GEBRAKAN Pemuda Tenjonagara Sambut Tahun Baru 2020

Pemuda Tenjonagara Garut  Sambut Tahun Baru 2020 dengan Berkumpul di Mesjid


Tenjonagara, Garut - Disebut malam pergantian tahun atau malam tahun baru, pasti terbayang pesta kembang api, gemuruh suara terompet dan hingar bingar kota. Namun, ada yang beda dengan Desa Tenjonagara, Kecamatan Sucinaraja, Kabupaten Garut mala mini (31/12/2019). Beberapa waktu lalu letah diadakan pengajian akhir tahun yang berawal dari inisiasi pemuda setempat untuk mengadakan kegiatan positif di malam pergantian tahun 2020.
Suasana Kajian Akhir Tahur di Mesjid Jami Al-Huda, Tenjonagara
Suasana Kajian Akhir Tahur di Mesjid Jami Al-Huda, Tenjonagara
Dalam rangka momentum sambut tahun 2020, pemuda Desa Tenjonagara mengadakan kegiatan "NGOPI Bareng" . "NGOPI" sendiri merupakan akronim dari Ngobrol Perkara Iman yang diberi judul "Pemuda [keren] Hijrah" yang bertempat di Mesjid Jami Al-Huda, kegiatan keagamaan ini berlangsung dengan hidmat. Walaupun acara ini ditujukan untuk pemuda, namun terlihat banyak masyarakat antusias menghadiri kegiatan tersebut mulai dari anak-anak hingga orang tua. 

Rangkaian acara dimulai dangan sholat Maghrib berjamaah, lalu dilanjutkan tilawatil Qur'an oleh Ustadz Ayi yang kemudian beberapa sambutan dari Kepala Desa setempat dan MUI Desa secara berturut-turut, yakni Pelani Nugraha dan Ustadz Idad. Acara ini pun juga dihadiri oleh bapak camat Sucinaraja, Iwan Trunadiwan beserta jajarannya. 
Sambutan Kades Tenjonagara
Sambutan Kades Tenjonagara
Memasuki acara inti, yaitu kajian diisi oleh Ustadz H. Ahmad Dzikri Al-Hikam, Lc. Beliau adalah Founder HIMMAH Youth Community Garut yang membawakan materi tentang hijrahnya Rasulullah dari Mekkah ke Madinnah jika dikaitkan dengan kondisi jaman sekarang. Dimana jika dahulu hijrahnya berpindah dari satu tempat ke tempat lain yang lebih baik, maka saat ini hijrah lebih kepada resolusi atau muhasabah diri dari belum baik menjadi lebih baik.


Acara Inti Kajian Akhir Tahun


Disela-sela ceramahnya beliau memberikan tanggapan atas terselenggaranya kegiatan tersebut. "Acara Kajian Akhir Tahun semacam ini tentu sangat berdampak positif, terutama ketika inisiatornya pemuda serta ditujukan kepada para pemuda pula. Hal ini sejalan dengan instruksi pihak berwenang setempat agar tidak melakukan hal-hal negarif di malam pergantian tahun baru". Beliau berharap pengajian pemuda ini tetap istiqomah bahkan tanpa harus menunggu setahun lamanya, melainkan disetiap ada kesempatan agar kita ambil hikmah dan pelajarannya.


Ustadz H. Ahmad Dzikri Al-Hikam, Lc
 Ustadz H. Ahmad Dzikri Al-Hikam, Lc
Rangkaian kegiatan pun berakhir pada pukul 22:00 WIB dan ditutup dengan doa bersama serta di-aamiin-kan oleh seluruh jamaah yang hadir. Selepas acara, kami sempat berbincang dengan salah satu panitia penyelenggara, yakni Firman Munawar. Beliau mengungkapkan kegembiraan karena antusiasme masyarakat tenyata sangat baik bahkan dilaur ekspektasi. 

Baca: Muhasabah Diri Menurut Pandangan Islam

"Harapannya mengarahkan pemuda ke arah positif. Berangkat dari nol rupiah, berkat tekad dan semangat semua pihak khususnya pemuda, alhamdulillah acara ini berlangsung lancar terlebih antusiasme masyarakat yang diluar ekspektasi kami sebagai penggagas acara", beliau memaparkan ketika ditanya tentang harapan kedepan terkait kegiatan "NGOPI" tersebut.

Pelajaran berharga dari kegiatan positif jelang tahun baru 2020 ini semoga bisa sama-sama kita petik dan ambil hikmahnya. Tetap istiqomah dalam kebaikan disepanjang tahun depan menjadi harapan terbesar diadakannya kegiatan kajian Pemuda [keren] Hijrah ini. (/Ali)

0 komentar

Post a Comment