVC yang relative lebih murah lho. Dengan adanya aksesoris sambungan, tentu saja akan membuat instalasi pemasangannya pun menjadi lebih hemat karena tidak membutuhkan mesin atau alat penyambung khusus pipa. Bahkan, kemudahan dalam instalasi dan perawatannya juga bisa dilakukan sendiri tanpa membutuhkan jasa orang lain.

4. Kuat dan Kokoh

Keunggulan dari pipa PVC berikutnya yang harus kalian ketahui, yakni kuat dan kokoh. Ya, hal tersebut dikarenakan ia telah menggunakan bahan unplasticized polyvinyl klorida. Material yang satu ini juga sudah terbukti berhasil memperbaiki banyak lekurangan dari material PVC konvensional sebelumnya.

Itulah beberapa keunggulan dari pipa PVC yang tidak dimiliki oleh pipa berbahan besi.


0 komentar

Posting Komentar

Kami tunggu saran dan kritik via kolom komentar